strategi komunikasi merupakan tren yg relatif baru pada teori komunikasi. Kajian ihwal seni manajemen komunikasi dibuat di tahun 1980-an menjadi respon terhadap tantangan revolusi kreatif pada Amerika perkumpulan serta Eropa serta diskusi perihal pendekatan berbasis kompetensi abad ke-21 (Starykh, 2018).
mirip yang sudah disinggung pada penjelasan di atas, bahwa seni manajemen komunikasi mempunyai makna yg luas. dalam praktiknya, taktik komunikasi mampu dilakukan buat banyak sekali hal sinkron dengan kebutuhan dan tujuan masing-masing komunikator.
Bila kita mengacu di pengertian-pengertian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa taktik komunikasi adalah rencana komunikasi yg disusun buat mencapai tujuan eksklusif. Tujuan komunikasi sangat beragam, seorang bisa saja melakukan komunikasi untuk bertahan hidup, buat menyampaikan atau menerima isu, bisa jua buat memengaruhi orang lain buat bersikap atau berpikiran seperti apa yg diinginkan oleh komunikatornya.
berikut ini teori-teori yg berkaitan menggunakan strategi komunikasi. Teori-teori berikut adalah merupakan teori komunikasi yg lebih menunjuk di memengaruhi komunikannya, antara lain :
1. Campaign communication theory
Komunikasi kampanye artinya kegiatan yg dilakukan buat memberikan akibat pada khalayak dalam jumlah yg relatif akbar, pada kurun ketika tertentu, dan melalui serangkaian akivitas komunikasi yang terorganisir. pada teori ini terdapat dua poin yg sebagai ciri khas seni manajemen komunikasi, yaitu memiliki tujuan yang kentara serta kegiatan komunikasi disusun atau direncanakan terlebih dahulu.
Komunikasi kampanye mempunyai kesamaan menggunakan komunikasi pemasaran. Keduanya sama-sama memengaruhi orang untuk melakukan sesuatu. namun, komunikasi pemasaran cenderung bertujuan memengaruhi orang lain buat membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Sedangkan komunikasi kampanye, memengaruhi orang lain buat bersikap atau berpikiran mirip apa yang diinginkan oleh komunikatornya.
biasanya kampanye dilakukan untuk menaikkan suatu kesadaran atau pengetahuan khalayak terkait beberapa gosip. Selain itu, umumnya kampanye yg dilakukan buat memengaruhi orang lain buat mengadopsi beberapa kebiasaan yg berdasarkan komunikator merupakan norma atau perilaku yg baik. misalnya saja, komunikator memberikan wawasan bahwa bumi semakin hancur karena bahaya limbah plastik. buat itu mereka mengkampanyekan buat mengurangi penggunaan plastik, dengan membeli sedotan berbahan stainlees steel yg mampu dipergunakan berulang kali dan tidak mencemari bumi.
2. Communication goal theory
Teori ini menjelaskan bahwa dalam berkomunikasi kita mempunyai tujuan masing-masing. Goal artinya tujuan atau keadaan yang diinginkan, dicapai, atau dipertahankan oleh seorang. hasrat seorang sebagai tujuan berasal interaksi saat berkomunikasi serta berkoordinasi. Hal ini dilakukan buat mencapai tujuan kita.
berdasarkan teori ini, mayoritas komunikasi yg kita lakukan mengarah pada tujuan yg kita bawa masing-masing. tetapi, selalu memikirkan tujuan kita saja tidak cukup. Perlu perencanaan supaya tujuan bisa tercapai melalui interaksi.
Teori ini mengatakan bahwa komunikasi dilakukan buat mencapai tujuannya. interaksi yg dilakukan digerakkan sang tujuan mereka yg telah tertanam di memori. Terkadang pada situasi yg sama serta dengan dua orang yang berbeda, keduanya mempunyai cara berkomunikasi yang tidak selaras. Selain karena faktor perspektif setiap individu yang tidak selaras, tujuan asal masing-masing individu pada berkomunikasi jua turut memberikan perbedaan pada keduanya dalam berkomunikasi.
3. Interpersonal communication theory
Nama lain dari teori ini merupakan teori komunikasi antarpribadi. Teori ini menjadi keliru satu teori yg populer dalam kajian ilmu komunikasi. teori antarpribadi intinya dipergunakan buat melihat bagaimana orang-orang pada sebuah korelasi berbicara satu sama lain, mengapa mereka menentukan pesan yg sudah mereka tentukan, dan bagaimana dampak pesan tadi terhadap individu.
Komunikasi antarpribadi dapat dilakukan secara terpola maupun tidak. namun, pada berkomunikasi tentunya mempunyai tujuan. Sadar atau tidak, saat berkomunikasi sempurna kita mempunyai tujuan. Termasuk jua komunikasi antarpribadi ini. Beberapa tujuan komunikasi antarpribadi di antaranya buat berahan hidup, buat bersosialisasi bahkan buat mengikuti keadaan.
asal beberapa tujuan itu, sikap kita selanjutnya merupakan berkomunikasi sinkron menggunakan tujuan yg ada di pikiran kita. Teori ini membantu kita buat mempelajari bahwa komunikasi yang kita lakukan dapat memengaruhi orang lain. Selain itu, menggunakan mempelajari komunikasi sebagai lebih banyak tau wacana komunikasi antarpribadi. menggunakan begitu, kita mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Orang yg mempunyai korelasi interpersonal diyakini mempunyai mental dan fisik yang lebih sehat.
4. Negotiation theory
keliru satu fungsi taktik komunikasi adalah buat merampungkan pertarungan. Negosisasi ialah keliru satu pendekatan pengelolaan konflik dalam level interpersonal, kelompok, organisasi, masyarakat serta internasional. perundingan merupakan komunikasi yg di dalamnya mengandung taktik. umumnya perundingan dipergunakan buat transaksi pembeli-penjual, konvensi bisnis, hubungan manajemen dan tenaga kerja, situasi penyanderaan dan ketika terjadi perselisihan.
Pendekatan komunikatif pada teori perundingan berfokus di elemen interaksi pada proses negosiasi, mirip simbol, pesan, bahasa yang dipergunakan buat menyusun proposal, membingkai duduk perkara, serta jua membujuk orang lain dalam proses hubungan buat mencapai kesepakatan . sudah sangat jelas bahwa perundingan artinya komunikasi yang direncanakan buat mencapai suatu tujuan.