Anak-anak berkebutuhan khusus semuanya memiliki kemampuan unik dan batasan pribadi tertentu. Tidak ada dua anak yang sama.
Ketika kita berbicara tentang kebutuhan khusus, perlu diingat bahwa ini adalah istilah yang sangat luas, dan sering digunakan untuk menggambarkan berbagai macam cacat fisik, emosional, mental, atau perilaku.
Beberapa anak memiliki lebih dari satu kecacatan tertentu.
Mengingat keragaman dan perbedaan dalam tingkat kecacatan pada setiap anak, berbicara dan berkomunikasi dengan anak-anak ini bukanlah upaya satu ukuran untuk semua.
Setiap anak akan memiliki kemampuan komunikasi, bakat, dan keinginan yang berbeda untuk komunikasi, dan komunikasi perlu disesuaikan dengan masing-masing.
Namun, ada beberapa hal penting yang perlu diingat setiap kali Anda berbicara dengan anak berkebutuhan khusus yang dapat membantu menciptakan kepercayaan, persahabatan, dan koneksi.
Dalam artikel ini, kita akan membahas hal-hal terpenting yang perlu diingat ketika Anda berbicara dengan anak-anak berkebutuhan khusus, bagaimana Anda dapat meningkatkan banyak aspek komunikasi Anda dengan anak-anak ini, dan dengan melakukannya, ciptakan hubungan yang lebih kuat dengan mereka .
Hal pertama yang perlu diingat dalam setiap komunikasi dengan anak-anak berkebutuhan khusus adalah bahwa manusia sangat membutuhkan koneksi. Tidak peduli siapa kita atau apa kemampuan pribadi kita, kita masing-masing ingin menjadi bagian dari kelompok, untuk membentuk koneksi, untuk berbagi cinta, dan untuk diperhatikan dan diakui.
Anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus tidak berbeda dalam hal ini. Mereka memiliki kebutuhan yang sama seperti orang lain dalam hal hubungan dan cinta.
Sayangnya, dalam banyak kasus, ketika orang tidak memahami kecacatan tertentu, mereka membiarkan ketakutan mereka mencegah mereka untuk berkomunikasi dan mengakui anak berkebutuhan khusus. Jangan pernah membiarkan ketidaktahuan Anda tentang disabilitas membuat Anda mengabaikan anak atau orang itu sendiri. Meskipun terdapat tantangan komunikasi untuk orang-orang dengan kebutuhan khusus, hal ini dapat diatasi melalui pendidikan dan upaya.
Yang benar adalah bahwa mengungkapkan cinta bisa terjadi bahkan secara non-verbal. Hebatnya, Anda tidak perlu berbicara dan mereka juga tidak perlu melakukan komunikasi yang nyata. Tidak peduli seberapa besar disabilitasnya, anak-anak selalu dapat merasakan cinta dan persahabatan sejati Anda. Meskipun anak-anak berkebutuhan khusus mungkin memerlukan bantuan ekstra atau mungkin terbatas dalam keterampilan komunikasi verbal atau non-verbal, semua tantangan ini dapat diatasi oleh orang yang peduli.
Hal penting lainnya yang perlu diingat ketika Anda berbicara dengan anak berkebutuhan khusus adalah bahwa Anda harus selalu berbicara dengan mereka dengan cara yang sama seperti Anda berbicara dengan anak lain seusia mereka. Kecacatan anak tidak boleh mengubah atau memengaruhi cara Anda berbicara dengan anak.
Terkadang ketika komunikasi menjadi tantangan, orang menganggap bahwa anak tidak dapat memahaminya.

Ini bukan kasusnya. Beberapa anak dengan kebutuhan khusus memiliki fungsi otak yang sama dengan anak lainnya, dan hanya memiliki disabilitas yang mengganggu kemampuan mereka untuk berbicara atau berkomunikasi.
Membungkuk dan berbicara dengan bayi, jika anak tersebut bukan bayi atau balita, tidak pantas dan dapat menunjukkan kurangnya rasa hormat kepada anak. Mereka mungkin terluka oleh asumsi yang Anda buat tentang kemampuan mereka. Gunakan selalu kata-kata, nada bicara, dan bahasa tubuh yang akan Anda gunakan dengan anak-anak lain seusia mereka untuk menunjukkan rasa hormat dan cinta Anda.
Aturan praktis yang baik untuk digunakan adalah ini: Jika anak dapat berbicara, modelkan kosa kata Anda setelah mereka menggunakannya. Saat Anda mendengarkan kata-kata yang digunakan anak, Anda akan mengetahui tingkat kata yang mereka pahami.
Namun, jika anak tidak berbicara, gunakan kosakata yang sama yang Anda gunakan untuk teman sebaya mereka.
Misalnya, jika Anda berbicara dengan anak berusia lima belas tahun yang tidak bisa berbicara, gunakan kosakata biasa saat Anda berbicara dengan mereka. Seringkali ini menghasilkan respons yang jauh lebih baik dari anak ketika mereka merasa Anda memperlakukan mereka seperti anak-anak lain seusia mereka.