Skip to content
Inovatif, Profesional dan Berkepribadian
facebook
youtube
instagram
EnglishIndonesian
Ilmu Komunikasi-Program studi terbaik di Sumatera Utara
Help Desk 081269419190
Email Support isipol@uma.ac.id
Location Jl. Kolam No. 1 Medan Estate
  • BERANDA
  • PROFIL
    • AKREDITASI
    • Fungsionaris
    • Struktur Organisasi
    • Visi & Misi
    • KERJASAMA
  • AKADEMIK
    • INFORMASI AKADEMIK
      • AKADEMIK ONLINE
      • E-LEARNING
      • Jurnal
      • Lapor AOC
      • Dosen Penasehat Akademik
    • JADWAL AKADEMIK
      • Jadwal Kuliah
      • JADWAL PRAKTIKUM
      • Jadwal Seminar Dan Sidang
      • Jadwal UTS
      • Jadwal UAS
      • Jadwal Semester Antara
      • Jadwal Wisuda
    • KALENDER AKADEMIK
    • Kurikulum
      • SEMESTER I
      • SEMESTER II
      • SEMESTER III
      • SEMESTER IV
      • SEMESTER V
      • SEMESTER VI
      • SEMESTER VII
      • SEMESTER VIII
  • AKTIVITAS PRODI
    • KEGIATAN PRODI
    • PRESTASI PRODI
  • MAHASISWA
    • BEASISWA
      • Beasiswa KIP – Kuliah
      • Beasiswa Bank Indonesia (BI)
      • Beasiswa UKT/SPP Mahasiwa
      • Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)
      • Beasiswa YPHAS (Rangking SLTA/Sederajat)
      • Beasiswa YPHAS (Bersaudara Kandung & Anak Dosen / Karyawan)
    • SISTEM INFORMASI
      • Data Mahasiswa
      • Blog Mahasiswa
      • Jurnal Mahasiswa
      • AOC
      • E-Learning
      • APIK
      • Kuota
      • OPAC
      • WEBMAIL
      • SiProdi
    • Prestasi Mahasiswa
  • DOSEN
    • Dosen Prodi
    • Blog Dosen
    • Aktivitas Dosen
    • Prestasi Dosen
    • Jurnal Dosen
    • AOC
    • RKTS
    • RPS
    • TKTD
    • E-Learning
    • OPAC UMA
    • WEBMAIL
  • ARSIP
    • Dokumen Prodi
    • Pengumuman
  • ALUMNI
    • TRACER STUDY
    • DATA ALUMNI
    • LAYANAN ALUMNI
  • LABORATORIUM
    • infomasi Laboratorium
    • Aplikasi Laboratorium
  • HUBUNGI KAMI

Strategi Media dalam Periklanan

Home > Artikel > Strategi Media dalam Periklanan

Strategi Media dalam Periklanan

Posted on October 28, 2021 by fisipol
0

Setiap pekerjaan yang harus dilakukan memerlukan rencana tindakan agar pekerjaan dilakukan dengan cara yang diinginkan dan benar. Strategi Media memainkan peran yang sangat penting dalam Periklanan. Peran Strategi Media adalah untuk mengetahui jalur yang tepat untuk mentransfer atau mengatakan menyampaikan pesan kepada pelanggan yang ditargetkan.

Berapa banyak orang yang melihat atau mendengar atau membaca semua iklan atau penawaran promosi dan membeli produk atau layanan? Maksud dasar dari strategi media tidak hanya mendapatkan pelanggan untuk produk mereka tetapi juga menempatkan pesan yang tepat kepada orang yang tepat pada waktu yang tepat dan tentu saja pesan itu harus persuasif dan relevan. Jadi, di sini para perencana organisasi memutuskan Strategi Media yang akan digunakan tetapi selalu mempertimbangkan anggaran.

Proses Strategi Media memiliki tiga “ W ” yang harus diputuskan. Mereka

  • Di mana untuk beriklan?
  • Kapan beriklan?
  • Jenis media apa yang digunakan?

Dimana tempat untuk menampilkan atau menyampaikan iklan . Singkatnya itu berarti wilayah geografis dari mana harus terlihat oleh pelanggan yang menggunakan atau paling mungkin untuk menggunakan produk atau layanan yang ditawarkan. Tempat tersebut tidak hanya berarti TV atau radio tetapi juga dapat berupa surat kabar, blog, sponsorship, papan pengumuman di jalan raya, iklan film break di bioskop, dll. Area bervariasi dari satu tempat ke tempat lain seperti dapat secara nasional, negara bagian basis dan untuk merek lokal bisa berbasis kota.

