Skip to content
Inovatif, Profesional dan Berkepribadian
facebook
youtube
instagram
EnglishIndonesian
Ilmu Komunikasi-Program studi terbaik di Sumatera Utara
Help Desk 081269419190
Email Support isipol@uma.ac.id
Location Jl. Kolam No. 1 Medan Estate
  • BERANDA
  • PROFIL
    • AKREDITASI
    • Fungsionaris
    • Struktur Organisasi
    • Visi & Misi
    • KERJASAMA
  • AKADEMIK
    • INFORMASI AKADEMIK
      • AKADEMIK ONLINE
      • E-LEARNING
      • Jurnal
      • Lapor AOC
      • Dosen Penasehat Akademik
    • JADWAL AKADEMIK
      • Jadwal Kuliah
      • JADWAL PRAKTIKUM
      • Jadwal Seminar Dan Sidang
      • Jadwal UTS
      • Jadwal UAS
      • Jadwal Semester Antara
      • Jadwal Wisuda
    • KALENDER AKADEMIK
    • Kurikulum
      • SEMESTER I
      • SEMESTER II
      • SEMESTER III
      • SEMESTER IV
      • SEMESTER V
      • SEMESTER VI
      • SEMESTER VII
      • SEMESTER VIII
  • AKTIVITAS PRODI
    • KEGIATAN PRODI
    • PRESTASI PRODI
  • MAHASISWA
    • BEASISWA
      • Beasiswa KIP – Kuliah
      • Beasiswa Bank Indonesia (BI)
      • Beasiswa UKT/SPP Mahasiwa
      • Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)
      • Beasiswa YPHAS (Rangking SLTA/Sederajat)
      • Beasiswa YPHAS (Bersaudara Kandung & Anak Dosen / Karyawan)
    • SISTEM INFORMASI
      • Data Mahasiswa
      • Blog Mahasiswa
      • Jurnal Mahasiswa
      • AOC
      • E-Learning
      • APIK
      • Kuota
      • OPAC
      • WEBMAIL
      • SiProdi
    • Prestasi Mahasiswa
  • DOSEN
    • Dosen Prodi
    • Blog Dosen
    • Aktivitas Dosen
    • Prestasi Dosen
    • Jurnal Dosen
    • AOC
    • RKTS
    • RPS
    • TKTD
    • E-Learning
    • OPAC UMA
    • WEBMAIL
  • ARSIP
    • Dokumen Prodi
    • Pengumuman
  • ALUMNI
    • TRACER STUDY
    • DATA ALUMNI
    • LAYANAN ALUMNI
  • LABORATORIUM
    • infomasi Laboratorium
    • Aplikasi Laboratorium
  • HUBUNGI KAMI

Komunikasi Publik

Home > Artikel > Komunikasi Publik

Komunikasi Publik

Posted on July 19, 2021 by fisipol
0

Komunikasi Publik dapat didefinisikan sebagai komunikasi strategis untuk menyampaikan ide, program, meskipun, presentasi, data, propaganda, dll, kepada massa, publik, mahasiswa, atau khalayak khusus.

Di setiap negara, komunikasi publik memegang tempat penting dalam berbagi pandangan dan pesan kepada khalayak. Misalnya, motivator atau pembicara publik menggunakan jenis komunikasi ini untuk menjangkau publik.

Apa itu Komunikasi Publik?

Komunikasi publik adalah komunikasi strategis yang digunakan ketika seseorang atau sekelompok orang mengumpulkan dan berbagi informasi kepada sekelompok orang untuk menyampaikan pesan tentang topik tertentu. Ini adalah salah satu bentuk komunikasi yang penting, biasanya dilakukan untuk tujuan tertentu.

Informasi tersebut dapat berasal dari swasta, pemerintah, partai politik, kursus akademik, dan banyak lagi. Secara sederhana, aktivitas berbagi informasi dengan publik dapat dipahami sebagai komunikasi publik.

Ketika informasi dibagikan dengan satu orang, disebut komunikasi interpersonal misalnya berbicara dengan satu siswa, sedangkan ketika informasi dibagikan dengan lebih dari satu orang disebut komunikasi publik yang menyapa siswa dalam seminar.

Pentingnya Komunikasi Publik

Pentingnya Komunikasi Publik

Pentingnya komunikasi publik sangat ekstrim dan efektif di arena publik. Di masa lalu, komunikasi publik menjadi bagian dari persuasi. Namun di era digitalisasi modern ini, teknologi telah mengubah cara komunikasi publik.

