Skip to content
Inovatif, Profesional dan Berkepribadian
facebook
youtube
instagram
EnglishIndonesian
Ilmu Komunikasi-Program studi terbaik di Sumatera Utara
Help Desk 081269419190
Email Support isipol@uma.ac.id
Location Jl. Kolam No. 1 Medan Estate
  • BERANDA
  • PROFIL
    • AKREDITASI
    • Fungsionaris
    • Struktur Organisasi
    • Visi & Misi
    • KERJASAMA
  • AKADEMIK
    • INFORMASI AKADEMIK
      • AKADEMIK ONLINE
      • E-LEARNING
      • Jurnal
      • Lapor AOC
      • Dosen Penasehat Akademik
    • JADWAL AKADEMIK
      • Jadwal Kuliah
      • JADWAL PRAKTIKUM
      • Jadwal Seminar Dan Sidang
      • Jadwal UTS
      • Jadwal UAS
      • Jadwal Semester Antara
      • Jadwal Wisuda
    • KALENDER AKADEMIK
    • Kurikulum
      • SEMESTER I
      • SEMESTER II
      • SEMESTER III
      • SEMESTER IV
      • SEMESTER V
      • SEMESTER VI
      • SEMESTER VII
      • SEMESTER VIII
  • AKTIVITAS PRODI
    • KEGIATAN PRODI
    • PRESTASI PRODI
  • MAHASISWA
    • BEASISWA
      • Beasiswa KIP – Kuliah
      • Beasiswa Bank Indonesia (BI)
      • Beasiswa UKT/SPP Mahasiwa
      • Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)
      • Beasiswa YPHAS (Rangking SLTA/Sederajat)
      • Beasiswa YPHAS (Bersaudara Kandung & Anak Dosen / Karyawan)
    • SISTEM INFORMASI
      • Data Mahasiswa
      • Blog Mahasiswa
      • Jurnal Mahasiswa
      • AOC
      • E-Learning
      • APIK
      • Kuota
      • OPAC
      • WEBMAIL
      • SiProdi
    • Prestasi Mahasiswa
  • DOSEN
    • Dosen Prodi
    • Blog Dosen
    • Aktivitas Dosen
    • Prestasi Dosen
    • Jurnal Dosen
    • AOC
    • RKTS
    • RPS
    • TKTD
    • E-Learning
    • OPAC UMA
    • WEBMAIL
  • ARSIP
    • Dokumen Prodi
    • Pengumuman
  • ALUMNI
    • TRACER STUDY
    • DATA ALUMNI
    • LAYANAN ALUMNI
  • LABORATORIUM
    • infomasi Laboratorium
    • Aplikasi Laboratorium
  • HUBUNGI KAMI

komunikasi bisnis

Home > Artikel > komunikasi bisnis

komunikasi bisnis

Posted on August 25, 2022 by fisipol
0

Berbicara wacana komunikasi bisnis, apa yang terdapat di pikiran Anda? Bila diartikan secara harfiah, komunikasi berarti interaksi antara 2 orang atau lebih buat memberikan suatu berita. Nah, pada usaha, komunikasi tadi penting dilakukan supaya tidak terjadi kesalahan.

Tanpa komunikasi yang baik, maka berbagai duduk perkara akan ada, mulai asal karyawan, pelanggan, sampai laba mulai menurun. supaya kondisi tersebut tidak terjadi, pelajari lebih lanjut ihwal definisi komunikasi bisnis, tujuan, manfaat, unsur-unsur hingga jenisnya pada ulasan pada bawah ini.

Pengertian komunikasi usaha
Sebelum membahas lebih jauh, alangkah baiknya Anda memahami terlebih dahulu apa itu komunikasi bisnis. Pasalnya, hal ini sangat krusial buat menjalankan sebuah perjuangan atau perusahaan menggunakan baik.

