Hubungan masyarakat mengacu pada hubungan antara perusahaan dan publik. Orang yang bekerja di public relations (PR) membantu perusahaan memproyeksikan citra positif kepada publik untuk mencapai tujuannya. Jika Anda tertarik dengan karir di bidang ini, baca terus untuk informasi lebih lanjut tentang jabatan PR, deskripsi,Pemasaran dan tip karir.
Apa Sebenarnya PR Itu?
Alih-alih membayar iklan seperti profesional periklanan, profesional PR mencoba menarik perhatian media ke klien mereka.
Tujuan mereka adalah agar jurnalis memutuskan bahwa ada berita yang layak diliput tentang klien di koran jurnalis, majalah, situs web, atau program TV / radio.

Apa yang Dilakukan oleh Profesional Hubungan Masyarakat
Staf humas menyelesaikan pekerjaan dengan menulis siaran pers, menghubungkan pemain kunci di organisasi klien mereka dengan pers untuk wawancara, mengatur konferensi pers dan acara lainnya, membuat salinan web, dan membuat buletin.
Pro PR harus memiliki keterampilan menulis , verbal , dan presentasi yang kuat; terorganisir dengan baik dan berorientasi pada detail, dan juga tegas dan nyaman untuk menjangkau orang lain. Memiliki bakat yang kuat untuk pemasaran juga bisa sangat membantu.
Judul Pekerjaan Humas
Anda dapat melakukan perjalanan karir penuh di PR , sehingga Anda akan melihat judul untuk magang dan karyawan tingkat awal serta untuk staf garis depan, supervisor, manajer, dan bidang khusus.
Di bawah ini adalah daftar dari beberapa jabatan paling umum dari industri PR, yang disusun menurut kategori. Untuk informasi lebih lanjut tentang setiap judul pekerjaan, lihat Buku Pegangan Outlook Pekerjaan Biro Statistik Tenaga Kerja .
Judul Pekerjaan Umum
Karena PR bukanlah bidang yang berlisensi, dan menarik profesional dengan berbagai latar belakang, ada jabatan yang mungkin tidak Anda anggap berkaitan erat dengan PR. Ini dapat memberikan pengalaman yang berharga saat Anda mengejar jalur karir PR yang sukses, dan akan menarik bagi manajer perekrutan yang mencari profesional PR.
- Duta Merek
- Administrator Hubungan Bab
- Pengelola Konten
- Pakar Strategi Konten
- Salin Penulis
- Direktur Hubungan Masyarakat
- Direktur Hubungan Masyarakat
- Editor
- Asisten Eksekutif
- Koordinator acara
- Pengelola acara
- Pelobi
- Pengelola
- Manajer, Media Digital dan Sosial
- Managing Editor
- Direktur Media
- Koordinator Media Baru
- Koordinator Program
- Manajer Urusan Publik
- Spesialis Urusan Publik
- Asisten Informasi Publik
- Petugas Informasi Publik
- Spesialis Informasi Publik
- Koordinator Hubungan Masyarakat
- Direktur Hubungan Masyarakat
- Manajer Hubungan Masyarakat
- Spesialis Hubungan Masyarakat
- Wartawan
- Manajer Hubungan
- Analis Media Sosial
- Manajer Media Sosial
- Spesialis Media Sosial
- Penulis teknis
Judul Pekerjaan Akun
Pekerjaan akun PR melibatkan pengelolaan kampanye bisnis-ke-bisnis atau bisnis-ke-klien, menarik klien, dan merancang dan menerapkan kampanye.
- Direktur Akun
- Eksekutif Akun
- Manajer Akuntansi
- Pengawas Akun
- Asisten Eksekutif Akun
- Account Executive senior
Judul Pekerjaan Komunikasi
Pekerjaan komunikasi PR melibatkan pengembangan dan pemeliharaan citra publik klien atau perusahaan melalui penampilan, siaran pers, dan media sosial.
- Koordinator Komunikasi
- Direktur Komunikasi
- Editor Komunikasi
- Perwakilan Komunikasi
- Spesialis Komunikasi
- Spesialis Komunikasi Perusahaan
- Direktur Komunikasi
- Direktur Komunikasi Strategis
- Manajer Komunikasi Eksternal
- Spesialis Komunikasi Internal
- Direktur Komunikasi Pemasaran
- Manajer Komunikasi Pemasaran
- Manajer Media dan Komunikasi
Judul Pekerjaan Pengembangan dan Penggalangan Dana
Pengembangan hubungan masyarakat berfokus pada perancangan dan pengorganisasian acara untuk mengumpulkan uang atau kesadaran bagi suatu organisasi.
- Direktur Pengembangan
- Petugas Pengembangan
- Direktur Pengembangan
- Rekan Hubungan Masyarakat Keuangan
- Manajer Penggalangan Dana
- Petugas Hadiah Utama
Judul Pekerjaan Pemasaran
Pemasaran PR melibatkan menjaga citra publik yang positif sambil mengembangkan promosi untuk produk, dan layanan untuk perusahaan atau organisasi.
