Skip to content
Inovatif, Profesional dan Berkepribadian
facebook
youtube
instagram
EnglishIndonesian
Ilmu Komunikasi-Program studi terbaik di Sumatera Utara
Help Desk 081269419190
Email Support isipol@uma.ac.id
Location Jl. Kolam No. 1 Medan Estate
  • BERANDA
  • PROFIL
    • AKREDITASI
    • Fungsionaris
    • Struktur Organisasi
    • Visi & Misi
    • KERJASAMA
  • AKADEMIK
    • INFORMASI AKADEMIK
      • AKADEMIK ONLINE
      • E-LEARNING
      • Jurnal
      • Lapor AOC
      • Dosen Penasehat Akademik
    • JADWAL AKADEMIK
      • Jadwal Kuliah
      • JADWAL PRAKTIKUM
      • Jadwal Seminar Dan Sidang
      • Jadwal UTS
      • Jadwal UAS
      • Jadwal Semester Antara
      • Jadwal Wisuda
    • KALENDER AKADEMIK
    • Kurikulum
      • SEMESTER I
      • SEMESTER II
      • SEMESTER III
      • SEMESTER IV
      • SEMESTER V
      • SEMESTER VI
      • SEMESTER VII
      • SEMESTER VIII
  • AKTIVITAS PRODI
    • KEGIATAN PRODI
    • PRESTASI PRODI
  • MAHASISWA
    • BEASISWA
      • Beasiswa KIP – Kuliah
      • Beasiswa Bank Indonesia (BI)
      • Beasiswa UKT/SPP Mahasiwa
      • Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)
      • Beasiswa YPHAS (Rangking SLTA/Sederajat)
      • Beasiswa YPHAS (Bersaudara Kandung & Anak Dosen / Karyawan)
    • SISTEM INFORMASI
      • Data Mahasiswa
      • Blog Mahasiswa
      • Jurnal Mahasiswa
      • AOC
      • E-Learning
      • APIK
      • Kuota
      • OPAC
      • WEBMAIL
      • SiProdi
    • Prestasi Mahasiswa
  • DOSEN
    • Dosen Prodi
    • Blog Dosen
    • Aktivitas Dosen
    • Prestasi Dosen
    • Jurnal Dosen
    • AOC
    • RKTS
    • RPS
    • TKTD
    • E-Learning
    • OPAC UMA
    • WEBMAIL
  • ARSIP
    • Dokumen Prodi
    • Pengumuman
  • ALUMNI
    • TRACER STUDY
    • DATA ALUMNI
    • LAYANAN ALUMNI
  • LABORATORIUM
    • infomasi Laboratorium
    • Aplikasi Laboratorium
  • HUBUNGI KAMI

Komunikasi Kesehatan

Home > Artikel > Komunikasi Kesehatan

Komunikasi Kesehatan

Posted on October 4, 2021October 4, 2021 by fisipol
0

Komunikasi kesehatan mencakup strategi verbal dan tertulis untuk mempengaruhi dan memberdayakan individu, populasi, dan komunitas untuk membuat pilihan yang lebih sehat. Kom kesehatan sering mengintegrasikan komponen dari berbagai teori dan model untuk mendorong perubahan positif dalam sikap dan perilaku. Komunikasi kesehatan terkait dengan pemasaran sosial, yang melibatkan pengembangan kegiatan dan intervensi yang dirancang untuk mengubah perilaku secara positif.

Komunikasi kesehatan yang efektif dan strategi pemasaran sosial mencakup komponen-komponen berikut:

  • Penggunaan strategi berbasis penelitian untuk membentuk bahan dan produk dan untuk memilih saluran yang menyampaikannya kepada audiens yang dituju.
  • Memahami kebijaksanaan konvensional, konsep, bahasa, dan prioritas untuk budaya dan pengaturan yang berbeda.
  • Pertimbangan literasi kesehatan, akses internet, paparan media, dan kompetensi budaya populasi sasaran.
  • Pengembangan materi seperti brosur, baliho, artikel surat kabar, siaran televisi, iklan radio, iklan layanan masyarakat, buletin, pamflet, video, alat digital, studi kasus, diskusi kelompok, pameran kesehatan, kunjungan lapangan, dan buku kerja antara lain media.