Advertisement report

Berbicara tentang partai politik, persuasi adalah bagian darinya untuk mendapatkan dukungan publik. Dari acara profesional hingga acara bisnis dan penelitian, berbicara di depan umum memainkan salah satu peran utama dalam hubungan masyarakat untuk menghubungkan dan mengubah kelompok orang. Beberapa alasan mengapa Anda harus menguasainya adalah-

1. Memenangkan Publik

Keterampilan penting dalam bidang hubungan masyarakat adalah membujuk dan memenangkan orang banyak. Ketika seorang pembicara berbicara dengan tenang dan dengan semua pengetahuan yang dianugerahkan dalam pidatonya, publik suka mendengarkan pidatonya. Hal ini cukup menarik. Keterampilan berbicara di depan umum harus kuat untuk memenangkan orang banyak.

2. Untuk Memotivasi Orang

Seorang pembicara publik yang baik memiliki kekuatan untuk memotivasi audiensnya untuk mencapai tujuan. Pemimpin yang dapat menginspirasi kehidupan dan membuat penonton bergerak dengan kata-kata mereka adalah pembicara yang sangat hebat. Tidak diragukan lagi, pengetahuan adalah salah satu faktor penting, tetapi menghubungkan secara emosional dan membangkitkan gairah untuk memotivasi dijaga dalam komunikasi publik. Seseorang harus berhubungan dengan penonton dan mendapatkan kepercayaan mereka. Seorang pembicara publik yang terampil dapat memotivasi orang sekaligus menghibur mereka.

3. Untuk Menginformasikan Orang

Fitur yang paling penting dari komunikasi publik adalah untuk menginformasikan orang dengan bijaksana. Pembicara informatif yang sangat baik berbagi pengetahuan yang meningkatkan pemikiran dan pemahaman mereka.

Jenis Komunikasi Publik

1. Upacara

Komunikasi seremonial terdiri dari pidato-pidato yang menandai acara-acara khusus seperti wisuda, pernikahan, pesta ulang tahun, dan banyak lagi. Hubungan emosional dengan sentuhan pribadi akan hadir di sini.

2. Demonstratif

Komunikasi demonstratif membutuhkan pilihan untuk berbicara secara singkat dan jelas tentang tindakan. Di balik komunikasi demonstratif, terdapat gagasan bahwa audiens harus berhenti belajar tentang bagaimana mencapai sesuatu. Demonstrasi Sains adalah contoh sempurna dari Komunikasi Demonstratif.

3. Informatif

Dengan komunikasi yang informatif, pembicara berusaha mengungkapkan suatu gagasan kepada publik. Kuliah perguruan tinggi termasuk pidato informatif seperti konferensi industri dan beberapa pejabat menyampaikan informasi penting. Dalam jenis komunikasi ini, informasi sangat penting. Menyebarkan informasi penting adalah bagian integral dari komunikasi ini. Media, TV, Radio juga dapat dianggap sebagai komunikasi yang informatif.

4. Persuasif

Komunikasi persuasif membutuhkan suara latihan yang meyakinkan publik dari perspektif. Misalnya, ketika politisi membutuhkan suara untuk pemilihan, mereka memilih Komunikasi Publik semacam ini untuk memenangkan kepercayaan kelompok dengan banding.

5. Semiotika dan Tanda

Komunikasi Publik juga dapat berupa rambu dan semiotika dalam berbagai dimensi seperti rambu Lalu Lintas, rambu di bandara, dan masih banyak lagi. Jenis komunikasi ini menggunakan grafik untuk menyampaikan beberapa informasi kepada publik.

 

Baca Juga : Empat Fungsi Komunikasi Massa

Post Views: 11,671

PIMPINAN PROGRAM STUDI


Dekan Fakultas ISIPOL
Dr. Effiati Juliana Hasibuan, M.Si



Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Dr. Nadra Ideyani Vita, M.Si



Wakil Dekan Bidang Inovasi, Kemahasiswaan dan Alumni
Dr. Dedi Sahputra, MA



Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi
Agnita Yolanda, B.Comm, M.Sc



Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi
Angga Tinova Yudha, M.I.Kom


INFO AKADEMIK

KAITAN UMA

Peta Lokasi

KAMPUS I
Jalan Kolam Nomor 1 Medan Estate / Jalan Gedung PBSI, Medan 20223
(061) 7360168, 7366878, 7364348. Call Canter : 0811-6013-888
(061) 7368012
univ_medanarea@uma.ac.id
KAMPUS II
Jalan Sei Serayu Nomor 70 A / Jalan Setia Budi Nomor 79 B, Medan 20112
(061) 8225602, 8201994 HP : 0811 607 259
(061) 8226331
isipol@uma.ac.id

STATISTIK PENGUNJUNG WEB

  • 5
  • 6,153
  • 1,227
  • 84,617
  • 3,286,171
  • 1,488,927
Copyright 2023 © by PDAI Universitas Medan Area
↑
↓