Skip to content
Inovatif, Profesional dan Berkepribadian
facebook
youtube
instagram
EnglishIndonesian
Ilmu Komunikasi-Program studi terbaik di Sumatera Utara
Help Desk 081269419190
Email Support isipol@uma.ac.id
Location Jl. Kolam No. 1 Medan Estate
  • BERANDA
  • PROFIL
    • AKREDITASI
    • Fungsionaris
    • Struktur Organisasi
    • Visi & Misi
    • KERJASAMA
  • AKADEMIK
    • INFORMASI AKADEMIK
      • AKADEMIK ONLINE
      • E-LEARNING
      • Jurnal
      • Lapor AOC
      • Dosen Penasehat Akademik
    • JADWAL AKADEMIK
      • Jadwal Kuliah
      • JADWAL PRAKTIKUM
      • Jadwal Seminar Dan Sidang
      • Jadwal UTS
      • Jadwal UAS
      • Jadwal Semester Antara
      • Jadwal Wisuda
    • KALENDER AKADEMIK
    • Kurikulum
      • SEMESTER I
      • SEMESTER II
      • SEMESTER III
      • SEMESTER IV
      • SEMESTER V
      • SEMESTER VI
      • SEMESTER VII
      • SEMESTER VIII
  • AKTIVITAS PRODI
    • KEGIATAN PRODI
    • PRESTASI PRODI
  • MAHASISWA
    • BEASISWA
      • Beasiswa KIP – Kuliah
      • Beasiswa Bank Indonesia (BI)
      • Beasiswa UKT/SPP Mahasiwa
      • Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)
      • Beasiswa YPHAS (Rangking SLTA/Sederajat)
      • Beasiswa YPHAS (Bersaudara Kandung & Anak Dosen / Karyawan)
    • SISTEM INFORMASI
      • Data Mahasiswa
      • Blog Mahasiswa
      • Jurnal Mahasiswa
      • AOC
      • E-Learning
      • APIK
      • Kuota
      • OPAC
      • WEBMAIL
      • SiProdi
    • Prestasi Mahasiswa
  • DOSEN
    • Dosen Prodi
    • Blog Dosen
    • Aktivitas Dosen
    • Prestasi Dosen
    • Jurnal Dosen
    • AOC
    • RKTS
    • RPS
    • TKTD
    • E-Learning
    • OPAC UMA
    • WEBMAIL
  • ARSIP
    • Dokumen Prodi
    • Pengumuman
  • ALUMNI
    • TRACER STUDY
    • DATA ALUMNI
    • LAYANAN ALUMNI
  • LABORATORIUM
    • infomasi Laboratorium
    • Aplikasi Laboratorium
  • HUBUNGI KAMI

Komunikasi Pemasaran Terpadu – Arti, Alat, & Contoh

Home > Artikel > Komunikasi Pemasaran Terpadu – Arti, Alat, & Contoh

Komunikasi Pemasaran Terpadu – Arti, Alat, & Contoh

Posted on August 6, 2021January 3, 2023 by fisipol
0

Di dunia yang kompetitif ini dengan media pemasaran dan periklanan yang tak terhitung banyaknya dan kampanye pemasaran yang kuat , Anda harus mengomunikasikan pesan pemasaran yang konsisten menggunakan pendekatan 360 derajat untuk memperkuat posisi Anda di pasar dan berdampak pada calon pelanggan Anda serta pelanggan yang sudah ada. .

Berikut adalah panduan tentang komunikasi pemasaran terpadu untuk membantu Anda bergerak maju dengan pendekatan ini.

Apa itu Komunikasi Pemasaran Terpadu?

Integrated Marketing Communications (IMC) adalah sebuah konsep di mana perusahaan secara hati-hati mengintegrasikan dan mengoordinasikan banyak saluran komunikasinya untuk menyampaikan pesan yang jelas dan konsisten. Hal ini bertujuan untuk memastikan konsistensi pesan dan penggunaan media yang saling melengkapi.

IMC adalah integrasi dari semua alat pemasaran , pendekatan dan sumber daya dalam perusahaan yang memaksimalkan dampak pada pikiran konsumen yang menghasilkan keuntungan maksimum dengan biaya minimum.

Ini menggunakan beberapa cara inovatif untuk memastikan bahwa pelanggan mendapatkan pesan yang tepat di tempat dan waktu yang tepat.

Alat IMC

Delapan alat utama Komunikasi Pemasaran Terpadu adalah sebagai berikut:-

Periklanan

Periklanan mengacu pada segala bentuk promosi produk atau layanan non-pribadi berbayar oleh sponsor yang teridentifikasi. Berbagai media yang digunakan adalah cetak (surat kabar dan majalah), siaran (radio dan televisi), jaringan (satelit, nirkabel dan telepon), elektronik (halaman web, audio dan videotape) dan display ( billboard , tanda dan poster).

