Pemasaran digital telah menjadi platform masuk bagi banyak perusahaan layanan profesional. Dibandingkan dengan pemasaran tradisional, upaya online mudah diukur dan, yang cukup menarik, seringkali lebih murah.
Meski begitu, banyak taktik pemasaran offline tradisional dapat efektif dalam membangun dan mendukung merek online perusahaan Anda . Faktanya, strategi pemasaran yang memberikan pengaruh terbesar menggunakan kombinasi teknik online dan offline.
Bagaimana pendekatan pemasaran offline dan online bekerja sama untuk mendukung merek
Ketika diterapkan bersama, teknik pemasaran offline dan online dapat mendukung dan memperkuat satu sama lain, menciptakan strategi terpadu. Dalam rilis terbaru laporan penelitian tahunan kami tentang strategi pemasaran pertumbuhan tinggi , kami menemukan teknik pemasaran mana yang paling berdampak. Di bawah ini, saya akan membahas lima teknik pemasaran offline tersebut dan bagaimana Anda dapat mengintegrasikannya ke dalam strategi pemasaran Anda secara keseluruhan. Tentu saja, setiap industri berbeda, jadi Anda mungkin menemukan bahwa satu atau lebih dari teknik ini kurang relevan bagi audiens Anda. Jika taktik lain berhasil untuk Anda di masa lalu, tetap lakukan itu.

Gambar 1. Teknik Pemasaran Offline dan Online yang Umum
1. Aktivitas Jaringan
Koneksi tatap muka, bahkan koneksi virtual, terus memainkan peran penting dalam jaringan. Terlebih lagi, mereka dapat membantu mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda, memungkinkan kontak yang Anda buat secara langsung untuk mempelajari lebih lanjut tentang Anda dan perusahaan Anda.
Dalam banyak kasus, jabat tangan yang bersih dan baik tetap penting – kemampuan untuk “menempatkan wajah dengan nama” menghilangkan tingkat abstraksi dari merek Anda dan membuat perusahaan Anda lebih mudah didekati. Tapi pilihlah peluang Anda dengan bijak. Carilah asosiasi atau organisasi tempat audiens target Anda berasal. Pada waktunya, Anda dapat mengembangkan jaringan lebih jauh dengan menghadiri – atau lebih baik, berbicara di – konferensi nasional mereka.
Unduh Panduan Perubahan Merek – Edisi Kedua
2. Menghadiri Konferensi Asosiasi dan Pameran Dagang
Pameran dagang dapat memberikan peluang untuk berjejaring dengan calon pembeli dan pemimpin industri lainnya. Selain itu, acara ini dapat menawarkan peluang pemasaran offline lainnya – misalnya, acara tersebut adalah tempat yang ideal untuk mendistribusikan materi cetak Anda atau menjajaki kemungkinan untuk menjadi pembicara unggulan di masa depan. Yang membawa saya ke teknik selanjutnya.
3. Kesempatan Berbicara
Keterlibatan berbicara menempatkan Anda langsung di depan audiens yang sangat tertarget yang prima dan siap untuk mendengar apa yang Anda katakan. Dan mereka adalah cara yang terbukti untuk membangun kredibilitas dan pemikiran kepemimpinan perusahaan Anda. Menurut penelitian kami , keterlibatan berbicara adalah cara terpopuler kedua yang Visible Experts ® mendapatkan arahan.
Gambar 2. 10 Sumber Prospek Teratas dari Pakar Terlihat
Namun, jika Anda baru memulai perjalanan Anda menuju kepemimpinan pemikiran, jangan berharap untuk mendapatkan peluang pertunangan pidato utama sejak awal. Sebaliknya, mulailah dari yang kecil dengan mendekati cabang lokal asosiasi. Dan jangan berharap dibayar untuk bayaran awal ini (dalam hal ini, banyak pertunjukan nasional tidak dibayar atau hanya menutupi biaya perjalanan). Dengan menyesuaikan ekspektasi Anda, pengalaman paling awal Anda pun dapat membuahkan hasil dalam jangka panjang.
4. Panggilan Hangat
Meskipun tidak biasa seperti dulu, panggilan ke prospek memiliki sentuhan pribadi, dan panggilan tersebut masih dapat diterima oleh pembeli yang berminat. Lebih pribadi daripada email, panggilan telepon membutuhkan tanggapan instan – yang sayangnya, dapat memotong dua arah. Dalam penelitian terbaru kami, panggilan telepon sedang mengalami kebangkitan, terutama di antara perusahaan yang tumbuh paling cepat.
Perusahaan dengan pertumbuhan tinggi mengalami kesuksesan khusus dengan apa yang disebut “panggilan hangat”. Tidak seperti panggilan dingin, yang merupakan permainan angka dengan hasil rendah, panggilan hangat memberikan hasil yang sering dan berkualitas lebih baik. Prospek yang “hangat” adalah orang yang tidak hanya mengetahui perusahaan Anda tetapi telah terpapar pada kepemimpinan pemikiran Anda – biasanya melalui saluran digital seperti situs web, media sosial, atau pemasaran email, meskipun teknik offline seperti ceramah atau buku juga dapat membangun keterlibatan offline. Beberapa perusahaan bahkan menggunakan panggilan itu sendiri sebagai peluang untuk menawarkan prospek konten berharga agar keahlian mereka lebih nyata.
5. Demo / Konsultasi
Demo dan konsultasi langsung pribadi menyediakan hubungan langsung antara pembeli dan penjual. Hasilnya, mereka adalah salah satu alat bawah-of-the-funnel yang paling efektif – apa pun jenisnya. Untuk pertama kalinya, calon pelanggan dapat langsung merasakan keahlian dan / atau produk perusahaan. Tetapi aktivitas ini bekerja paling baik jika disiapkan oleh interaksi pemasaran sebelumnya. Ketika calon pembeli telah mengunjungi situs web perusahaan, membaca banyak posting blog, mengunduh buku putih atau panduan eksekutif dan menerima konten pendidikan yang relevan melalui email, mereka jauh lebih cenderung untuk membeli. Lagipula, mereka sudah tahu dan percaya pada firma tersebut. Seringkali, demo langsung atau konsultasi gratis memberikan keyakinan ekstra yang dibutuhkan pembeli untuk meminta proposal dan bergerak maju menuju kontrak.