
Dalam beberapa tahun terakhir, pilihan penitipan anak yang tersedia untuk orang tua yang bekerja telah tumbuh secara eksponensial. Orang tua dapat memilih dari penyedia perawatan di rumah, pengasuh anak, program nirlaba, program universal pra-k / yang didanai negara, dan sejumlah program lainnya. Beragam penjelasan untuk layanan ini berlimpah, termasuk penitipan anak, penitipan anak, penitipan anak usia dini, atau pendidikan anak usia dini.
Pernahkah Anda bertanya-tanya tentang perbedaan antara istilah-istilah ini? Apakah mereka dapat dipertukarkan? Dan apa yang mereka maksud dari segi kualitas?
Semua pilihan menyediakan pengasuhan anak, tetapi istilah pendidikan anak usia dini merujuk pada komponen pendidikan tambahan di luar pengasuhan dasar. Tentu saja, perawatan berkualitas tinggi datang dalam berbagai bentuk dan di bawah banyak penjelasan. Penggunaan istilah “pendidikan anak usia dini” oleh program tidak selalu menjamin program berkualitas tinggi seperti halnya “penitipan anak” yang menyiratkan ketiadaan.
Terlepas dari terminologi yang digunakan organisasi, pendidikan usia dini yang berkualitas tinggi dimulai dengan beberapa elemen dasar yang dibutuhkan anak untuk berkembang. Anak-anak membutuhkan dan pantas mendapatkan guru yang memahami mereka dan memperlakukan mereka dengan baik dan hormat. Keluarga harus merasa bahwa mereka adalah mitra dalam pengasuhan anak mereka, yang sepenuhnya terlibat dalam proses pengambilan keputusan.
National Association of Young Children (NAEYC), sebuah organisasi nasional yang mengadvokasi pendidikan anak usia dini, mempertimbangkan 10 bidang standar program saat menilai dan mengakreditasi program: hubungan, kurikulum, pengajaran, kesehatan dan keselamatan, penilaian kemajuan anak, kualifikasi guru, hubungan keluarga dan komunitas, lingkungan fisik, dan manajemen kepemimpinan.
Unsur dan Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini
Metode Pengajaran yang Sesuai Umur
Dalam mengevaluasi pendidikan anak usia dini, akan sangat membantu untuk terlebih dahulu mempertimbangkan apa yang tidak. Salah satu tren saat ini dalam pendidikan usia dini adalah menerapkan metode dan konten pengajaran yang dirancang untuk anak usia dasar yang lebih tua ke kelas anak usia dini. Studi tentang pendidikan usia dini dan perkembangan anak menemukan bahwa praktik ini tidak hanya tidak efektif, tetapi juga benar-benar merusak pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Pendidikan anak usia dini yang berkualitas tinggi didasarkan pada pemahaman yang baik tentang bagaimana anak-anak belajar – melalui pengalaman yang menarik dan langsung dalam lingkungan kenyamanan dan kepercayaan.
Kurikulum yang Disengaja dan Komprehensif
NAEYC menyarankan bahwa kurikulum anak usia dini harus mempertimbangkan semua area perkembangan, termasuk perkembangan sosial-emosional, fisik, kognitif, dan bahasa. Kurikulum tertulis yang terorganisir dengan baik memberi guru struktur yang mereka butuhkan untuk memastikan kualitas, sambil memungkinkan fleksibilitas untuk memenuhi kebutuhan individu anak-anak dalam program mereka.
Pendekatan Seluruh Anak
Kesiapan sekolah harus membahas literasi dini, matematika, dan sains dalam kerangka yang lebih besar dari perkembangan anak seutuhnya. Menurut NAEYC, materi harus menarik dan memicu minat anak untuk mengeksplorasi, bertanya, dan menemukan.
Materi dan kegiatan disajikan dalam berbagai cara dan bidang kurikulum dijalin bersama melalui proyek, kegiatan, percakapan, dan rutinitas sehari-hari yang menarik. Anak-anak membutuhkan kesempatan untuk membuat, memecahkan masalah, bekerja sama, berkolaborasi, dan mengikuti arahan. Keterampilan ini sangat penting untuk sekolah dan kesuksesan hidup.
Seperti Apa Kualitas Penitipan Anak Perkembangan dan perawatan anak usia dini yang hebat datang dengan banyak nama dan banyak dukungan, di pusat-pusat besar dan kecil, dan di rumah-rumah. Perbedaan antara pengaturan pendidikan awal yang berkualitas dan yang biasa-biasa saja bukanlah pada nama, lamanya hari, apakah itu untuk keuntungan atau nirlaba, atau ditemukan di rumah atau pusat.
Program yang baik merekrut dan mempertahankan guru yang berkualitas, berkomitmen untuk melatih dan mengembangkan, mengelola sumber daya dengan baik, dan memiliki budaya yang dibangun di atas rasa hormat kepada anak-anak dan keluarga serta semua orang yang merawat mereka.
Program berkualitas tinggi memahami bahwa pendidikan awal membutuhkan pembelajaran langsung, aktif, individual dan harapan tinggi untuk setiap anak serta pengasuhan yang mengasuh, sensitif, dan individual.
Webinar Keluarga: Memilih Penitipan Anak yang Berkualitas
Kami berbicara dengan pakar pendidikan dari NAEYC untuk mendapatkan tips orang dalam tentang apa yang harus dicari dalam program pendidikan anak usia dini yang berkualitas. Anda akan mendengar bagaimana NAEYC menetapkan standar dan cara memilih opsi yang paling sesuai dengan kebutuhan unik anak Anda.