Skip to content
Inovatif, Profesional dan Berkepribadian
facebook
youtube
instagram
EnglishIndonesian
Ilmu Komunikasi-Program studi terbaik di Sumatera Utara
Help Desk 081269419190
Email Support isipol@uma.ac.id
Location Jl. Kolam No. 1 Medan Estate
  • BERANDA
  • PROFIL
    • AKREDITASI
    • Fungsionaris
    • Struktur Organisasi
    • Visi & Misi
    • KERJASAMA
  • AKADEMIK
    • INFORMASI AKADEMIK
      • AKADEMIK ONLINE
      • E-LEARNING
      • Jurnal
      • Lapor AOC
      • Dosen Penasehat Akademik
    • JADWAL AKADEMIK
      • Jadwal Kuliah
      • JADWAL PRAKTIKUM
      • Jadwal Seminar Dan Sidang
      • Jadwal UTS
      • Jadwal UAS
      • Jadwal Semester Antara
      • Jadwal Wisuda
    • KALENDER AKADEMIK
    • Kurikulum
      • SEMESTER I
      • SEMESTER II
      • SEMESTER III
      • SEMESTER IV
      • SEMESTER V
      • SEMESTER VI
      • SEMESTER VII
      • SEMESTER VIII
  • AKTIVITAS PRODI
    • KEGIATAN PRODI
    • PRESTASI PRODI
  • MAHASISWA
    • BEASISWA
      • Beasiswa KIP – Kuliah
      • Beasiswa Bank Indonesia (BI)
      • Beasiswa UKT/SPP Mahasiwa
      • Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)
      • Beasiswa YPHAS (Rangking SLTA/Sederajat)
      • Beasiswa YPHAS (Bersaudara Kandung & Anak Dosen / Karyawan)
    • SISTEM INFORMASI
      • Data Mahasiswa
      • Blog Mahasiswa
      • Jurnal Mahasiswa
      • AOC
      • E-Learning
      • APIK
      • Kuota
      • OPAC
      • WEBMAIL
      • SiProdi
    • Prestasi Mahasiswa
  • DOSEN
    • Dosen Prodi
    • Blog Dosen
    • Aktivitas Dosen
    • Prestasi Dosen
    • Jurnal Dosen
    • AOC
    • RKTS
    • RPS
    • TKTD
    • E-Learning
    • OPAC UMA
    • WEBMAIL
  • ARSIP
    • Dokumen Prodi
    • Pengumuman
  • ALUMNI
    • TRACER STUDY
    • DATA ALUMNI
    • LAYANAN ALUMNI
  • LABORATORIUM
    • infomasi Laboratorium
    • Aplikasi Laboratorium
  • HUBUNGI KAMI

Cara Membuat & Menerapkan Kampanye Public Relation

Home > Artikel > Cara Membuat & Menerapkan Kampanye Public Relation

Cara Membuat & Menerapkan Kampanye Public Relation

Posted on August 25, 2021January 3, 2023 by fisipol
0

Kampanye PR yang efektif dapat meningkatkan kesadaran merek atau penjualan untuk merek Anda selama bertahun-tahun setelah kampanye selesai. Dan itu mungkin mengapa Anda membaca blog ini, bukan? Anda ingin tahu cara menjalankan kampanye PR yang menarik perhatian audiens target Anda.

 

Apa itu Kampanye PR?

Hubungan masyarakat (PR) adalah cara yang ampuh untuk terhubung dengan audiens Anda dan menciptakan kampanye yang ideal dan menerapkannya dengan benar, tidak pernah lebih penting.

Tujuan dari kampanye hubungan masyarakat adalah untuk membuat narasi media atau mengontrol penyebaran informasi tentang bisnis Anda untuk menarik pelanggan. Ini juga dapat digunakan sebagai taktik untuk membangkitkan kesadaran tentang acara atau usaha bisnis tertentu. Seringkali, kampanye pemasaran dan periklanan difokuskan untuk mendorong penjualan, sedangkan tim hubungan masyarakat biasanya telah menetapkan KPI kampanye yang berbeda.

