etika komunikasi merupakan gagasan yg diatur oleh moral mereka yang di gilirannya menghipnotis komunikasi. Secara umum , etika komunikasi berkaitan dengan moral good present dalam segala bentuk komunikasi insan. Ini termasuk komunikasi interpersonal, komunikasi yg dimediasi massa, dan komunikasi digital.
Komunikasi etis mencakup kejujuran dalam seluruh komunikasi, menjaga kerahasiaan informasi rahasia, dan tidak membahas situasi pribadi atau bisnis orang lain di depan umum atau di depan pihak ketiga. Etika komunikasi bukan hanya menyangkut individu, tetapi pula sangat memprihatinkan bagi bisnis, perusahaan, dan entitas profesional. usaha dengan praktik komunikasi yang tidak etis tidak seefektif bisnis dengan praktik komunikasi etis.
Etika komunikasi interpersonal, bidang studi yang muncul di persimpangan penelitian ilmiah sosial serta beasiswa etika komunikasi, membahas masalah-masalah yg muncul ketika orang dihadapkan menggunakan keputusan perihal apakah, serta bagaimana cara, mengkomunikasikan pesan yg kemungkinan mempunyai dampak signifikan pada orang lain. serta dapat dievaluasi berdasarkan beberapa standar benar dan salah .
karena komunikasi antarpribadi memiliki dampak yang signifikan terhadap kesejahteraan manusia, etika komunikasi antarpribadi merupakan bidang studi yg krusial bagi peserta didik dan sarjana komunikasi antarpribadi. menjadi contoh, sebuah usaha dengan praktik komunikasi yg tidak etis. dapat menahan bukti bahwa itu menghambat lingkungan atau melanggar aturan sebab kurangnya transparansi; ad interim usaha dengan praktik komunikasi etis akan segera mengirimkan rilis ke pihak yg terkena akibat.
pada model ini, transparansi membentuk usaha lebih efektif karena memberi tahu klien, calon atau mapan, penyedia / pemasok, atau afiliasi lainnya ihwal potensi bahaya lingkungan atau pelanggaran hukum. menggunakan kata lain, dalam model ini, transparansi akan mendorong kepercayaan dan itikad baik, bahwa usaha yang efektif tidak akan menyembunyikan apa yg menjadi kepentingan audiensnya.
10 Dasar-dasar Komunikasi Etis
• Berusahalah buat “memperoleh yg terbaik” pada komunikasi serta interaksi dengan anggota grup lainnya.
• Dengarkan waktu orang lain berbicara.
• Berbicaralah tanpa menghakimi.
• Berbicaralah dari pengalaman serta perspektif Anda sendiri, ungkapkan pikiran, kebutuhan, dan perasaan Anda sendiri.
• Berusahalah buat memahami orang lain (daripada sebagai “benar” atau “lebih etis daripada engkau “).
• Hindari berbicara buat orang lain, misalnya dengan mengkarakterisasi apa yg dikatakan orang lain tanpa menilik pemahaman Anda, atau dengan menguniversalkan opini, keyakinan, nilai-nilai, dan konklusi Anda, dengan perkiraan semua orang membagikannya.
• Kelola batasan eksklusif Anda: bagikan hanya apa yg Anda rasa nyaman buat dibagikan.
• Hormati batas-batas eksklusif orang lain.
• Hindari interupsi dan dialog sampingan.
• Pastikan bahwa setiap orang memiliki saat buat berbicara, bahwa seluruh anggota memiliki “saat udara” yang cukup sama Jika mereka menginginkannya.
Etika Berkomunikasi ketika Berbicara langsung
• waktu memulai berbicara haruslah dengan kata-kata yg sopan.
• harus dengan hati yang damai.
• Jangan mengarah versus bicara kita dengan memakai jari telunjuk pada kaarenakan itu tidak sopan.
• Jangan menyinggung kejelekan orang lain atau kelemahan orang lain.
• Mendengarkan orang lain berbicara serta tidak memotong saat orang lain sedang berbicara.