Komunikasi kesehatan mencakup strategi verbal dan tertulis untuk mempengaruhi dan memberdayakan individu, populasi, dan komunitas untuk membuat pilihan yang lebih sehat. Kom kesehatan sering mengintegrasikan komponen dari berbagai teori dan model untuk mendorong perubahan positif dalam sikap dan perilaku. Komunikasi kesehatan terkait dengan pemasaran sosial, yang melibatkan pengembangan kegiatan dan intervensi yang dirancang untuk mengubah perilaku secara positif.
Komunikasi kesehatan yang efektif dan strategi pemasaran sosial mencakup komponen-komponen berikut:
- Penggunaan strategi berbasis penelitian untuk membentuk bahan dan produk dan untuk memilih saluran yang menyampaikannya kepada audiens yang dituju.
- Memahami kebijaksanaan konvensional, konsep, bahasa, dan prioritas untuk budaya dan pengaturan yang berbeda.
- Pertimbangan literasi kesehatan, akses internet, paparan media, dan kompetensi budaya populasi sasaran.
- Pengembangan materi seperti brosur, baliho, artikel surat kabar, siaran televisi, iklan radio, iklan layanan masyarakat, buletin, pamflet, video, alat digital, studi kasus, diskusi kelompok, pameran kesehatan, kunjungan lapangan, dan buku kerja antara lain media.
Menggunakan berbagai saluran komunikasi dapat memungkinkan pesan kesehatan untuk membentuk media massa atau kampanye antarpribadi, kelompok kecil, atau komunitas. Strategi kom kesehatan bertujuan untuk mengubah pengetahuan, sikap, dan/atau perilaku masyarakat; Misalnya:
- Meningkatkan persepsi risiko
- Perkuat perilaku positif
- Mempengaruhi norma sosial
- Meningkatkan ketersediaan dukungan dan layanan yang dibutuhkan
- Memberdayakan individu untuk mengubah atau meningkatkan kondisi kesehatan mereka
Contoh strategi media untuk menyampaikan pesan kesehatan meliputi komponen-komponen berikut:
- Radio
- Televisi
- Koran
- pamflet
- Brosur
- Internet
- Alat media sosial (yaitu, Twitter, Facebook, dan YouTube)
Contoh Intervensi Kom Kesehatan
- Program pencegahan dan penghentian tembakau sering kali menggunakan komunikasi kesehatan untuk menjangkau khalayak yang lebih luas. Contoh intervensi kom kesehatan jangkauan massa tersedia di Perangkat Pengendalian dan Pencegahan Tembakau Pedesaan .
- Contoh intervensi komunikasi dan pemasaran sosial yang terkait dengan pencegahan dan pengobatan HIV tersedia di Perangkat Pencegahan dan Pengobatan HIV/AIDS di Pedesaan .
- The Northeast Louisiana Regional Pra-Diabetes Pencegahan Proyek (RPDP) dipromosikan prediabetes skrining dan informasi pencegahan diabetes untuk masyarakat menggunakan outlet beberapa media.
Pertimbangan untuk Implementasi
Ketika merancang kom kesehatan atau strategi pemasaran sosial, penting untuk mempertimbangkan tujuan komunikasi keseluruhan dari intervensi. Perlu juga memahami populasi target agar konten yang dibuat relevan dengan populasi target. Penting untuk menyesuaikan pesan dengan saluran komunikasi yang digunakan. Selanjutnya, menggunakan berbagai strategi komunikasi dan media akan memastikan jangkauan yang lebih luas. Penting juga untuk memastikan bahwa populasi sasaran memiliki akses ke saluran komunikasi yang digunakan.
Sumber Daya untuk Mempelajari Lebih Lanjut
Penerapan Teori dalam
Dokumen Evaluasi Kampanye Komunikasi
Menggali teori promosi kesehatan dan pencegahan penyakit umum dalam konteks kampanye komunikasi kesehatan.
Organisasi: Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit
Tanggal: 2011
Alat Media Sosial CDC, Pedoman, &
Dokumen Praktik Terbaik
Menyediakan perangkat, pedoman, kebijakan, dan informasi penting lainnya untuk memandu pengembangan alat media sosial untuk komunikasi kesehatan.
Organisasi: Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit
Tanggal: 2/2015
Website Kursus Online Kom Kesehatan
Memberikan informasi mendalam tentang strategi komunikasi kesehatan dan cara menggerakkan masyarakat.
Organisasi: Unite for Sight
Menerapkan
Situs Web Upaya Pemasaran Sosial
Membantu mengembangkan upaya pemasaran sosial untuk mempromosikan adopsi dan penggunaan inovasi yang terkait dengan promosi kesehatan.
Organisasi: Kotak Alat Komunitas
Membuat
Dokumen Kerja Program Komunikasi Kesehatan
Menjelaskan pendekatan praktis untuk perencanaan dan pelaksanaan upaya komunikasi kesehatan dan menawarkan pedoman yang dapat disesuaikan dengan berbagai pengaturan dan keadaan.