Tujuan Umum Kampanye Humas

  • Menarik perhatian media
  • Menghasilkan kesadaran
  • Menginformasikan publik tentang berita perusahaan terbaru
  • Tingkatkan reputasi merek Anda
  • Membangun hubungan pemangku kepentingan

Bagaimana Mengembangkan Kampanye PR

Sekarang setelah Anda mengetahui sedikit lebih banyak tentang apa itu kampanye PR, mari kita bahas bagaimana mengembangkan kampanye PR.

1. Tentukan Apa yang Ingin Anda Capai

Sebelum Anda mulai merencanakan kampanye PR Anda, Anda perlu memutuskan apa hasil yang diinginkan. Apakah Anda ingin meningkatkan penjualan dan prospek? Untuk meningkatkan pengenalan merek dan penilaian merek? Atau apakah keterlibatan mitra dan merekrut fokus Anda?

Memutuskan tujuan apa yang ingin Anda capai terlebih dahulu membantu menentukan strategi yang harus Anda ambil. Pada bagian di atas, kami menguraikan beberapa tujuan yang mungkin ingin Anda pertimbangkan untuk ditetapkan sebagai tujuan Anda.

Banyak pakar PR memilih untuk menggunakan metode SMART sebagai template

  • Spesifik: Apa hasil yang diinginkan?
  • Measurable: Bagaimana kesuksesan diukur?
  • Achievable: Bagaimana kampanye mencapai tujuannya dengan mempertimbangkan pengaruh luar?
  • Realistis: Apakah sasaran kampanye Anda realistis untuk bandwidth kampanye Anda?
  • Berbasis waktu: Berapa lama Anda harus memenuhi tujuan ini?

Saat menetapkan tujuan PR Anda, ingatlah untuk memikirkan bagaimana Anda akan mengukur kesuksesan selama perencanaan kampanye Anda. Tim kepemimpinan Anda tidak menginginkan daftar tautan ke klip PR dan beberapa cuplikan media sosial; mereka ingin memahami bagaimana promosi mendukung tujuan bisnis.

Ingin tahu bagaimana cara mengevaluasi kampanye PR? Untuk memastikan Anda berada di jalur yang benar, kami telah mengidentifikasi 14 KPI PR terbukti yang ingin Anda pertimbangkan untuk dilacak.

 

2. Pilih Pemirsa Target Anda

Jika tujuan Anda adalah untuk meningkatkan kesadaran merek di sekitar lini produk popok baru Anda, Anda mungkin tidak akan memasarkannya kepada pria lajang di awal usia dua puluhan. Mencapai tujuan Anda membutuhkan menjangkau audiens yang tepat. Jadi, ketika memetakan rencana media dan strategi hubungan masyarakat Anda, pikirkan siapa yang ingin Anda targetkan. Tim PR Anda kemungkinan harus menyesuaikan taktiknya berdasarkan audiens yang diputuskan oleh tim untuk ditargetkan.

 

3. Brainstorming

Setelah Anda tahu apa yang ingin Anda capai, Anda dapat mulai memikirkan cara terbaik untuk mencapai tujuan Anda. Brainstorming adalah bagian penting dalam mengembangkan kampanye PR. Untuk mengadakan sesi brainstorming yang efektif, bawalah orang yang berbeda dari berbagai latar belakang dan sampaikan apa yang ingin Anda capai. Lakukan brainstorming menyeluruh dengan meminta banyak ide dan melihat bagaimana mereka berkorelasi satu sama lain. Kemudian, beri waktu sekitar satu hari untuk menyelesaikannya sebelum mendekati kembali dengan apa pun yang mungkin Anda lewatkan.

4. Kumpulkan Intelijen Pasar

Selama tahap awal kampanye ini, merupakan ide bagus untuk mengumpulkan riset industri. Informasi ini dapat digunakan untuk menentukan bagaimana cerita Anda cocok dengan tren industri yang lebih luas, aspek cerita apa yang harus dianut atau tidak, dan bagaimana melawan potensi reaksi negatif. Ini juga merupakan ide yang baik untuk mencatat apa yang menarik perhatian media.

Tip: Saat menyusun siaran pers, bingkai pengumuman sebagai sebuah cerita. Jika Anda ingin jurnalis mengambil berita perusahaan Anda, bantu mereka untuk memahami mengapa berita tersebut layak diberitakan dengan membuat judul untuk siaran pers Anda yang berbunyi seperti berita yang menarik bagi publik, bukan hanya pos buletin berita perusahaan.

