Skip to content
Inovatif, Profesional dan Berkepribadian
facebook
youtube
instagram
EnglishIndonesian
Ilmu Komunikasi-Program studi terbaik di Sumatera Utara
Help Desk 081269419190
Email Support isipol@uma.ac.id
Location Jl. Kolam No. 1 Medan Estate
  • BERANDA
  • PROFIL
    • AKREDITASI
    • Fungsionaris
    • Struktur Organisasi
    • Visi & Misi
    • KERJASAMA
  • AKADEMIK
    • INFORMASI AKADEMIK
      • AKADEMIK ONLINE
      • E-LEARNING
      • Jurnal
      • Lapor AOC
      • Dosen Penasehat Akademik
    • JADWAL AKADEMIK
      • Jadwal Kuliah
      • JADWAL PRAKTIKUM
      • Jadwal Seminar Dan Sidang
      • Jadwal UTS
      • Jadwal UAS
      • Jadwal Semester Antara
      • Jadwal Wisuda
    • KALENDER AKADEMIK
    • Kurikulum
      • SEMESTER I
      • SEMESTER II
      • SEMESTER III
      • SEMESTER IV
      • SEMESTER V
      • SEMESTER VI
      • SEMESTER VII
      • SEMESTER VIII
  • AKTIVITAS PRODI
    • KEGIATAN PRODI
    • PRESTASI PRODI
  • MAHASISWA
    • BEASISWA
      • Beasiswa KIP – Kuliah
      • Beasiswa Bank Indonesia (BI)
      • Beasiswa UKT/SPP Mahasiwa
      • Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)
      • Beasiswa YPHAS (Rangking SLTA/Sederajat)
      • Beasiswa YPHAS (Bersaudara Kandung & Anak Dosen / Karyawan)
    • SISTEM INFORMASI
      • Data Mahasiswa
      • Blog Mahasiswa
      • Jurnal Mahasiswa
      • AOC
      • E-Learning
      • APIK
      • Kuota
      • OPAC
      • WEBMAIL
      • SiProdi
    • Prestasi Mahasiswa
  • DOSEN
    • Dosen Prodi
    • Blog Dosen
    • Aktivitas Dosen
    • Prestasi Dosen
    • Jurnal Dosen
    • AOC
    • RKTS
    • RPS
    • TKTD
    • E-Learning
    • OPAC UMA
    • WEBMAIL
  • ARSIP
    • Dokumen Prodi
    • Pengumuman
  • ALUMNI
    • TRACER STUDY
    • DATA ALUMNI
    • LAYANAN ALUMNI
  • LABORATORIUM
    • infomasi Laboratorium
    • Aplikasi Laboratorium
  • HUBUNGI KAMI

Komunikasi Pemasaran

Home > Artikel > Komunikasi Pemasaran

Komunikasi Pemasaran

Posted on October 28, 2021October 28, 2021 by fisipol
0

Apa itu Komunikasi Pemasaran?

Komunikasi pemasaran adalah teknik yang digunakan perusahaan atau individu bisnis untuk menyampaikan pesan promosi tentang produk dan layanan mereka. Para ahli komunikasi pemasaran merancang berbagai jenis komunikasi persuasif dan mengirimkannya ke audiens sasaran.

Apa itu Alat Komunikasi Pemasaran?

Ada berbagai alat yang digunakan untuk menarik audiens target. Namun, alat mana yang akan digunakan bergantung pada berbagai faktor seperti lokasi geografis audiens target Anda, popularitas produk Anda, dll. Berikut ini adalah alat penting yang populer digunakan untuk komunikasi pemasaran

  • pamflet
  • Brosur
  • Email
  • Iklan
  • Situs web
  • Promosi dan Kampanye Penjualan
  • Pameran
  • Penjualan pribadi
  • Jumpa pers

Mengapa Komunikasi Pemasaran Penting?

Satu-satunya tujuan komunikasi pemasaran adalah untuk meningkatkan volume penjualan melalui pesan-pesan yang persuasif, informatif, dan positif. Komunikasi pemasaran memberikan fakta baru melalui pesan yang mendorong tentang produk/jasa.

promosi

Komunikasi pemasaran dimaksudkan untuk menginformasikan dan membujuk audiens sasaran dan memperkuat kredibilitas pasar.

