Skip to content
Inovatif, Profesional dan Berkepribadian
facebook
youtube
instagram
EnglishIndonesian
Ilmu Komunikasi-Program studi terbaik di Sumatera Utara
Help Desk 081269419190
Email Support isipol@uma.ac.id
Location Jl. Kolam No. 1 Medan Estate
  • BERANDA
  • PROFIL
    • AKREDITASI
    • Fungsionaris
    • Struktur Organisasi
    • Visi & Misi
    • KERJASAMA
  • AKADEMIK
    • INFORMASI AKADEMIK
      • AKADEMIK ONLINE
      • E-LEARNING
      • Jurnal
      • Lapor AOC
      • Dosen Penasehat Akademik
    • JADWAL AKADEMIK
      • Jadwal Kuliah
      • JADWAL PRAKTIKUM
      • Jadwal Seminar Dan Sidang
      • Jadwal UTS
      • Jadwal UAS
      • Jadwal Semester Antara
      • Jadwal Wisuda
    • KALENDER AKADEMIK
    • Kurikulum
      • SEMESTER I
      • SEMESTER II
      • SEMESTER III
      • SEMESTER IV
      • SEMESTER V
      • SEMESTER VI
      • SEMESTER VII
      • SEMESTER VIII
  • AKTIVITAS PRODI
    • KEGIATAN PRODI
    • PRESTASI PRODI
  • MAHASISWA
    • BEASISWA
      • Beasiswa KIP – Kuliah
      • Beasiswa Bank Indonesia (BI)
      • Beasiswa UKT/SPP Mahasiwa
      • Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)
      • Beasiswa YPHAS (Rangking SLTA/Sederajat)
      • Beasiswa YPHAS (Bersaudara Kandung & Anak Dosen / Karyawan)
    • SISTEM INFORMASI
      • Data Mahasiswa
      • Blog Mahasiswa
      • Jurnal Mahasiswa
      • AOC
      • E-Learning
      • APIK
      • Kuota
      • OPAC
      • WEBMAIL
      • SiProdi
    • Prestasi Mahasiswa
  • DOSEN
    • Dosen Prodi
    • Blog Dosen
    • Aktivitas Dosen
    • Prestasi Dosen
    • Jurnal Dosen
    • AOC
    • RKTS
    • RPS
    • TKTD
    • E-Learning
    • OPAC UMA
    • WEBMAIL
  • ARSIP
    • Dokumen Prodi
    • Pengumuman
  • ALUMNI
    • TRACER STUDY
    • DATA ALUMNI
    • LAYANAN ALUMNI
  • LABORATORIUM
    • infomasi Laboratorium
    • Aplikasi Laboratorium
  • HUBUNGI KAMI

Tujuan dan Unsur dari Komunikasi Bisnis

Home > Artikel > Tujuan dan Unsur dari Komunikasi Bisnis

Tujuan dan Unsur dari Komunikasi Bisnis

Posted on April 28, 2022 by fisipol
0

Komunikasi bisnis artinya galat satu hal yg penting pada menjalankan suatu usaha atau perusahaan. Komunikasi ini bisa diartikan sebagai suatu komunikasi yang dilakukan secara mulut maupun non verbal. Dimana pada komunikasi ini berisi pendapat, ilham, gagasan, juga informasi. Komunikasi ini bisa dilakukan secara personal maupun impersonal.

Tujuan komunikasi bisnis

sehabis mengetahui apa itu komunikasi bisnis, lalu apa sajakah tujuannya? Secara garis besar , ada empat tujuan komunikasi di dalam suatu perusahaan atau organisasi, pada antaranya:

1. Memberi info (informing)
Tujuan komunikasi bisnis yang pertama ialah menyampaikan isu seputar dunia usaha dagang kepada pihak lain. Misalkan seorang pimpinan perusahaan memerlukan beberapa staf administrasi baru di tempat kerja cabang. buat memperoleh pegawai yg diharapkan tadi, perusahaan bisa membuat iklan lowongan kerja melalui aneka macam media seperti internet, majalah, surat kabar, atau bahkan radio.

Tiap-tiap sarana info tadi pastinya mempunyai kelebihan maupun kekurangan, sebagai akibatnya tergantung manajer memilih media mana yang akan digunakan dengan mempertimbangkan kapabilitas internal perusahaan.

2. Melakukan persuasi (persuading)
Tujuan komunikasi usaha lainnya merupakan melakukan persuasi atau bujukan kepada pihak lain sehingga maksud dan tujuan yg disampaikan mampu dipahami secara baik dan sahih.

Hal ini kerap dipergunakan terutama ketika berkaitan dengan negosiasi, musyawarah, dan semacamnya. Nah, agar mampu memperoleh akibat perundingan yang optimal, masing-masing pihak setidaknya wajib tahu prinsip win-win solution.

3. Melakukan kolaborasi (collaborating)
Melakukan kolaborasi atau kerjasama menggunakan pihak lain artinya galat satu tujuan komunikasi usaha yg tidak kalah penting. Melalui jalinan komunikasi ini, seorang bisa menggunakan simpel menjalankan suatu kerjasama, entah itu dengan pihak domestik atau juga perusahaan asing sekalipun.

Unsur Komunikasi Bisnis

Komunikasi bisnis akan berjalan dengan baik jika terdapat unsur-unsur  sebagai berikut :

  • Tujuan komunikasi, dalam melakukan komunikasi tentu saja harus ada tujuan yang disampaikan.
  • Pertukaran pikiran.
  • Informasi, gagasan, opini, atau instruksi yang merupakan isi pesan.
  • Saluran personal atau impersonal.
  • Sinyal atau simbol, sebagai alat dan metode yang dapat dipahami dan dimengerti oleh penerima untuk menyampaikan pesan.
  • Pencapaian tujuan, sebagai hasil akhir.
Post Views: 97

PIMPINAN PROGRAM STUDI


Dekan Fakultas ISIPOL
Dr. Effiati Juliana Hasibuan, M.Si



Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Dr. Nadra Ideyani Vita, M.Si



Wakil Dekan Bidang Inovasi, Kemahasiswaan dan Alumni
Dr. Dedi Sahputra, MA



Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi
Agnita Yolanda, B.Comm, M.Sc



Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi
Angga Tinova Yudha, M.I.Kom


INFO AKADEMIK

KAITAN UMA

Peta Lokasi

KAMPUS I
Jalan Kolam Nomor 1 Medan Estate / Jalan Gedung PBSI, Medan 20223
(061) 7360168, 7366878, 7364348. Call Canter : 0811-6013-888
(061) 7368012
univ_medanarea@uma.ac.id
KAMPUS II
Jalan Sei Serayu Nomor 70 A / Jalan Setia Budi Nomor 79 B, Medan 20112
(061) 8225602, 8201994 HP : 0811 607 259
(061) 8226331
isipol@uma.ac.id

STATISTIK PENGUNJUNG WEB

  • 3
  • 6,212
  • 1,239
  • 84,676
  • 3,286,230
  • 1,488,939
Copyright 2023 © by PDAI Universitas Medan Area
↑
↓