Menggunakan berbagai saluran komunikasi dapat memungkinkan pesan kesehatan untuk membentuk media massa atau kampanye antarpribadi, kelompok kecil, atau komunitas. Strategi kom kesehatan bertujuan untuk mengubah pengetahuan, sikap, dan/atau perilaku masyarakat; Misalnya:

  • Meningkatkan persepsi risiko
  • Perkuat perilaku positif
  • Mempengaruhi norma sosial
  • Meningkatkan ketersediaan dukungan dan layanan yang dibutuhkan
  • Memberdayakan individu untuk mengubah atau meningkatkan kondisi kesehatan mereka

Contoh strategi media untuk menyampaikan pesan kesehatan meliputi komponen-komponen berikut:

  • Radio
  • Televisi
  • Koran
  • pamflet
  • Brosur
  • Internet
  • Alat media sosial (yaitu, Twitter, Facebook, dan YouTube)

Contoh Intervensi Kom Kesehatan

  • Program pencegahan dan penghentian tembakau sering kali menggunakan komunikasi kesehatan untuk menjangkau khalayak yang lebih luas. Contoh intervensi kom kesehatan jangkauan massa tersedia di Perangkat Pengendalian dan Pencegahan Tembakau Pedesaan .
  • Contoh intervensi komunikasi dan pemasaran sosial yang terkait dengan pencegahan dan pengobatan HIV tersedia di Perangkat Pencegahan dan Pengobatan HIV/AIDS di Pedesaan .
  • The Northeast Louisiana Regional Pra-Diabetes Pencegahan Proyek (RPDP) dipromosikan prediabetes skrining dan informasi pencegahan diabetes untuk masyarakat menggunakan outlet beberapa media.

Pertimbangan untuk Implementasi

Ketika merancang kom kesehatan atau strategi pemasaran sosial, penting untuk mempertimbangkan tujuan komunikasi keseluruhan dari intervensi. Perlu juga memahami populasi target agar konten yang dibuat relevan dengan populasi target. Penting untuk menyesuaikan pesan dengan saluran komunikasi yang digunakan. Selanjutnya, menggunakan berbagai strategi komunikasi dan media akan memastikan jangkauan yang lebih luas. Penting juga untuk memastikan bahwa populasi sasaran memiliki akses ke saluran komunikasi yang digunakan.

Sumber Daya untuk Mempelajari Lebih Lanjut

Penerapan Teori dalam
Dokumen Evaluasi Kampanye Komunikasi
Menggali teori promosi kesehatan dan pencegahan penyakit umum dalam konteks kampanye komunikasi kesehatan.
Organisasi: Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit
Tanggal: 2011

Alat Media Sosial CDC, Pedoman, &
Dokumen Praktik Terbaik
Menyediakan perangkat, pedoman, kebijakan, dan informasi penting lainnya untuk memandu pengembangan alat media sosial untuk komunikasi kesehatan.
Organisasi: Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit
Tanggal: 2/2015

Website Kursus Online Kom Kesehatan
Memberikan informasi mendalam tentang strategi komunikasi kesehatan dan cara menggerakkan masyarakat.
Organisasi: Unite for Sight

Menerapkan
Situs Web Upaya Pemasaran Sosial
Membantu mengembangkan upaya pemasaran sosial untuk mempromosikan adopsi dan penggunaan inovasi yang terkait dengan promosi kesehatan.
Organisasi: Kotak Alat Komunitas

Membuat
Dokumen Kerja Program Komunikasi Kesehatan
Menjelaskan pendekatan praktis untuk perencanaan dan pelaksanaan upaya komunikasi kesehatan dan menawarkan pedoman yang dapat disesuaikan dengan berbagai pengaturan dan keadaan.

Post Views: 7,261

PIMPINAN PROGRAM STUDI


Dekan Fakultas ISIPOL
Dr. Effiati Juliana Hasibuan, M.Si



Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Dr. Nadra Ideyani Vita, M.Si



Wakil Dekan Bidang Inovasi, Kemahasiswaan dan Alumni
Dr. Dedi Sahputra, MA



Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi
Agnita Yolanda, B.Comm, M.Sc



Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi
Angga Tinova Yudha, M.I.Kom


INFO AKADEMIK

KAITAN UMA

Peta Lokasi

KAMPUS I
Jalan Kolam Nomor 1 Medan Estate / Jalan Gedung PBSI, Medan 20223
(061) 7360168, 7366878, 7364348. Call Canter : 0811-6013-888
(061) 7368012
univ_medanarea@uma.ac.id
KAMPUS II
Jalan Sei Serayu Nomor 70 A / Jalan Setia Budi Nomor 79 B, Medan 20112
(061) 8225602, 8201994 HP : 0811 607 259
(061) 8226331
isipol@uma.ac.id

STATISTIK PENGUNJUNG WEB

  • 11
  • 7,877
  • 1,656
  • 83,206
  • 3,298,227
  • 1,491,529
Copyright 2023 © by PDAI Universitas Medan Area
↑
↓