Komunikasi pemasaran pada dasarnya merupakan bagian dari Bauran pemasaran. Bauran pemasaran mendefinisikan 4P pemasaran dan Promosi adalah semua tentang komunikasi pemasaran. Ini adalah pesan yang akan disampaikan organisasi Anda ke pasar Anda. Anda harus sangat khusus tentang berbagai pesan yang akan Anda sampaikan melalui media yang berbeda.
Pemasaran cetak tradisional adalah satu-satunya metode penyampaian pesan kepada konsumen. Namun, belakangan ini, email, sms, blog, televisi, dan situs web perusahaan telah menjadi cara yang trendi untuk menyampaikan pesan organisasi kepada konsumen. Namun penting bahwa pesan yang Anda berikan dalam satu media harus sesuai dengan pesan yang diberikan di media lain. Misalnya, Anda harus menggunakan logo yang sama di situs web Anda dengan yang Anda gunakan dalam pesan email Anda. Demikian pula, pesan televisi Anda harus menyampaikan pesan yang sama seperti blog dan situs web Anda.
Untuk alasan di atas, orang yang mengendalikan proses komunikasi pemasaran sangat penting bagi perusahaan. Para eksekutif ini menjadikannya sebagai proses komunikasi pemasaran terpadu. Anda sekarang akan mengerti mengapa harus ‘terintegrasi’. Pasalnya, pesan yang ingin disampaikan melalui media yang berbeda harus sama.
Sekarang mari kita lihat proses komunikasi pemasaran. Sangat penting untuk memiliki proses karena iklan Anda akan menuai manfaat yang tepat. Ada lelucon iklan lama “Saya tahu iklan saya berhasil, saya tidak tahu setengahnya.” Itu sebabnya jika proses komunikasi pemasaran menempatkan tab pada iklan karena perusahaan tidak tahan kehilangan dolar pada jenis iklan yang salah. Hal-hal harus didefinisikan dengan baik dan terintegrasi untuk mendapatkan pendapatan maksimal. Proses komunikasi pemasaran Anda akan terlihat seperti:

Prosesnya dimulai pada tahap pengembangan strategis. Anda mulai dengan membuat program komunikasi Bauran pemasaran. Pada titik ini, Anda memutuskan apa yang akan termasuk dalam braket iklan Anda. Pada tahap selanjutnya, Anda menangkap tanggapan konsumen Anda. Tanggapan ini kemudian dicatat dan dipelihara sebagai data iklan. Para eksekutif kemudian menganalisis dan mengevaluasi data yang dikumpulkan. Mereka menghasilkan semua laporan penting yang akan membantu mengalokasikan anggaran pemasaran dan komunikasi terpadu.
Komunikasi pemasaran terpadu adalah pendekatan berbasis data yang mengidentifikasi wawasan konsumen dan mengembangkan strategi dengan kombinasi yang tepat dari saluran offline dan online yang akan menghasilkan hubungan merek-konsumen yang lebih kuat. Ini telah tumbuh berlipat ganda dalam beberapa tahun terakhir karena beberapa pergeseran dalam industri periklanan dan media. Ini adalah alasan mengapa itu telah berkembang menjadi strategi utama bagi para pengembang. Beberapa contoh pergeseran adalah dari periklanan media ke berbagai bentuk komunikasi, dari periklanan fokus umum ke pemasaran berbasis data dan seterusnya.
Memilih elemen komunikasi yang paling penting sangat penting untuk keberhasilan bisnis perusahaan. Kampanye iklan harus efektif di semua platform. Setelah proses pemasaran terpadu ditetapkan, perusahaan dapat menuai banyak keuntungan darinya. Saat ini, ada perusahaan yang mengkhususkan diri dalam menciptakan proses komunikasi pemasaran untuk Anda.