- Rekan Pemasaran
- Direktur Komunikasi Pemasaran
- Manajer Komunikasi Pemasaran
- Koordinator Marketing
- Direktur Pemasaran
- Petugas Pemasaran
- Koordinator Pemasaran Media Sosial
Judul Pekerjaan Media
Spesialis media PR mengembangkan dan memelihara hubungan positif dengan outlet media, menulis siaran pers, dan merencanakan serta mengawasi acara pers.
- Manajer, Media Digital dan Sosial
- Manajer Media dan Komunikasi
- Koordinator Media
- Direktur Media
- Manajer Hubungan Media
- Koordinator Media Baru
- Spesialis Media Sosial
Cara Menggunakan Judul Pekerjaan Humas
Saat Anda mencari pekerjaan, mengetahui judul pekerjaan yang umum digunakan di industri ini dapat membantu Anda melakukan pencarian kerja online yang lebih efektif . Jika Anda mencari pekerjaan hubungan masyarakat tetapi Anda tidak terbiasa dengan judul pekerjaan tersebut, Anda mungkin akan mendapatkan pencarian kosong ketika ada pekerjaan yang tersedia.
Untuk PR, Anda juga dapat menggunakan istilah pemasaran , komunikasi, hubungan media, pengembangan, dan penggalangan dana saat mencari pekerjaan di lapangan. Perhatikan bahwa bidang PR tidak memiliki hierarki yang ketat, karena tidak berlisensi dan diatur.
Jika Anda adalah seorang pemberi kerja yang ingin memperbarui jabatan karyawan Anda untuk mengikuti perubahan jabatan di lapangan, gunakan daftar berikut untuk mendapatkan ide. Anda juga dapat menggunakannya untuk menyaring pelamar dan menilai apakah mereka memiliki pengalaman hubungan masyarakat di masa lalu yang mungkin tidak terlihat pada pandangan pertama. Misalnya, jabatan pekerjaan seperti “Manajer Akun” atau “Operator Hadiah” mungkin tampak tidak terkait dengan hubungan masyarakat pada awalnya, tetapi memang demikian.
Jika Anda satu-satunya karyawan hubungan masyarakat di perusahaan Anda, Anda mungkin seorang rekanan, spesialis, koordinator, manajer, direktur, dan eksekutif yang semuanya digabungkan menjadi satu. Gunakan daftar ini untuk mempertimbangkan apakah Anda harus meminta atasan Anda untuk pekerjaan baru yang lebih mencerminkan tanggung jawab Anda.
Bahkan jika PR hanyalah sebagian dari pekerjaan Anda, Anda mungkin ingin meminta jabatan yang sesuai yang dapat Anda cantumkan di resume Anda. Anda mungkin seorang asisten eksekutif dan direktur media sosial , misalnya.
Tips Memulai Karir di Humas
Mahasiswa yang ingin berkarir di bidang PR dapat mempersiapkan diri untuk memasuki bidang ini dengan melakukan beberapa atau semua hal berikut:
- Pertimbangkan untuk menyelesaikan jurusan intensif menulis seperti Bahasa Inggris, Jurnalisme, Komunikasi, atau Pemasaran.
- Kembangkan dan promosikan blog dengan topik yang menarik.
- Kembangkan dan dokumentasikan kredensial menulis / komunikasi Anda dengan bekerja untuk koran kampus, majalah, dan stasiun TV.
- Bekerja sebagai koordinator hubungan masyarakat untuk organisasi kampus.
- Dapatkan pekerjaan siswa di kantor tempat perguruan tinggi dipromosikan atau acara diselenggarakan, seperti departemen komunikasi / hubungan media, kantor informasi olahraga, penerimaan, acara, atau kantor urusan alumni.
- Mengejar posisi dengan klub siswa tempat Anda dapat mengatur konser, pembicara, peragaan busana, dan acara lainnya.
- Lakukan wawancara informasional dengan profesional PR melalui kontak alumni / keluarga dan profesional di daerah asal Anda.
- Tanyakan para profesional apakah Anda dapat membayangi pekerjaan mereka selama istirahat sekolah.
- Menyelesaikan magang dengan perusahaan PR, departemen komunikasi, outlet media dan / atau perusahaan pemasaran. Hubungi perusahaan lokal kecil di dekat sekolah atau rumah Anda melalui kamar dagang lokal, serta menargetkan perusahaan besar.
- Bergabunglah dengan Perkumpulan Mahasiswa Hubungan Masyarakat Amerika untuk mempelajari lebih lanjut tentang bidang ini, mengidentifikasi mentor dan magang, dan untuk menunjukkan minat profesional Anda.
- Pertimbangkan untuk memulai karir Anda dengan magang pasca sarjana berbayar.
- Kembangkan keterampilan hubungan masyarakat Anda .
- Bersiaplah untuk menjawab pertanyaan tentang PR dalam wawancara kerja.