Keterampilan komunikasi yang efektif sangat penting bagi mereka yang mencari kesuksesan dalam hubungan masyarakat atau pemasaran. Namun, para profesional humas dan pemasaran yang efektif jarang ahli dalam semua bidang komunikasi, sehingga mereka yang baru di bidang tersebut tidak boleh kewalahan oleh keragaman keterampilan berbeda yang dibutuhkan. Para profesional humas dan pemasaran yang bijaksana mengkhususkan diri pada satu atau dua keterampilan tetapi terus mencari pendidikan, pelatihan, dan pengalaman untuk meningkatkan bidang-bidang di mana mereka kurang percaya diri.
Penulisan
Meskipun ada peningkatan teknologi baru, keterampilan menulis yang solid tetap penting untuk kesuksesan hubungan masyarakat dan pemasaran. Penulisan hubungan masyarakat dan pemasaran yang efektif jelas, ringkas, menarik, dan bebas dari kesalahan. Selain itu, penulis PR harus menguasai penulisan gaya piramida terbalik, pendekatan jurnalistik yang mengedepankan poin utama, diikuti dengan detail pendukung.
Berbicara di depan umum
Keterampilan berbicara di depan umum adalah suatu keharusan karena profesional PR dan pemasaran sering kali berada di depan klien, reporter, pelanggan, perwakilan komunitas, atau kelompok lain. Keterampilan berbicara di depan umum yang efektif adalah campuran dari analisis audiens, penulisan pidato, dan penyampaian pidato. Profesional humas dan pemasaran memahami dan menanggapi kebutuhan audiens mereka. Pidato yang menarik dimulai dengan pernyataan yang menarik perhatian dan mencakup tesis yang jelas, pratinjau poin utama, poin utama, ringkasan, dan penentu. Keterampilan pengiriman termasuk kontak mata, nada yang bervariasi dan kecepatan vokal yang halus, dan sangat sedikit pengisi vokal, seperti “ah” atau “suka.”
Komunikasi nonverbal
Profesional humas dan pemasaran yang sukses memanfaatkan teknik komunikasi nonverbal untuk menggarisbawahi dan menekankan pesan verbal atau tertulis atau menentukan cara terbaik untuk menanggapi kebutuhan klien, manajemen, atau tim. Teknik nonverbal meliputi kontak mata, postur, gerak tubuh, dan mendengarkan.
Kepemimpinan
Karena banyak tujuan komunikasi dan pemasaran memerlukan tim yang terdiri dari penulis, desainer, editor, dan teknisi, profesional humas dan pemasaran juga memerlukan keterampilan kepemimpinan untuk menyatukan kampanye secara efektif. Profesional pemasaran dan hubungan masyarakat yang cerdas memahami dasar-dasar, serta pro dan kontra, teori kepemimpinan seperti transformasional, transaksional, atau situasional dan tahu cara memilih pendekatan terbaik berdasarkan kebutuhan tim mereka. Mereka juga menggunakan komunikasi untuk menginspirasi serta meminta pertanggungjawaban anggota tim atas tugas yang diberikan.
Penelitian
Riset komunikasi adalah tulang punggung kampanye PR dan pemasaran yang efektif. Profesional humas dan pemasaran yang efektif memahami bagaimana menyelaraskan metode penelitian, seperti survei, kelompok fokus atau wawancara, dengan pertanyaan penelitian. Profesional humas dan pemasaran juga memanfaatkan keterampilan menulis, berbicara di depan umum, dan komunikasi nonverbal untuk membuat pertanyaan survei, mengelola kelompok fokus, dan melakukan wawancara.