Apa itu Strategi?
Mendefinisikan strategi komunikasi pemasaran bukanlah tugas yang mudah karena tergantung pada variabel yang berbeda yang berbeda. Ini adalah perencanaan dan integrasi semua alat komunikasi untuk satu tujuan. Pada tahun 1997, Smith et al mendefinisikan strategi komunikasi pemasaran sebagai
“Pesan atau urutan pesan yang harus dibagikan dengan khalayak sasaran tertentu melalui bauran komunikasi yang optimal.”
Fitur Strategi Komunikasi Pemasaran
Sebelum Anda membuat strategi, Anda perlu mempertimbangkan tiga poin berikut yang disarankan oleh Micael Dahlen et al (2003)
- Target Audiens Siapa yang ingin kita jangkau
- Pesan Persuasif Apa yang ingin kita katakan kepada mereka
- Saluran Bagaimana kita akan mengatakannya
Proses Strategi Komunikasi Pemasaran
Untuk membuat strategi yang terencana dengan baik dan berorientasi pada hasil, Anda perlu mengikuti proses strategis. Diagram berikut menggambarkan komponen penting dari proses strategi komunikasi pemasaran
Perencanaan Komunikasi Pemasaran
Perencanaan dan strategi adalah istilah yang cukup membingungkan dan sering digunakan secara bergantian. Namun, perbedaan yang paling signifikan di antara keduanya adalah — perencanaan adalah masalah internal dan strategi adalah masalah eksternal perusahaan. Kedua, perencanaan mendukung strategi untuk dicapai. Diagram berikut menggambarkan Perencanaan Komunikasi Pemasaran
Perubahan Tren Komunikasi Pemasaran
Saat ini, tren periklanan dan komunikasi pemasaran telah berubah. Banyak perusahaan termasuk Adidas, Nike, Coca-Cola, dll., Lebih menekankan pada pemasaran digital.
Misalnya, sesuai laporan strategi kampanye baru Nike di masa depan adalah “Persaingan melalui Media Sosial.” Nike telah mengurangi anggaran pemasaran tradisionalnya sebesar 40%. Strategi barunya adalah membidik audiens kelompok usia 15-25 tahun melalui media sosial.
Contoh lainnya adalah Adidas. Strategi utama grup Adidas adalah
- Portofolio Merek yang Beragam
- Investasi Berfokus pada Pasar dan Saluran Berpotensi Tertinggi
- Menciptakan Rantai Pasokan yang Fleksibel
- Memimpin Melalui Inovasi
- Kembangkan Tim yang Berlandaskan Warisan kita
- Menjadi Perusahaan yang Berkelanjutan
Periksa kemajuanmu
- Apa perbedaan antara strategi dan perencanaan?
- Apa perbedaan antara strategi dan perencanaan?
- Mendefinisikan berbagai fitur perencanaan komunikasi pemasaran.
- Tentukan strategi baru merek besar.