Melakukan penelitian seperti analisis media sosial, analisis persaingan, atau analisis media digital dapat bermanfaat bagi upaya kampanye dan pemasaran.

Hal-hal lain untuk diteliti

  • Situs pesaing
  • Kampanye pesaing (SEO, media sosial, dan PPC)
  • Halaman LinkedIn pesaing
  • Pesaing Anda di Google dan atur lansiran Google

Untuk mengumpulkan semua informasi ini, Anda mungkin harus melibatkan pemangku kepentingan dari departemen lain, seperti Pemasaran dan Penjualan. Pemangku kepentingan ini dapat membantu menginformasikan dan memeriksa pesan utama dan rencana kampanye.

5. Pilih Saluran Anda

Apakah Anda akan mengirimkan siaran pers atau mengadakan konferensi pers? Apakah Anda ingin menggunakan influencer untuk membantu menyebarkan pesan Anda atau hanya profil media sosial bermerek perusahaan Anda? Saluran yang paling diperhatikan oleh audiens target Anda, harus menjadi pertimbangan utama dalam proses perencanaan kampanye.

Sekali lagi, jika Anda memasarkan lini popok baru perusahaan Anda, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk memanfaatkan kombinasi taktik online dan offline untuk menjangkau orang-orang sebelum mereka pergi berbelanja dan ketika mereka pergi berbelanja. Saat mengembangkan strategi, tim hubungan masyarakat Anda mungkin ingin memikirkan bagaimana kampanye terkait dengan strategi SEO tim Pemasaran, strategi media sosial, dan saluran pemasaran digital lainnya.

Tidak mengherankan, sebagian besar siaran pers tidak ramah SEO. Anda tidak perlu menjadi ahli teknis dan ahli mesin pencari untuk memahami dampak SEO pada kampanye PR Anda . Dengan bantuan SEO semantik dan pembuatan tautan berbasis penelitian, Anda akan dapat meningkatkan jangkauan merek Anda, mengarahkan lebih banyak lalu lintas organik, dan meningkatkan otoritas situs Anda (dan merek).

6. Rasa Periksa Ide Anda

Sebelum terjun ke pelaksanaan dan peluncuran kampanye hubungan masyarakat, sampaikan ide-ide tersebut kepada orang-orang yang tidak terlibat dalam proyek tersebut. Berapa kali Anda melihat iklan dan berpikir “bagaimana seseorang menyetujuinya?” Kemungkinan besar, tidak banyak orang yang terlibat dalam proses persetujuan.

Untuk menghindari krisis PR , pertimbangkan untuk mencari tahu apa yang dipikirkan teman jurnalis dan influencer Anda. Influencer memiliki wawasan yang bagus tentang bagaimana dunia media sosial akan menerima pesan Anda.

Yang terpenting, dapatkan umpan balik awal dari klien untuk memastikannya cocok dengan semua preferensi merek mereka. Melakukan hal ini dapat membantu menangkap sesuatu yang jelas atau mencegah sesuatu yang mematikan nada. Pastikan setiap bagian kampanye selaras dengan merek dan nilai perusahaan mereka.

 

7. Pelaksanaan Kampanye Humas

Sebelum tim humas Anda menekan “go”, periksa kembali apakah setiap detail sudah benar dan semua asetnya sempurna dan sesuai merek. Pastikan bahwa setiap bagian data atau sekumpulan fakta yang disertakan adalah akurat. Inilah saatnya untuk melakukan perubahan apa pun sebelum diluncurkan secara resmi.

Sekarang saatnya untuk eksekusi taktis, berikan diri Anda minimal 10 hari, atau bahkan lebih lama untuk beberapa kampanye hubungan masyarakat. Pertimbangkan peristiwa terkini, berita pesaing, dan bahkan hari libur. Harapkan bahwa segala sesuatunya akan di luar kendali dan beri diri Anda ruang gerak. Ruang untuk membuat perubahan di menit-menit terakhir ini sangat penting untuk keberhasilan kampanye.

