Komunikasi Publik dapat didefinisikan sebagai komunikasi strategis untuk menyampaikan ide, program, meskipun, presentasi, data, propaganda, dll, kepada massa, publik, mahasiswa, atau khalayak khusus.
Di setiap negara, komunikasi publik memegang tempat penting dalam berbagi pandangan dan pesan kepada khalayak. Misalnya, motivator atau pembicara publik menggunakan jenis komunikasi ini untuk menjangkau publik.
Apa itu Komunikasi Publik?
Komunikasi publik adalah komunikasi strategis yang digunakan ketika seseorang atau sekelompok orang mengumpulkan dan berbagi informasi kepada sekelompok orang untuk menyampaikan pesan tentang topik tertentu. Ini adalah salah satu bentuk komunikasi yang penting, biasanya dilakukan untuk tujuan tertentu.
Informasi tersebut dapat berasal dari swasta, pemerintah, partai politik, kursus akademik, dan banyak lagi. Secara sederhana, aktivitas berbagi informasi dengan publik dapat dipahami sebagai komunikasi publik.
Ketika informasi dibagikan dengan satu orang, disebut komunikasi interpersonal misalnya berbicara dengan satu siswa, sedangkan ketika informasi dibagikan dengan lebih dari satu orang disebut komunikasi publik yang menyapa siswa dalam seminar.
Pentingnya Komunikasi Publik
Pentingnya komunikasi publik sangat ekstrim dan efektif di arena publik. Di masa lalu, komunikasi publik menjadi bagian dari persuasi. Namun di era digitalisasi modern ini, teknologi telah mengubah cara komunikasi publik.
Advertisement report
Berbicara tentang partai politik, persuasi adalah bagian darinya untuk mendapatkan dukungan publik. Dari acara profesional hingga acara bisnis dan penelitian, berbicara di depan umum memainkan salah satu peran utama dalam hubungan masyarakat untuk menghubungkan dan mengubah kelompok orang. Beberapa alasan mengapa Anda harus menguasainya adalah-
1. Memenangkan Publik
Keterampilan penting dalam bidang hubungan masyarakat adalah membujuk dan memenangkan orang banyak. Ketika seorang pembicara berbicara dengan tenang dan dengan semua pengetahuan yang dianugerahkan dalam pidatonya, publik suka mendengarkan pidatonya. Hal ini cukup menarik. Keterampilan berbicara di depan umum harus kuat untuk memenangkan orang banyak.
2. Untuk Memotivasi Orang
Seorang pembicara publik yang baik memiliki kekuatan untuk memotivasi audiensnya untuk mencapai tujuan. Pemimpin yang dapat menginspirasi kehidupan dan membuat penonton bergerak dengan kata-kata mereka adalah pembicara yang sangat hebat. Tidak diragukan lagi, pengetahuan adalah salah satu faktor penting, tetapi menghubungkan secara emosional dan membangkitkan gairah untuk memotivasi dijaga dalam komunikasi publik. Seseorang harus berhubungan dengan penonton dan mendapatkan kepercayaan mereka. Seorang pembicara publik yang terampil dapat memotivasi orang sekaligus menghibur mereka.
3. Untuk Menginformasikan Orang
Fitur yang paling penting dari komunikasi publik adalah untuk menginformasikan orang dengan bijaksana. Pembicara informatif yang sangat baik berbagi pengetahuan yang meningkatkan pemikiran dan pemahaman mereka.
Jenis Komunikasi Publik
1. Upacara
Komunikasi seremonial terdiri dari pidato-pidato yang menandai acara-acara khusus seperti wisuda, pernikahan, pesta ulang tahun, dan banyak lagi. Hubungan emosional dengan sentuhan pribadi akan hadir di sini.
2. Demonstratif
Komunikasi demonstratif membutuhkan pilihan untuk berbicara secara singkat dan jelas tentang tindakan. Di balik komunikasi demonstratif, terdapat gagasan bahwa audiens harus berhenti belajar tentang bagaimana mencapai sesuatu. Demonstrasi Sains adalah contoh sempurna dari Komunikasi Demonstratif.
3. Informatif
Dengan komunikasi yang informatif, pembicara berusaha mengungkapkan suatu gagasan kepada publik. Kuliah perguruan tinggi termasuk pidato informatif seperti konferensi industri dan beberapa pejabat menyampaikan informasi penting. Dalam jenis komunikasi ini, informasi sangat penting. Menyebarkan informasi penting adalah bagian integral dari komunikasi ini. Media, TV, Radio juga dapat dianggap sebagai komunikasi yang informatif.
4. Persuasif
Komunikasi persuasif membutuhkan suara latihan yang meyakinkan publik dari perspektif. Misalnya, ketika politisi membutuhkan suara untuk pemilihan, mereka memilih Komunikasi Publik semacam ini untuk memenangkan kepercayaan kelompok dengan banding.
5. Semiotika dan Tanda
Komunikasi Publik juga dapat berupa rambu dan semiotika dalam berbagai dimensi seperti rambu Lalu Lintas, rambu di bandara, dan masih banyak lagi. Jenis komunikasi ini menggunakan grafik untuk menyampaikan beberapa informasi kepada publik.