Keuntungan utama periklanan adalah menjangkau konsumen yang tersebar secara geografis. Konsumen umumnya cenderung percaya bahwa merek yang diiklankan secara besar-besaran harus menawarkan beberapa ‘nilai bagus’ tetapi pada saat yang sama, iklan terbukti menjadi bentuk promosi yang mahal.

iklan pasang surut

Promosi penjualan

Ini adalah berbagai insentif jangka pendek untuk mendorong percobaan atau pembelian produk atau jasa. Ini mungkin termasuk promosi konsumen – berfokus pada konsumen – seperti distribusi sampel gratis, kupon, penawaran pembelian dalam jumlah yang lebih tinggi, diskon dan premi atau promosi perdagangan – berfokus pada pengecer – seperti tunjangan display dan merchandise, diskon volume, pembayaran untuk insentif kinerja dan insentif bagi tenaga penjualan.

Promosi penjualan membantu menarik perhatian konsumen dan menawarkan undangan untuk melakukan transaksi dengan memberikan berbagai jenis insentif.

promosi penjualan

Penjualan pribadi

Interaksi tatap muka dengan satu atau lebih pembeli untuk tujuan melakukan presentasi, menjawab pertanyaan dan menerima pesanan. Ini terbukti menjadi alat yang paling efektif di tahap selanjutnya dari proses pembelian.

Keuntungannya adalah pesan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pembeli dan difokuskan untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pembeli.

Hubungan Masyarakat

Berbagai program diarahkan untuk meningkatkan hubungan antara organisasi dan publik. Periklanan adalah komunikasi satu arah sedangkan hubungan masyarakat adalah komunikasi dua arah yang dapat memantau umpan balik dan menyesuaikan pesannya untuk memberikan manfaat maksimal. Alat yang umum digunakan di sini adalah publisitas yang memanfaatkan nilai berita dari produk atau layanan sehingga informasi dapat disebarluaskan ke media berita.

Artikel di media terbukti lebih objektif daripada iklan dan memiliki kredibilitas tinggi. Juga, ia memiliki kemampuan untuk menjangkau konsumen yang sulit ditemukan yang menghindari komunikasi yang ditargetkan.

Pemasaran langsung

Pemasaran Langsung melibatkan penggunaan surat, telepon, faks, email, atau internet untuk berkomunikasi secara langsung dengan atau meminta tanggapan atau dialog dari pelanggan atau calon pelanggan tertentu. Pembeli sudah mulai mengandalkan kartu kredit dan pembelian online lebih dari sebelumnya yang membuatnya penting bagi pemasar untuk mendekati konsumen secara langsung sehingga membantu mereka dalam proses pembelian.

Perusahaan memiliki database rincian kontak konsumen yang digunakan untuk mengirim katalog dan materi pemasaran lainnya sehingga memudahkan konsumen untuk membeli secara online. Relevansi pemasaran langsung telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Acara dan Pengalaman

Ini adalah kegiatan dan program yang disponsori perusahaan yang dirancang untuk menciptakan interaksi terkait merek dengan pelanggan. Sponsor meningkatkan visibilitas perusahaan. Perusahaan memberi pelanggan pengalaman menggunakan produk yang pada akhirnya mengarah pada ingatan merek yang lebih tinggi daripada pesaing. Acara-acara ini terbukti menarik perhatian penonton.

Pemasaran media sosial

Konsep pemasaran media sosial pada dasarnya mengacu pada proses mempromosikan bisnis atau situs web melalui saluran media sosial. Perusahaan berhasil mendapatkan perhatian besar pada saluran tersebut dan dapat berinteraksi dengan konsumen saat dan ketika mereka menjelajah internet.

Cara komunikasi baru dan modern berkembang di platform media sosial ini dan terbukti menjadi masa depan promosi. Mereka memiliki kemampuan untuk menjadi sangat interaktif dan up to date dengan pelanggan.

Pemasaran Seluler

Pemasaran seluler melibatkan komunikasi dengan konsumen melalui perangkat seluler, baik untuk mengirim pesan pemasaran sederhana, untuk memperkenalkan mereka ke kampanye berbasis partisipasi baru atau untuk memungkinkan mereka mengunjungi situs web seluler.

Lebih murah daripada cara tradisional untuk konsumen dan pemasar , pemasaran seluler benar-benar merupakan versi pemasaran online yang disederhanakan yang penggunaannya meningkat seiring berjalannya waktu. Contohnya adalah iklan yang kita lihat di aplikasi mobile.

