Dibagian pertama dari seri ini, Menguasai Dasar-dasar Komunikasi , saya membagikan strategi untuk meningkatkan cara Anda berkomunikasi. Di bagian dua, Cara Berkomunikasi Lebih Efektif di Tempat Kerja , saya membahas cara menerapkan teknik ini saat Anda berinteraksi dengan kolega dan penyelia di tempat kerja. Untuk bagian ketiga dan terakhir dari seri ini, saya memberi Anda tips berbicara di depan umum yang akan membantu mengurangi kecemasan Anda, menghilangkan mitos, dan meningkatkan kinerja Anda.
Inilah Tips Saya untuk Berbicara di Depan Umum:
1. Gugup Itu Normal. Berlatih dan Persiapkan!
Semua orang merasakan beberapa reaksi fisiologis seperti jantung berdebar dan tangan gemetar. Jangan mengasosiasikan perasaan ini dengan perasaan bahwa Anda akan berkinerja buruk atau mempermalukan diri sendiri. Beberapa saraf baik. Pacuan adrenalin yang membuat Anda berkeringat juga membuat Anda lebih waspada dan siap memberikan performa terbaik Anda.
Cara terbaik untuk mengatasi kecemasan adalah dengan mempersiapkan, mempersiapkan, dan mempersiapkan lagi. Luangkan waktu untuk memeriksa catatan Anda beberapa kali. Setelah Anda merasa nyaman dengan materinya, berlatihlah—banyak. Rekam video diri Anda, atau mintalah seorang teman untuk mengkritik penampilan Anda.
2. Kenali Audiens Anda. Pidato Anda Adalah Tentang Mereka, Bukan Anda.
Sebelum Anda mulai menyusun pesan Anda, pertimbangkan untuk siapa pesan itu ditujukan. Pelajari sebanyak mungkin tentang pendengar Anda. Ini akan membantu Anda menentukan pilihan kata, tingkat informasi, pola organisasi, dan pernyataan motivasi Anda.
3. Atur Materi Anda dengan Cara yang Paling Efektif untuk Mencapai Tujuan Anda.
Buat kerangka untuk pidato Anda. Tuliskan topik, tujuan umum, tujuan khusus, ide sentral, dan poin utama. Pastikan untuk menarik perhatian penonton dalam 30 detik pertama.
4. Perhatikan Umpan Balik dan Beradaptasi dengannya.
Tetap fokus pada penonton. Ukur reaksi mereka, sesuaikan pesan Anda, dan tetap fleksibel. Menyampaikan pidato kalengan akan menjamin bahwa Anda kehilangan perhatian atau membingungkan bahkan pendengar yang paling setia.
5. Biarkan Kepribadian Anda Muncul.
Jadilah diri sendiri, jangan menjadi kepala yang berbicara—dalam jenis komunikasi apa pun. Anda akan membangun kredibilitas yang lebih baik jika kepribadian Anda bersinar, dan audiens Anda akan mempercayai apa yang Anda katakan jika mereka dapat melihat Anda sebagai orang yang nyata.