Skip to content
Inovatif, Profesional dan Berkepribadian
facebook
youtube
instagram
EnglishIndonesian
Ilmu Komunikasi-Program studi terbaik di Sumatera Utara
Help Desk 081269419190
Email Support isipol@uma.ac.id
Location Jl. Kolam No. 1 Medan Estate
  • BERANDA
  • PROFIL
    • AKREDITASI
    • Fungsionaris
    • Struktur Organisasi
    • Visi & Misi
    • KERJASAMA
  • AKADEMIK
    • INFORMASI AKADEMIK
      • AKADEMIK ONLINE
      • E-LEARNING
      • Jurnal
      • Lapor AOC
      • Dosen Penasehat Akademik
    • JADWAL AKADEMIK
      • Jadwal Kuliah
      • JADWAL PRAKTIKUM
      • Jadwal Seminar Dan Sidang
      • Jadwal UTS
      • Jadwal UAS
      • Jadwal Semester Antara
      • Jadwal Wisuda
    • KALENDER AKADEMIK
    • Kurikulum
      • SEMESTER I
      • SEMESTER II
      • SEMESTER III
      • SEMESTER IV
      • SEMESTER V
      • SEMESTER VI
      • SEMESTER VII
      • SEMESTER VIII
  • AKTIVITAS PRODI
    • KEGIATAN PRODI
    • PRESTASI PRODI
  • MAHASISWA
    • BEASISWA
      • Beasiswa KIP – Kuliah
      • Beasiswa Bank Indonesia (BI)
      • Beasiswa UKT/SPP Mahasiwa
      • Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)
      • Beasiswa YPHAS (Rangking SLTA/Sederajat)
      • Beasiswa YPHAS (Bersaudara Kandung & Anak Dosen / Karyawan)
    • SISTEM INFORMASI
      • Data Mahasiswa
      • Blog Mahasiswa
      • Jurnal Mahasiswa
      • AOC
      • E-Learning
      • APIK
      • Kuota
      • OPAC
      • WEBMAIL
      • SiProdi
    • Prestasi Mahasiswa
  • DOSEN
    • Dosen Prodi
    • Blog Dosen
    • Aktivitas Dosen
    • Prestasi Dosen
    • Jurnal Dosen
    • AOC
    • RKTS
    • RPS
    • TKTD
    • E-Learning
    • OPAC UMA
    • WEBMAIL
  • ARSIP
    • Dokumen Prodi
    • Pengumuman
  • ALUMNI
    • TRACER STUDY
    • DATA ALUMNI
    • LAYANAN ALUMNI
  • LABORATORIUM
    • infomasi Laboratorium
    • Aplikasi Laboratorium
  • HUBUNGI KAMI

Prinsip untuk Membuat Rencana Hubungan Masyarakat yang Efektif

Home > Artikel > Prinsip untuk Membuat Rencana Hubungan Masyarakat yang Efektif

Prinsip untuk Membuat Rencana Hubungan Masyarakat yang Efektif

Posted on October 14, 2021 by fisipol
0

 

PR

Berikut adalah prinsip PR yang harus dipertimbangkan oleh setiap praktisi PR saat mereka menjalani proses menyusun rencana yang efektif.

1. Kenali audiens Anda.

Membangun fondasi yang didasarkan pada wawasan. Lakukan riset dan pastikan bahwa produk atau layanan apa pun yang Anda dukung, benar-benar memenuhi kebutuhan pelanggan. Apakah pelanggan Anda akan puas dengan apa yang mereka tawarkan? Jika tidak, suarakan kekhawatiran tersebut secara internal. Banyak kali praktisi PR dapat memberikan telinga yang paling dekat dengan pelanggan, mengingat akses mereka ke apa yang pers dan analis dengar dari pengguna akhir. Gunakan pengetahuan itu untuk mendukung pengembangan penawaran yang benar-benar akan menyenangkan pasar.