Proses Komunikasi Pemasaran

Komunikasi secara sederhana berarti menyampaikan informasi dari pengirim ke penerima. Namun dalam praktiknya, ini adalah proses kompleks yang melibatkan banyak faktor lain. Namun, Kotler telah memberikan salah satu model yang paling efektif untuk mendefinisikan proses komunikasi pemasaran

Tips Komunikasi Pemasaran yang Efektif

Berikut ini adalah poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan untuk komunikasi pemasaran yang efektif

  • Pesan Persuasif Pelanggan yang berbeda memiliki persyaratan dan harapan yang berbeda; oleh karena itu, sangat penting untuk menyesuaikan pesan persuasif Anda.
  • Desain Setiap media komunikasi (seperti majalah, koran, TV, media digital, atau brosur) memiliki desain dan persyaratannya sendiri. Oleh karena itu, Anda perlu merencanakan dan merancang pesan yang sesuai.
  • Umpan Balik Harus mengumpulkan umpan balik dari audiens Anda; itu akan membantu Anda meningkatkan komunikasi pemasaran Anda.

Bauran Komunikasi Pemasaran

Secara umum, bauran komunikasi pemasaran adalah istilah terpadu yang mencakup penjualan pribadi, pemasaran tanggapan langsung, promosi penjualan, iklan media, dan hubungan masyarakat. Ini adalah alat yang terkait dengan kegiatan strategis untuk berkomunikasi dengan audiens target.

Tabel berikut mengilustrasikan platform umum bauran Komunikasi Pemasaran

Promosi penjualan Penjualan pribadi Iklan Hubungan Masyarakat
Program Rapat penjualan Media cetak Pidato
Game, Kontes, Lotere, Kupon, dll Presentasi Penjualan Media elektronik, gambar bergerak Siaran Pers, Seminar
Hadiah, Pengambilan Sampel Program insentif Brosur, Buklet, Majalah, dll. Sumbangan amal, Lobi
Pameran, Pameran Dagang, Penawaran Pameran, Pameran Dagang, Penawaran Billboard, Pajangan, dll. Sponsor
Pembiayaan bunga rendah Brosur, surat, dll. Logo, Simbol, dll. Publikasi, majalah Perusahaan, dll.
Rabat Belanja digital Materi Audio & Video Hubungan Masyarakat
Hiburan belanja TV Tampilan titik pembelian Acara

Periksa kemajuanmu

  • Apa itu komunikasi pemasaran?
  • Mengapa komunikasi pemasaran penting?
  • Mendefinisikan proses komunikasi pemasaran.
  • Apa yang Anda pahami tentang komunikasi pemasaran yang efektif?
  • Menjelaskan bauran komunikasi pemasaran.
Post Views: 400

PIMPINAN PROGRAM STUDI


Dekan Fakultas ISIPOL
Dr. Effiati Juliana Hasibuan, M.Si



Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Dr. Nadra Ideyani Vita, M.Si



Wakil Dekan Bidang Inovasi, Kemahasiswaan dan Alumni
Dr. Dedi Sahputra, MA



Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi
Agnita Yolanda, B.Comm, M.Sc



Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi
Angga Tinova Yudha, M.I.Kom


INFO AKADEMIK

KAITAN UMA

Peta Lokasi

KAMPUS I
Jalan Kolam Nomor 1 Medan Estate / Jalan Gedung PBSI, Medan 20223
(061) 7360168, 7366878, 7364348. Call Canter : 0811-6013-888
(061) 7368012
univ_medanarea@uma.ac.id
KAMPUS II
Jalan Sei Serayu Nomor 70 A / Jalan Setia Budi Nomor 79 B, Medan 20112
(061) 8225602, 8201994 HP : 0811 607 259
(061) 8226331
isipol@uma.ac.id

STATISTIK PENGUNJUNG WEB

  • 5
  • 8,556
  • 1,797
  • 83,885
  • 3,298,906
  • 1,491,670
Copyright 2023 © by PDAI Universitas Medan Area
↑
↓