Skip to content
Inovatif, Profesional dan Berkepribadian
facebook
youtube
instagram
EnglishIndonesian
Ilmu Komunikasi-Program studi terbaik di Sumatera Utara
Help Desk 081269419190
Email Support isipol@uma.ac.id
Location Jl. Kolam No. 1 Medan Estate
  • BERANDA
  • PROFIL
    • AKREDITASI
    • Fungsionaris
    • Struktur Organisasi
    • Visi & Misi
    • KERJASAMA
  • AKADEMIK
    • INFORMASI AKADEMIK
      • AKADEMIK ONLINE
      • E-LEARNING
      • Jurnal
      • Lapor AOC
      • Dosen Penasehat Akademik
    • JADWAL AKADEMIK
      • Jadwal Kuliah
      • JADWAL PRAKTIKUM
      • Jadwal Seminar Dan Sidang
      • Jadwal UTS
      • Jadwal UAS
      • Jadwal Semester Antara
      • Jadwal Wisuda
    • KALENDER AKADEMIK
    • Kurikulum
      • SEMESTER I
      • SEMESTER II
      • SEMESTER III
      • SEMESTER IV
      • SEMESTER V
      • SEMESTER VI
      • SEMESTER VII
      • SEMESTER VIII
  • AKTIVITAS PRODI
    • KEGIATAN PRODI
    • PRESTASI PRODI
  • MAHASISWA
    • BEASISWA
      • Beasiswa KIP – Kuliah
      • Beasiswa Bank Indonesia (BI)
      • Beasiswa UKT/SPP Mahasiwa
      • Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)
      • Beasiswa YPHAS (Rangking SLTA/Sederajat)
      • Beasiswa YPHAS (Bersaudara Kandung & Anak Dosen / Karyawan)
    • SISTEM INFORMASI
      • Data Mahasiswa
      • Blog Mahasiswa
      • Jurnal Mahasiswa
      • AOC
      • E-Learning
      • APIK
      • Kuota
      • OPAC
      • WEBMAIL
      • SiProdi
    • Prestasi Mahasiswa
  • DOSEN
    • Dosen Prodi
    • Blog Dosen
    • Aktivitas Dosen
    • Prestasi Dosen
    • Jurnal Dosen
    • AOC
    • RKTS
    • RPS
    • TKTD
    • E-Learning
    • OPAC UMA
    • WEBMAIL
  • ARSIP
    • Dokumen Prodi
    • Pengumuman
  • ALUMNI
    • TRACER STUDY
    • DATA ALUMNI
    • LAYANAN ALUMNI
  • LABORATORIUM
    • infomasi Laboratorium
    • Aplikasi Laboratorium
  • HUBUNGI KAMI

Apa itu komunikasi pemasaran?

Home > Artikel > Apa itu komunikasi pemasaran?

Apa itu komunikasi pemasaran?

Posted on October 12, 2021October 12, 2021 by fisipol
0

Komunikasi pemasaran (MarCom) adalah bagian mendasar dan kompleks dari upaya pemasaran perusahaan. Didefinisikan secara longgar, MarCom dapat digambarkan sebagai semua pesan dan media yang Anda gunakan untuk berkomunikasi dengan pasar.

Komunikasi pemasaran mencakup periklanan, pemasaran langsung, branding, pengemasan, kehadiran online Anda, materi cetak, aktivitas PR, presentasi penjualan, sponsor, penampilan pameran dagang, dan banyak lagi.

Kompleksitas topik MarCom membuatnya terlalu luas untuk dibahas dalam satu artikel. Artikel ini merupakan satu dari enam artikel yang membahas bidang komunikasi pemasaran. Daftar lengkap judul dalam seri ini meliputi:

  • Apa itu komunikasi pemasaran (MarCom)? —menguraikan konsep komunikasi pemasaran dasar dan memberikan dasar untuk seri lainnya
  • Positioning — membahas seluk beluk dan pentingnya mengklaim posisi paling menarik di benak pelanggan Anda
  • Pesan pemasaran Anda —menyediakan kerangka kerja untuk merencanakan pesan pemasaran Anda di seluruh siklus hidup adopsi teknologi (TALC)
  • Komunikasi pemasaran untuk perusahaan rintisan teknologi —menjelaskan proses dan metode untuk mengembangkan pemasaran dari mulut ke mulut di pasar
  • Komunikasi pemasaran: Menjangkau pengguna awal produk teknologi — berfokus pada bagaimana (dan mengapa) Anda harus menyesuaikan pesan Anda untuk penggemar teknologi dan visioner
  • Komunikasi pasar yang berhasil melintasi Jurang dan di Arena Bowling —menjelaskan taktik yang akan membantu Anda melewati Jurang

Tujuan komunikasi pemasaran

Komunikasi pemasaran memiliki dua tujuan. Salah satunya adalah untuk menciptakan dan mempertahankan permintaan dan preferensi untuk produk. Yang lainnya adalah memperpendek siklus penjualan.

Membuat preferensi

Menciptakan preferensi seringkali merupakan upaya jangka panjang yang bertujuan menggunakan alat komunikasi untuk membantu memposisikan produk atau perusahaan Anda di benak pelanggan sasaran.

Positioning dan membangun merek membutuhkan waktu dan memerlukan konsistensi tertentu (tidak hanya dalam upaya komunikasi itu sendiri, tetapi juga dalam hal elemen inti dari produk , harga , dan distribusi ) dan oleh karena itu merupakan komitmen yang signifikan bagi perusahaan.

Ingat, menetapkan preferensi dengan membangun merek akan memengaruhi pangsa pasar, profitabilitas, dan bahkan akses Anda ke bakat—dan dengan demikian memberikan nilai jangka panjang bagi perusahaan.

 

MarCom

Post Views: 456

PIMPINAN PROGRAM STUDI


Dekan Fakultas ISIPOL
Dr. Effiati Juliana Hasibuan, M.Si



Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Dr. Nadra Ideyani Vita, M.Si



Wakil Dekan Bidang Inovasi, Kemahasiswaan dan Alumni
Dr. Dedi Sahputra, MA



Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi
Agnita Yolanda, B.Comm, M.Sc



Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi
Angga Tinova Yudha, M.I.Kom


INFO AKADEMIK

KAITAN UMA

Peta Lokasi

KAMPUS I
Jalan Kolam Nomor 1 Medan Estate / Jalan Gedung PBSI, Medan 20223
(061) 7360168, 7366878, 7364348. Call Canter : 0811-6013-888
(061) 7368012
univ_medanarea@uma.ac.id
KAMPUS II
Jalan Sei Serayu Nomor 70 A / Jalan Setia Budi Nomor 79 B, Medan 20112
(061) 8225602, 8201994 HP : 0811 607 259
(061) 8226331
isipol@uma.ac.id

STATISTIK PENGUNJUNG WEB

  • 7
  • 8,300
  • 1,743
  • 83,629
  • 3,298,650
  • 1,491,616
Copyright 2023 © by PDAI Universitas Medan Area
↑
↓