2. Jadilah pendongeng yang sabar.

Banyak kali merek dan bisnis menjadi cemas dan ingin menceritakan kisah mereka “sekarang”. Entah itu persepsi tentang momentum yang mungkin dimiliki pesaing atau kebutuhan untuk “menjadi bagian dari diskusi”, Anda dapat melakukan lebih banyak kerugian daripada kebaikan jika Anda keluar dengan rencana yang setengah matang. Luangkan waktu Anda dan jangan menyerah pada tekanan “melakukan sesuatu.” Ceritakan kisah yang tepat, pada waktu yang tepat, kepada orang yang tepat. 

3. Fokus pada hasil daripada aktivitas.

Navigasi dengan Bintang Utara. Apa tajuk utama, persepsi, dan tindakan yang ingin Anda lihat disampaikan melalui rencana Anda? Apa yang Anda ingin pembaca lihat/dengar/rasakan/lakukan? Coba dan selaraskan dengan rencana jangka panjang dan bekerja untuk menciptakan serangkaian hasil yang diinginkan dan momen penting dalam waktu yang menciptakan gelombang di atas riak. Alternatifnya, melakukan banyak aktivitas yang tidak selaras dengan strategi yang lebih luas, bukanlah penggunaan sumber daya Anda yang terbaik (juga bukan cara untuk membangun tim yang tahan lama).

4. Ketahui perbedaan antara cerita dan berita.

Ada perbedaan antara cerita dan berita. Cerita memiliki efek mengalir dan mempertahankan elemen yang diperlukan untuk mendorong keterlibatan pembaca. Kisah-kisah hebat dibagikan. Pengumuman berita cepat berlalu, dan yang terburuk, tidak konsisten dari waktu ke waktu. Pers mengerjakan pekerjaan rumah mereka dan sangat mudah bagi mereka untuk mengabaikan “rilis pers lain” sebagai kebisingan, versus sesuatu yang substansial yang perlu mereka minati, ikuti, dan bagikan dengan pembaca mereka.

5. Melampaui ruang gema.

Fokuskan perhatian Anda di luar tembok bisnis Anda. Jika Anda menghabiskan terlalu banyak waktu untuk “meminum Kool-Aid”, Anda akan kehilangan kesempatan untuk memahami sentimen pasar yang lebih luas. Jangan abaikan apa yang dilakukan pesaing. Tertarik untuk belajar dan membaca tentang orang lain. Apa yang mereka lakukan dengan baik? Di mana Anda bisa membedakan? Dengan mengetahui sebanyak mungkin tentang lingkungan yang lebih luas, rencana Anda akan lebih menyeluruh dan tepat.

Post Views: 317

PIMPINAN PROGRAM STUDI


Dekan Fakultas ISIPOL
Dr. Effiati Juliana Hasibuan, M.Si



Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Dr. Nadra Ideyani Vita, M.Si



Wakil Dekan Bidang Inovasi, Kemahasiswaan dan Alumni
Dr. Dedi Sahputra, MA



Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi
Agnita Yolanda, B.Comm, M.Sc



Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi
Angga Tinova Yudha, M.I.Kom


INFO AKADEMIK

KAITAN UMA

Peta Lokasi

KAMPUS I
Jalan Kolam Nomor 1 Medan Estate / Jalan Gedung PBSI, Medan 20223
(061) 7360168, 7366878, 7364348. Call Canter : 0811-6013-888
(061) 7368012
univ_medanarea@uma.ac.id
KAMPUS II
Jalan Sei Serayu Nomor 70 A / Jalan Setia Budi Nomor 79 B, Medan 20112
(061) 8225602, 8201994 HP : 0811 607 259
(061) 8226331
isipol@uma.ac.id

STATISTIK PENGUNJUNG WEB

  • 6
  • 8,559
  • 1,799
  • 83,888
  • 3,298,909
  • 1,491,672
Copyright 2023 © by PDAI Universitas Medan Area
↑
↓