Pastikan untuk memiliki informasi tambahan yang siap digunakan, dan otoritas untuk mengirimkannya. Sangat penting untuk memanfaatkan setiap panggilan, jadi buka saluran komunikasi dan bersiaplah untuk menanggapi setiap pertanyaan.

8. Tindak Lanjut

Memiliki rencana tindak lanjut bagi wartawan. Jika Anda melihat bahwa cerita Anda telah terbentur atau belum tercakup, pastikan untuk menjelaskan bagaimana konten tersebut masih layak diberitakan, dan bagaimana konten tersebut akan terus layak diberitakan di hari-hari dan bahkan minggu-minggu mendatang. Adalah umum bagi jurnalis untuk memiliki kotak masuk mereka yang penuh dengan penawaran, jadi pastikan bahwa kotak masuk Anda menonjol.

Rencanakan untuk mengirim email tindak lanjut 3-4 hari setelah komunikasi awal. Sertakan tautan ke ulasan pelanggan, atau tautan ke data atau penelitian yang menunjukkan nilai berkelanjutannya. Atau jika itu adalah sebuah acara, sertakan beberapa foto. Tidak ada kampanye yang pernah selesai, jadi buatlah rencana tindak lanjut untuk cakupan tambahan.

9. Pengukuran

Sekarang saatnya untuk mengemas kesuksesan Anda dan pada dasarnya melakukan PR, untuk tim Hubungan Masyarakat Anda. Tulis narasi tentang apa yang terjadi dan raih kemenangan dengan blog yang merayakan liputan. Luangkan waktu Anda untuk menulis setiap detail dan menguraikan keberhasilan kampanye.

Juga, pastikan untuk membuat laporan massal dengan KPI yang ditunjukkan , tujuan, dan peluang untuk perbaikan. Cari anekdot yang membuat kampanye itu penting dan tulis entri penghargaan.

 

Langkah-Langkah Kampanye Humas: Takeaways Utama

Kunci keberhasilan kampanye PR adalah tidak hanya memiliki Rencana A, dan Rencana B, tetapi juga C dan D. Mempertimbangkan setiap kemungkinan akan membuat Anda berbeda. Dapatkan umpan balik dari sumber luar seperti jurnalis, tetapi juga konsultasikan dengan orang yang tidak terlibat dalam bisnis tersebut. Cari apa pun yang bisa dianggap ofensif atau mematikan nada.

Data juga merupakan elemen yang sangat penting dan tidak boleh hanya melayani diri sendiri. Gunakan data yang menarik dan menarik untuk mendukung cerita Anda, dan di atas segalanya, pastikan itu didukung dengan bukti dan akurat.

Namun, yang paling penting adalah memberi diri Anda waktu untuk gagal dan berhasil. Banyak kampanye PR besar gagal karena detail kecil dan sedikit waktu untuk penyesuaian. Waktu adalah kunci kampanye hubungan masyarakat yang efektif.

 

Baca Juga :

Post Views: 1,101

PIMPINAN PROGRAM STUDI


Dekan Fakultas ISIPOL
Dr. Effiati Juliana Hasibuan, M.Si



Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Dr. Nadra Ideyani Vita, M.Si



Wakil Dekan Bidang Inovasi, Kemahasiswaan dan Alumni
Dr. Dedi Sahputra, MA



Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi
Agnita Yolanda, B.Comm, M.Sc



Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi
Angga Tinova Yudha, M.I.Kom


INFO AKADEMIK

KAITAN UMA

Peta Lokasi

KAMPUS I
Jalan Kolam Nomor 1 Medan Estate / Jalan Gedung PBSI, Medan 20223
(061) 7360168, 7366878, 7364348. Call Canter : 0811-6013-888
(061) 7368012
univ_medanarea@uma.ac.id
KAMPUS II
Jalan Sei Serayu Nomor 70 A / Jalan Setia Budi Nomor 79 B, Medan 20112
(061) 8225602, 8201994 HP : 0811 607 259
(061) 8226331
isipol@uma.ac.id

STATISTIK PENGUNJUNG WEB

  • 1
  • 6,371
  • 1,285
  • 84,835
  • 3,286,389
  • 1,488,985
Copyright 2023 © by PDAI Universitas Medan Area
↑
↓