Komunikasi asinkron
Komunikasi asinkron adalah segala bentuk komunikasi yang tidak mengharuskan kedua orang tersedia pada saat yang sama — email adalah contoh klasik. Komunikasi asinkron berarti bahwa orang yang Anda “berbicara” tidak mengonsumsi informasi pada saat yang sama saat Anda memproduksinya.
Komunikasi real-time adalah saat Anda berbicara dengan seseorang secara tatap muka — atau di telepon, panggilan video, atau bahkan mengobrol di Slack. Anda berdua hadir pada saat yang sama, bahkan jika Anda tidak secara fisik berada di ruang yang sama.
Seiring berkembangnya teknologi, kini ada banyak alat dengan beragam fitur yang membantu memfasilitasi komunikasi secara asinkron, mulai dari mengirim cuplikan video atau audio yang telah direkam sebelumnya hingga menanggapi pembaruan menggunakan emoji.
Dalam situasi kerja jarak jauh dan hibrida, manajer dan tim semakin mengintegrasikan pendekatan baru dan lebih baik ini untuk komunikasi asinkron ke dalam kebiasaan kerja mereka dan melihat peningkatan signifikan dalam seberapa efektif dan terhubungnya tim mereka. Mengembangkan budaya yang lancar dalam asinkron sehingga Anda dapat menyeimbangkan pendekatan terbaik antara waktu nyata dan asinkron membantu tim menjadi lebih produktif, tangguh, terhubung, dan efektif.
Istilah ini awalnya digunakan dalam konteks teknis, mengacu pada komunikasi asinkron adalah transmisi data, umumnya tanpa menggunakan sinyal clock eksternal , di mana data dapat ditransmisikan sebentar-sebentar daripada dalam aliran yang stabil.
Sementara gagasan komunikasi asinkron telah ada sejak orang mulai berkomunikasi — dari lukisan dinding hingga pembawa pesan yang berlari antar desa hingga merpati pos — dengan pergeseran besar ke pekerjaan jarak jauh yang didorong oleh pandemi COVID19, orang-orang terutama memperhatikan praktik komunikasi.
Dalam konteks tempat kerja, ketika orang-orang datang untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang nuansa gaya komunikasi yang berbeda, dikombinasikan dengan proliferasi alat komunikasi asinkron, istilah komunikasi asinkron semakin banyak digunakan untuk membantu menguraikan cara orang berkomunikasi. Dengan menjadi lebih spesifik tentang jenis komunikasi apa yang tepat untuk jenis situasi apa, orang dapat mengoptimalkan interaksi komunikasi mereka.
Apa saja contoh alat komunikasi asinkron digital?
Ada banyak, tetapi di sini ada beberapa kategori umum.
- Komunikasi email
- Dokumen bersama, seperti Google Docs (Workspace) dan Microsoft Office
- Pesan teks, suara, dan obrolan video, seperti SMS, WhatsApp , dan Vidyard
- Platform pesan instan seperti Slack , Twist , dan Microsoft Teams
- Aplikasi check-in seperti Range
- Alat manajemen proyek seperti Asana , ClickUp , dan Monday.com
- Jejaring sosial seperti Facebook , YouTube , dan Instagram