Apa itu Komunikasi Pemasaran?
Komunikasi pemasaran adalah teknik yang digunakan perusahaan atau individu bisnis untuk menyampaikan pesan promosi tentang produk dan layanan mereka. Para ahli komunikasi pemasaran merancang berbagai jenis komunikasi persuasif dan mengirimkannya ke audiens sasaran.
Apa itu Alat Komunikasi Pemasaran?
Ada berbagai alat yang digunakan untuk menarik audiens target. Namun, alat mana yang akan digunakan bergantung pada berbagai faktor seperti lokasi geografis audiens target Anda, popularitas produk Anda, dll. Berikut ini adalah alat penting yang populer digunakan untuk komunikasi pemasaran
- pamflet
- Brosur
- Iklan
- Situs web
- Promosi dan Kampanye Penjualan
- Pameran
- Penjualan pribadi
- Jumpa pers
Mengapa Komunikasi Pemasaran Penting?
Satu-satunya tujuan komunikasi pemasaran adalah untuk meningkatkan volume penjualan melalui pesan-pesan yang persuasif, informatif, dan positif. Komunikasi pemasaran memberikan fakta baru melalui pesan yang mendorong tentang produk/jasa.
Komunikasi pemasaran dimaksudkan untuk menginformasikan dan membujuk audiens sasaran dan memperkuat kredibilitas pasar.
Proses Komunikasi Pemasaran
Komunikasi secara sederhana berarti menyampaikan informasi dari pengirim ke penerima. Namun dalam praktiknya, ini adalah proses kompleks yang melibatkan banyak faktor lain. Namun, Kotler telah memberikan salah satu model yang paling efektif untuk mendefinisikan proses komunikasi pemasaran
Tips Komunikasi Pemasaran yang Efektif
Berikut ini adalah poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan untuk komunikasi pemasaran yang efektif
- Pesan Persuasif Pelanggan yang berbeda memiliki persyaratan dan harapan yang berbeda; oleh karena itu, sangat penting untuk menyesuaikan pesan persuasif Anda.
- Desain Setiap media komunikasi (seperti majalah, koran, TV, media digital, atau brosur) memiliki desain dan persyaratannya sendiri. Oleh karena itu, Anda perlu merencanakan dan merancang pesan yang sesuai.
- Umpan Balik Harus mengumpulkan umpan balik dari audiens Anda; itu akan membantu Anda meningkatkan komunikasi pemasaran Anda.
Bauran Komunikasi Pemasaran
Secara umum, bauran komunikasi pemasaran adalah istilah terpadu yang mencakup penjualan pribadi, pemasaran tanggapan langsung, promosi penjualan, iklan media, dan hubungan masyarakat. Ini adalah alat yang terkait dengan kegiatan strategis untuk berkomunikasi dengan audiens target.
Tabel berikut mengilustrasikan platform umum bauran Komunikasi Pemasaran
Promosi penjualan | Penjualan pribadi | Iklan | Hubungan Masyarakat |
---|---|---|---|
Program | Rapat penjualan | Media cetak | Pidato |
Game, Kontes, Lotere, Kupon, dll | Presentasi Penjualan | Media elektronik, gambar bergerak | Siaran Pers, Seminar |
Hadiah, Pengambilan Sampel | Program insentif | Brosur, Buklet, Majalah, dll. | Sumbangan amal, Lobi |
Pameran, Pameran Dagang, Penawaran | Pameran, Pameran Dagang, Penawaran | Billboard, Pajangan, dll. | Sponsor |
Pembiayaan bunga rendah | Brosur, surat, dll. | Logo, Simbol, dll. | Publikasi, majalah Perusahaan, dll. |
Rabat | Belanja digital | Materi Audio & Video | Hubungan Masyarakat |
Hiburan | belanja TV | Tampilan titik pembelian | Acara |
Periksa kemajuanmu
- Apa itu komunikasi pemasaran?
- Mengapa komunikasi pemasaran penting?
- Mendefinisikan proses komunikasi pemasaran.
- Apa yang Anda pahami tentang komunikasi pemasaran yang efektif?
- Menjelaskan bauran komunikasi pemasaran.