Kapan waktu untuk menampilkan atau menjalankan iklan?. Misalnya, Anda tidak dapat menampilkan iklan jas hujan di musim dingin tetapi Anda harus menayangkan iklan segera setelah musim panas akan segera berakhir dan musim hujan akan segera dimulai. Iklan harus ditayangkan dengan waktu yang tepat ketika sebagian besar pelanggan ingin membeli produk. Perencana perlu merencanakannya dengan mempertimbangkan anggaran karena maksimal 20% dari pendapatan perusahaan dapat digunakan di bagian iklan. Produk yang berbeda memiliki lama waktu yang berbeda untuk iklan. Beberapa produk memerlukan iklan sepanjang tahun karena tidak ada hubungannya dengan variasi musiman misalnya hal-hal kecil seperti biskuit, sabun, pena, dll dan layanan besar seperti asuransi kendaraan, lemari es, dll. Beberapa produk membutuhkan tiga atau empat bulan. Misalnya payung, krim dingin, dll.Sehingga para perencana harus merencanakan anggaran sesuai dengan lamanya waktu agar tidak terjadi kekurangan uang sewaktu-waktu dalam proses ini.

Apa jenis media yang akan digunakan untuk menyampaikan pesan .

Pada dasarnya ada dua pendekatan media yang dapat dipilih.

  • Pendekatan Konsentrasi Media
  • Pendekatan Dispersi Media

Dalam pendekatan konsentrasi media, jumlah kategori media lebih sedikit. Uang yang dihabiskan untuk berkonsentrasi hanya pada beberapa jenis media, katakanlah dua atau tiga. Pendekatan ini umumnya digunakan untuk perusahaan yang tidak terlalu percaya diri dan harus berbagi tempat dengan pesaing lainnya. Mereka tidak ingin ada yang bingung dengan nama merek di sana, jadi ini adalah pendekatan paling aman karena pesan mencapai target konsumen.

Dalam pendekatan penyebaran media, ada lebih banyak kategori media yang digunakan untuk beriklan. Pendekatan ini dianggap dan dipraktikkan hanya oleh orang-orang yang tahu bahwa satu atau dua jenis media tidak akan mencapai target mereka. Mereka menempatkan iklan produk mereka dalam banyak kategori seperti TV, radio, internet, mendistribusikan pamflet, mengirim pesan ke ponsel, dll.

Pemilihan Kategori Mediaa

Kategori mana pun yang dipilih oleh perencana organisasi, mereka harus memilih mediaa yang tepat untuk menyampaikan pesan mereka.

Jika produk untuk banyak pelanggan maka pilihan media massa dapat dipilih seperti TV, radio atau koran. Contoh terbaik untuk jenis ini adalah iklan deterjen, minuman kesehatan anak-anak dan produk-produk utama yang biasa digunakan seperti sabun, sampo, pasta gigi, dll.

Jika perencana ingin mengubah pikiran orang yang melakukan window shopping atau hanya berbelanja demi nama, maka tipe point of purchase dapat dipilih oleh perusahaan. Ini membantu perusahaan untuk menjelaskan maksud mereka kepada pembeli dan meyakinkan pembeli untuk membeli produk mereka.

Jika perencana ingin menjual produk mereka secara satu per satu, maka opsi ketiga adalah tipe respons langsung. Di sini, orang-orang perusahaan langsung menghubungi pelanggan melalui email, pesan teks, panggilan telepon atau pertemuan untuk memberikan demo. Contoh terbaik dari jenis media ini adalah Life cell Cord Blood Banking. Mereka pergi ke pelanggan mereka, menjelaskan tentang semua ini dan mencoba meyakinkan mereka.

Post Views: 1,415

PIMPINAN PROGRAM STUDI


Dekan Fakultas ISIPOL
Dr. Effiati Juliana Hasibuan, M.Si



Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Dr. Nadra Ideyani Vita, M.Si



Wakil Dekan Bidang Inovasi, Kemahasiswaan dan Alumni
Dr. Dedi Sahputra, MA



Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi
Agnita Yolanda, B.Comm, M.Sc



Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi
Angga Tinova Yudha, M.I.Kom


INFO AKADEMIK

KAITAN UMA

Peta Lokasi

KAMPUS I
Jalan Kolam Nomor 1 Medan Estate / Jalan Gedung PBSI, Medan 20223
(061) 7360168, 7366878, 7364348. Call Canter : 0811-6013-888
(061) 7368012
univ_medanarea@uma.ac.id
KAMPUS II
Jalan Sei Serayu Nomor 70 A / Jalan Setia Budi Nomor 79 B, Medan 20112
(061) 8225602, 8201994 HP : 0811 607 259
(061) 8226331
isipol@uma.ac.id

STATISTIK PENGUNJUNG WEB

  • 7
  • 7,961
  • 1,668
  • 83,290
  • 3,298,311
  • 1,491,541
Copyright 2023 © by PDAI Universitas Medan Area
↑
↓