Contoh Komunikasi Pemasaran Terintegrasi

Go Pro

Contoh komunikasi pemasaran terintegrasi pertama yang terlintas dalam pikiran adalah Go Pro. Go Pro telah menggunakan komponen IMC secara ekstensif dan tepat.

GoPro telah menguasai penggunaan konten online untuk menarik perhatian audiens targetnya . Perusahaan ini memiliki saluran YouTube di mana ia mencari banyak video yang diambil dengan kamera aksi mini berkualitas tinggi termasuk bidikan yang menarik, unik, dan sangat indah yang diambil oleh pengguna dan oleh perusahaan itu sendiri, untuk menjangkau audiens targetnya.

Mereka memiliki ratusan ribu pengikut dan suka di Facebook, Twitter, dan Instagram, dan telah menggunakan platform tersebut untuk menarik perhatian basis penggemarnya dengan memposting video pendek yang merangsang secara visual yang diambil dengan kamera. Untuk memaksimalkan SEO, GoPro mengadakan kontes hampir setiap hari secara online di mana peserta memiliki kesempatan untuk memenangkan satu dari setiap produk yang mereka bawa dan kamera terbaru yang mereka bawa.

Perusahaan juga telah menggunakan publisitas dalam upaya pemasarannya untuk menjangkau audiens targetnya. Pada hari-hari awal, mereka mengandalkan dari mulut ke mulut dan perlahan-lahan bergerak dan sangat memanfaatkan platform online untuk promosinya.

domino

Jaringan restoran pizza Domino’s membuat kampanye “AnyWare” untuk membantu orang memesan makanan dengan cara yang lebih nyaman. Hal ini memungkinkan pelanggan untuk memesan pizza dengan televisi pintar, tweet, teks atau jam tangan pintar.

Ide itu dimungkinkan karena dua tahun sebelum AnyWare, Profil Pizza Domino didirikan, yang menyimpan informasi pembayaran pelanggan, alamat dan Pemesanan Mudah. Pesanan mudah adalah pesanan makanan favorit pelanggan yang mencakup unsur-unsur seperti metode pembayaran yang disukai, jenis pesanan (pengiriman atau angkut), dan alamat atau toko favorit.

Ini dengan sangat cerdas menggunakan Komponen IMC yang berbeda seperti kampanye televisi nasional, siaran pers, dan pemasaran online untuk menarik pelanggan ke situs webnya AnyWare.Dominos.com di mana mereka dapat belajar tentang cara-cara baru untuk memesan.

Hal ini mengakibatkan situs mendapatkan 500.000 lebih banyak kunjungan, menghasilkan 10,5 persen pertumbuhan penjualan tahun-ke-tahun dan membuat Domino mencapai tujuannya agar setengah dari semua pesanan dibuat secara digital.

Dua contoh utama ini menunjukkan bahwa komponen IMC, jika digunakan secara ekstensif dan optimal, akan sangat bermanfaat bagi proposisi perusahaan.

Post Views: 10,887

PIMPINAN PROGRAM STUDI


Dekan Fakultas ISIPOL
Dr. Effiati Juliana Hasibuan, M.Si



Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Dr. Nadra Ideyani Vita, M.Si



Wakil Dekan Bidang Inovasi, Kemahasiswaan dan Alumni
Dr. Dedi Sahputra, MA



Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi
Agnita Yolanda, B.Comm, M.Sc



Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi
Angga Tinova Yudha, M.I.Kom


ARTIKEL TERBARU

  • Pengertian Cyber Crime Secara Umum Dalam Dunia Teknologi
  • Kelebihan Oracle Beserta Fungsinya dalam mengolah Database
  • Pengertian Oracle Beserta Sejarah Terbentuknya Hingga Mendunia
  • Alibaba Cloud Sebut Adanya Kemungkinan Data Center Baru di Indonesia
  • Microsoft Ciptakan Chip Buatan Sendiri yang Mendukung Layanan Cloud Computing Azure

INFO AKADEMIK

KAITAN UMA

Peta Lokasi

KAMPUS I
Jalan Kolam Nomor 1 Medan Estate / Jalan Gedung PBSI, Medan 20223
(061) 7360168, 7366878, 7364348. Call Canter : 0811-6013-888
(061) 7368012
univ_medanarea@uma.ac.id
KAMPUS II
Jalan Sei Serayu Nomor 70 A / Jalan Setia Budi Nomor 79 B, Medan 20112
(061) 8225602, 8201994 HP : 0811 607 259
(061) 8226331
isipol@uma.ac.id

STATISTIK PENGUNJUNG WEB

  • 6
  • 6,282
  • 1,295
  • 87,620
  • 3,234,719
  • 1,478,309
Copyright 2023 © by PDAI Universitas Medan Area
↑
↓