Aspek tersulit dalam menerapkan proyek riset pasar adalah menjawab pertanyaan, “Jenis riset apa yang saya butuhkan?”. Memilih metodologi penelitian yang tepat adalah langkah pertama yang vital dalam proses penelitian pasar apa pun ; itu adalah salah satu faktor kunci yang membuat atau menghancurkan sebuah proyek. Sebelum memutuskan metodologi apa yang paling cocok untuk riset pasar Anda, penting untuk terlebih dahulu mempertimbangkan dan memahami semua dinamika yang digunakan untuk memilih metodologi riset terbaik .
Sasaran & Sasaran
Sebelum menentukan metodologi penelitian yang sesuai untuk proyek Anda, sebaiknya mulai dengan apa yang Anda inginkan dari hasil akhir. Penting untuk mempertimbangkan dengan hati-hati apa yang harus dicapai penelitian untuk memilih metodologi yang terbukti efektif. Luangkan waktu untuk lebih memahami beberapa elemen kunci proyek; apakah hasil perlu untuk menyelesaikan keputusan “pergi” atau “tidak boleh pergi”, apakah Anda hanya mencari informasi tambahan mengenai produk atau layanan Anda, apakah Anda memerlukan informasi dalam satu gerakan, atau apakah Anda akan memiliki kesempatan untuk tindak lanjut penelitian? Pada akhirnya, menyadari jenis informasi apa yang perlu Anda kumpulkan pada kesimpulan proyek akan membantu mempersempit metodologi penelitian yang tersedia sejak awal.
Signifikansi Statistik
Setelah tujuan dan sasaran penelitian ditetapkan, langkah mendasar berikutnya untuk memilih metodologi penelitian yang sesuai adalah signifikansi statistik data. Ketika hasil signifikan secara statistik, itu berarti sangat tidak mungkin hasil data terjadi secara kebetulan. Jika ada kebutuhan akan hasil penelitian yang sangat berdasarkan data atau Anda mencari tanggapan yang jelas dan signifikan secara statistik, maka pengumpulan data kuantitatif, dikombinasikan dengan ukuran sampel yang lebih besar, akan menjadi solusi yang optimal. Mendefinisikan jenis faktor kunci ini di sekitar signifikansi statistik akan menginformasikan metodologi penelitian.
Kuantitatif versus Kualitatif
Signifikansi statistik sangat penting saat mengekstrapolasi hasil dari kumpulan sampel ke populasi yang lebih besar, jadi penting untuk merefleksikan apakah Anda memerlukan data kuantitatif , data kualitatif, atau keduanya. Seperti disebutkan sebelumnya, data kuantitatif menyajikan hasil dengan cara yang lebih hitam-putih. Jika Anda memiliki kuesioner yang panjang, survei kuantitatif online mungkin paling baik karena konsumen dapat menjawab dengan cepat dan mudah. Selain itu, dengan kemajuan alat survei online, kuesioner dapat menjadi jauh lebih interaktif, membantu mengatasi kelelahan survei. Sebaliknya, jika perlu untuk menangkap metodologi data kualitatif, maka penggunaan kelompok fokus akan menjadi metode yang sangat baik untuk mengumpulkan wawasan konsumen dan reaksi terbuka. Memahami apakah Anda memerlukan fakta yang dingin dan sulit atau perlu menggalijauh ke dalam topik untuk mendapatkan informasi tentang motivasi, pemikiran, dan sikap orang akan membantu dalam proses metodologi penelitian.
Kelayakan & Waktu
Saat mempertimbangkan tujuan penelitian Anda, ukuran sampel, kelayakan, dan waktu harus dipikirkan dengan matang. Pertimbangkan beberapa bagian berikut sebelum memutuskan metodologi yang benar.
- Ukuran sampel apa yang diperlukan agar Anda dapat membuat keputusan bisnis yang meyakinkan berdasarkan hasil? Jika ditentukan bahwa jumlah sampel yang besar diperlukan, maka dimungkinkan untuk menghilangkan metode kualitatif yang lebih memakan waktu seperti kelompok fokus dan wawancara langsung.
- Kapan Anda membutuhkan hasilnya? Jika Anda perlu mengumpulkan data dengan cepat, yang terbaik adalah melakukan survei online di mana panel nasional dapat melakukan lapangan, dan menyediakan survei yang sudah selesai hanya dalam beberapa hari. Jika Anda memiliki lead time yang lebih lama, metode yang lebih memakan waktu, seperti wawancara di rumah, dimungkinkan.
Mengembangkan rencana sampel dan garis waktu sejak dini sangat penting karena keputusan akan sangat memengaruhi metodologi penelitian.
The Takeaway
Memikirkan semua elemen ini mungkin tampak membebani, tetapi waktu yang dihabiskan untuk mempertimbangkan semua faktor ini akan sangat berharga. Tentu saja, proses pengambilan keputusan ini tidak harus dilakukan oleh individu; peneliti yang berdedikasi memiliki keterampilan dan pengetahuan untuk membimbing non-peneliti dalam memilih metodologi penelitian terbaik untuk proyek mereka. Sendiri atau dengan bantuan, proses perencanaan yang kuat niscaya akan menghasilkan keuntungan terbesar dan membantu mengarahkan proses penelitian dengan sukses.