Secara umum , komunikasi usaha merupakan suatu komunikasi lisan maupun non-ekspresi antara orang-orang di pada dan luar perusahaan. Hal ini meliputi gagasan, wangsit, pendapat, sampai info yang dilakukan secara personal ataupun impersonal. dalam pengertian lain, komunikasi usaha artinya cara karyawan berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan bisnis tertentu.

sementara, menurut Purwanto (2003), komunikasi usaha adalah aktivitas pengiriman serta penerimaan pesan antar dua pihak, grup mungil, atau bahkan pada suatu lingkungan atau lebih dengan tujuan buat memengaruhi sikap di sebuah organisasi.

Lantas, apa yg membentuk komunikasi dalam bisnis menjadi sangat krusial? Well, ini bermanfaat saat Anda melakukan aktivitas seperti proposal serta perencanaan ide bisnis baru, penyajian gagasan, merogoh keputusan, membuat konvensi, hingga operasional layanan penjualan. Nah, semua aktivitas tersebut bisa terealisasi secara efektif tergantung dari proses komunikasinya.

Tujuan komunikasi usaha

sesudah mengetahui apa itu komunikasi bisnis, lalu apa sajakah tujuannya? Secara garis akbar, ada empat tujuan komunikasi di dalam suatu perusahaan atau organisasi, pada antaranya:

1. Memberi gosip (informing)
Tujuan komunikasi bisnis yg pertama merupakan memberikan info seputar global perjuangan dagang kepada pihak lain. Misalkan seseorang pimpinan perusahaan memerlukan beberapa staf administrasi baru pada kantor cabang. buat memperoleh pegawai yg dibutuhkan tersebut, perusahaan bisa membuat iklan lowongan kerja melalui banyak sekali media mirip internet, majalah, surat keterangan, atau bahkan radio.

Tiap-tiap wahana isu tadi pastinya memiliki kelebihan maupun kekurangan, sebagai akibatnya tergantung manajer memilih media mana yg akan dipergunakan dengan mempertimbangkan kapabilitas internal perusahaan.

2. Melakukan persuasi (persuading)
Tujuan komunikasi usaha lainnya ialah melakukan persuasi atau bujukan kepada pihak lain sebagai akibatnya maksud dan tujuan yg disampaikan mampu dipahami secara baik serta benar.

Hal ini kerap dipergunakan terutama waktu berkaitan menggunakan perundingan , musyawarah, dan semacamnya. Nah, agar mampu memperoleh akibat negosiasi yang optimal, masing-masing pihak setidaknya wajib tahu prinsip win-win solution.

3. Melakukan kerja sama (collaborating)
Melakukan kolaborasi atau kerjasama menggunakan pihak lain artinya salah satu tujuan komunikasi usaha yang tidak kalah krusial. Melalui jalinan komunikasi ini, seseorang dapat dengan mudah menjalankan suatu kerjasama, entah itu menggunakan pihak domestik atau pula perusahaan asing sekalipun.

Post Views: 101

PIMPINAN PROGRAM STUDI


Dekan Fakultas ISIPOL
Dr. Effiati Juliana Hasibuan, M.Si



Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Dr. Nadra Ideyani Vita, M.Si



Wakil Dekan Bidang Inovasi, Kemahasiswaan dan Alumni
Dr. Dedi Sahputra, MA



Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi
Agnita Yolanda, B.Comm, M.Sc



Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi
Angga Tinova Yudha, M.I.Kom


INFO AKADEMIK

KAITAN UMA

Peta Lokasi

KAMPUS I
Jalan Kolam Nomor 1 Medan Estate / Jalan Gedung PBSI, Medan 20223
(061) 7360168, 7366878, 7364348. Call Canter : 0811-6013-888
(061) 7368012
univ_medanarea@uma.ac.id
KAMPUS II
Jalan Sei Serayu Nomor 70 A / Jalan Setia Budi Nomor 79 B, Medan 20112
(061) 8225602, 8201994 HP : 0811 607 259
(061) 8226331
isipol@uma.ac.id

STATISTIK PENGUNJUNG WEB

  • 1
  • 6,271
  • 1,258
  • 84,735
  • 3,286,289
  • 1,488,958
Copyright 2023 © by PDAI Universitas Medan Area
↑
↓