Pesan pemasaran startup teknologi adalah instrumen utama untuk menjangkau target pelanggan Anda . Ini merupakan bagian dari proses komunikasi penting yang berubah tergantung pada tahap perusahaan dalam siklus hidup adopsi teknologi (TALC).
Bagaimana proses komunikasi bekerja
“Audiens” adalah pelanggan target Anda (yang akan bervariasi tergantung pada panggung Anda di TALC). Ketika sebuah perusahaan bergerak melalui TALC, kepentingan audiens mereka berubah dan dengan demikian komunikasi dan pesan perusahaan harus beradaptasi.
Pemirsa target mencakup baik skeptis (yang peduli dengan teknologi dan produk teknologi) dan generalis (yang peduli dengan pasar dan perusahaan). Minat mereka dapat ditampilkan sebagai domain nilai di Kompas Posisi Kompetitif yang digambarkan di bawah ini. Titik awal diskusi ini adalah bahwa semua audiens sasaran bersikap skeptis (sampai terbukti sebaliknya).
Ingatlah bahwa fakta bahwa pelanggan target Anda berusaha memecahkan masalah mereka berarti, sadar atau tidak, mereka mencari bukti bahwa masalah mereka memang dapat dipecahkan. Bukti ini, atau “bukti”, dapat mengambil banyak bentuk. Demo atau uji coba akan menarik bagi penggemar teknologi, sementara ulasan produk dan liputan pers perdagangan akan menarik para visioner, dan kepemimpinan pasar serta liputan pers di media industri akan menarik perhatian para pragmatis.
Tujuan dari pesan pemasaran
Tujuan dari “pesan” tersebut adalah untuk mengubah skeptis menjadi pendukung, dan untuk memperkuat posisi pendukung yang ada. Sangat penting bagi Anda untuk memahami apa yang dicari pelanggan potensial dalam komunikasi Anda.
Pelanggan target Anda memiliki pekerjaan yang harus dilakukan (yaitu, mencapai atau memecahkan sesuatu) dan ini menentukan kerangka berpikir mereka saat Anda mencoba berkomunikasi dengan mereka. Dalam istilah yang lebih sederhana, kerangka berpikir ini dapat digambarkan sebagai WIFM, atau “Apa untungnya bagi saya?”
Ini membantu untuk menyadari bahwa sebagai konsekuensi dari kelebihan informasi yang konstan dalam kehidupan kita sehari-hari, manusia telah mengembangkan kemampuan penyaringan bawah sadar yang kuat—ini mengarah pada pengabaian informasi yang tampaknya tidak relevan. Oleh karena itu, untuk menarik perhatian pelanggan Anda, Anda harus menyempurnakan pesan pemasaran Anda untuk memenuhi kebutuhan informasi mereka.
Pesan pemasaran Anda harus menunjukkan bagaimana Anda memecahkan masalah target pelanggan
Untuk perusahaan rintisan berteknologi tinggi, ada godaan untuk berbicara terlalu banyak tentang produk baru yang mengkilap daripada apa yang penting bagi pelanggan. Ingatlah bahwa siklus hidup adopsi teknologi dapat membantu Anda memahami motivasi utama untuk setiap segmen pasar; ini pada gilirannya memungkinkan Anda untuk memposisikan solusi Anda sebagai yang paling menarik bagi pelanggan sasaran.
Titik kritis bagi sebagian besar perusahaan rintisan teknologi tinggi tiba ketika mereka harus menyesuaikan pesan dan posisi mereka saat mereka bergerak dari Pasar Awal dan melintasi Jurang. Pada titik ini banyak perusahaan teknologi tampaknya lupa bahwa komunikasi mereka harus berubah dari tentang kecanggihan teknologi dan produk mereka menjadi menunjukkan bagaimana hal itu dapat memecahkan masalah bisnis yang menjadi perhatian para pragmatis.
Ingatlah bahwa para pragmatis tidak peduli dengan teknologi terbaru atau atribut produk Anda: mereka mencari cara yang paling hemat biaya untuk mengatasi masalah bisnis mereka. Mengabaikan fakta ini kemungkinan akan mencegah Anda melintasi Jurang dan memasuki pasar massal.
Pesan pemasaran Anda harus disampaikan melalui media yang tepat
Memberikan bukti dan pesan yang benar melalui media yang salah hanya mengakibatkan orang yang tepat tidak mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Berbagai macam media harus dipertimbangkan untuk setiap target pelanggan yang berbeda.