Gelar sarjana dan/atau master dalam komunikasi kesehatan dapat membuka pintu ke jalur karir potensial di seluruh industri perawatan kesehatan, di berbagai bidang seperti hubungan masyarakat, pemasaran sosial, advokasi pasien, pendidikan kesehatan, pengorganisasian kesehatan masyarakat, dan banyak lagi. Profesional dengan latar belakang komunikasi kesehatan dapat mengejar pekerjaan dengan perusahaan bioteknologi, organisasi advokasi sosial, nirlaba, rumah sakit dan departemen kesehatan, lembaga kesehatan negara bagian dan federal, yayasan kesehatan, pusat kesehatan masyarakat, perusahaan farmasi, fasilitas penelitian medis, dan kesehatan dan bisnis yang berhubungan dengan kesehatan.
Keterampilan komunikasi tertulis dan lisan mereka yang kuat, ditambah dengan pemahaman mereka tentang psikologi dan perilaku manusia, membuat mereka memenuhi syarat untuk mendukung tujuan kesehatan masyarakat yang penting, memberdayakan pasien melalui inisiatif pendidikan kesehatan, dan mengembangkan strategi pemasaran untuk perusahaan yang memiliki produk atau layanan yang mempromosikan konsumen dengan baik- makhluk. Lulusan program master dalam komunikasi kesehatan dapat mengambil peran seperti salah satu dari berikut:
- Spesialis Pendidikan Kesehatan Masyarakat : Spesialis pendidikan kesehatan merencanakan, mengembangkan, dan mengimplementasikan inisiatif kesehatan preventif, advokasi, dan pendidikan pasien. Pekerjaan mereka melibatkan interaksi yang sering dengan pasien dan penyedia layanan kesehatan. Pekerjaan mereka juga melibatkan menjalin hubungan dengan organisasi di masyarakat, seperti sekolah, pusat kebugaran, dan klinik kesehatan reproduksi dalam upaya mengkampanyekan kebiasaan gaya hidup sehat, kesadaran risiko kesehatan, dan tindakan pencegahan lainnya. Misi spesialis pendidikan kesehatan masyarakat adalah untuk menciptakan program pendidikan bagi pasien dan masyarakat yang meningkatkan hasil kesehatan dalam jangka pendek dan jangka panjang.
- Ahli Strategi Advokasi Sosial : Ahli strategi advokasi sosial yang bekerja untuk organisasi terkait kesehatan adalah ahli dalam membuat kampanye media yang menyebarkan pesan dan memajukan misi organisasi yang mempekerjakan mereka. Ahli strategi menggunakan konten web tertulis, video, acara penjangkauan publik, dan kampanye media sosial untuk membuat dan menyebarkan pesan penting terkait kesehatan yang berupaya menciptakan perubahan perilaku positif pada audiens target.
- Spesialis Pemasaran atau Hubungan Masyarakat : Perusahaan yang berhubungan dengan kesehatan mulai dari rumah sakit hingga perusahaan asuransi kesehatan dan perusahaan teknologi kebugaran harus mengembangkan strategi pemasaran dan hubungan masyarakat yang baik. Spesialis pemasaran dan hubungan masyarakat di perusahaan-perusahaan ini memakai banyak topi untuk menegakkan identitas merek perusahaan mereka. Pekerjaan sehari-hari mereka mungkin termasuk menyusun pengumuman hubungan masyarakat sebagai tanggapan atas peristiwa penting perusahaan (seperti akuisisi atau pertanyaan pelanggan), mengembangkan kampanye pemasaran yang menggabungkan pendidikan pasien/konsumen dengan promosi merek, dan menulis komunikasi intra-perusahaan untuk membantu mendidik karyawan tentang perusahaan mereka. misi.
- Jurnalis : Jurnalis yang berspesialisasi dalam komunikasi yang berhubungan dengan kesehatan menulis tentang sistem perawatan kesehatan, aksesibilitas dan kualitas perawatan pasien, dan faktor lingkungan dan sosial ekonomi yang mempengaruhi kesehatan kelompok demografis yang berbeda. Tujuan mereka adalah untuk menyebarkan kesadaran tentang isu-isu yang berkaitan dengan kesehatan, untuk memberdayakan pembaca mereka dengan pengetahuan untuk merawat diri mereka sendiri dan keluarga mereka dengan lebih baik. Wartawan di bidang ini juga dapat menulis artikel dan opini yang menganjurkan perubahan positif dalam sistem perawatan kesehatan dan/atau peraturan pemerintah yang mempengaruhi kesehatan masyarakat.
- Profesor Perguruan Tinggi : Di universitas dan perguruan tinggi negeri dan swasta empat tahun, profesor melakukan penelitian asli dalam topik komunikasi kesehatan, mengajar program sarjana dan sarjana, menulis artikel jurnal, hadir di konferensi, dan melayani di komite. Pekerjaan mereka berfokus pada memajukan beasiswa dalam komunikasi kesehatan dan mempersiapkan generasi berikutnya dari profesional komunikasi dan sarjana di lapangan. Lulusan juga dapat mengeksplorasi posisi mengajar di komunitas dan perguruan tinggi junior.
Catatan: Persyaratan pendidikan untuk pekerjaan di bidang komunikasi kesehatan bervariasi karena sejumlah faktor, termasuk harapan organisasi, serta pengalaman profesional yang relevan dari pelamar. Sementara banyak peran komunikasi kesehatan dapat secara resmi menerima aplikasi dari sarjana dan magister dalam komunikasi kesehatan lulusan, gelar sarjana dalam komunikasi kesehatan dapat memberikan pelamar keunggulan kompetitif, terutama untuk peran yang lebih maju atau strategis. Namun demikian, beberapa pemberi kerja mungkin memandang kandidat dengan pengalaman profesional yang relevan selama bertahun-tahun sama kompetitifnya dengan kandidat yang memiliki gelar master di bidangnya.
Karena perbedaan dalam ekspektasi pemberi kerja untuk pelamar yang mencari pekerjaan di bidang komunikasi kesehatan, kandidat harus selalu melakukan penelitian menyeluruh tentang pekerjaan yang diinginkan, serta ekspektasi industri secara keseluruhan. Selain itu, sementara gelar master mungkin bukan persyaratan untuk posisi komunikasi kesehatan di industri, gelar master dianggap sebagai persyaratan minimum bagi kandidat yang mencari posisi dalam penelitian dan pedagogi komunikasi kesehatan, terutama di tingkat pendidikan tinggi.