Apa itu Humas?
Humas adalah proses komunikasi strategis yang digunakan perusahaan, individu, dan organisasi untuk membangun hubungan yang saling menguntungkan dengan publik.
Seorang spesialis hubungan masyarakat menyusun rencana komunikasi khusus dan menggunakan media dan media langsung dan tidak langsung lainnya untuk menciptakan dan mempertahankan citra merek yang positif dan hubungan yang kuat dengan audiens target.
Secara sederhana, hubungan masyarakat adalah proses strategis mengelola pelepasan dan penyebaran informasi terkait organisasi kepada publik untuk mempertahankan reputasi yang baik dari organisasi dan mereknya. Proses ini berfokus pada –
- Informasi apa yang harus dikeluarkan,
- Bagaimana seharusnya disusun,
- Bagaimana itu harus dirilis, dan
- Media apa yang harus digunakan untuk merilis informasi (biasanya media yang diperoleh atau gratis digunakan untuk hal yang sama).
Apa Tujuan Humas?
Tujuan utama humas adalah untuk menjaga reputasi positif merek dan menjaga hubungan strategis dengan publik, calon pelanggan, mitra, investor, karyawan, dan pemangku kepentingan lainnya yang mengarah pada citra positif merek dan membuatnya tampak jujur, sukses, penting, dan relevan.
Fungsi Humas
Hubungan masyarakat berbeda dengan periklanan . Agen hubungan masyarakat tidak membeli iklan, mereka tidak menulis cerita untuk reporter, dan mereka tidak fokus pada promosi berbayar yang menarik. Peran utama humas adalah mempromosikan merek dengan menggunakan konten editorial yang muncul di majalah, surat kabar, saluran berita, situs web, blog, dan program TV.
Menggunakan media yang diperoleh atau gratis untuk promosi memiliki keuntungan tersendiri karena informasi tentang media ini tidak dibeli. Ini memiliki validasi pihak ketiga dan karenanya tidak dipandang dengan skeptis oleh publik.
Fungsi manajer humas dan lembaga humas antara lain:
- Mengantisipasi, menganalisis, dan menafsirkan opini publik dan sikap publik terhadap merek dan menyusun strategi yang menggunakan media gratis atau yang diperoleh untuk mempengaruhi mereka.
- Menyusun strategi untuk mendukung setiap kampanye merek dan langkah baru melalui konten editorial.
- Menulis dan mendistribusikan siaran pers.
- Penulisan pidato.
- Merencanakan dan melaksanakan acara penjangkauan publik dan hubungan media khusus.
- Menulis konten untuk web (website internal dan eksternal).
- Mengembangkan strategi hubungan masyarakat krisis.
- Menangani kehadiran media sosial dari merek dan menanggapi ulasan publik di situs web media sosial.
- Memberikan konseling kepada karyawan organisasi sehubungan dengan kebijakan, tindakan, tanggung jawab organisasi dan tanggung jawab mereka.
- Berurusan dengan pemerintah dan lembaga legislatif atas nama organisasi.
- Berurusan dengan kelompok publik dan organisasi lain yang berkaitan dengan sosial dan kebijakan lain dari organisasi dan undang-undang pemerintah.
- Menangani hubungan investor.