Komunikasi pemasaran (MarCom) adalah bagian mendasar dan kompleks dari upaya pemasaran perusahaan. Didefinisikan secara longgar, MarCom dapat digambarkan sebagai semua pesan dan media yang Anda gunakan untuk berkomunikasi dengan pasar.
Komunikasi pemasaran mencakup periklanan, pemasaran langsung, branding, pengemasan, kehadiran online Anda, materi cetak, aktivitas PR, presentasi penjualan, sponsor, penampilan pameran dagang, dan banyak lagi.
Kompleksitas topik MarCom membuatnya terlalu luas untuk dibahas dalam satu artikel. Artikel ini merupakan satu dari enam artikel yang membahas bidang komunikasi pemasaran. Daftar lengkap judul dalam seri ini meliputi:
- Apa itu komunikasi pemasaran? —menguraikan konsep komunikasi pemasaran dasar dan memberikan dasar untuk seri lainnya
- Positioning — membahas seluk beluk dan pentingnya mengklaim posisi paling menarik di benak pelanggan Anda
- Pesan pemasaran Anda —menyediakan kerangka kerja untuk merencanakan pesan pemasaran Anda di seluruh siklus hidup adopsi teknologi (TALC)
- Komunikasi pemasaran untuk perusahaan rintisan teknologi —menjelaskan proses dan metode untuk mengembangkan pemasaran dari mulut ke mulut di pasar
- Komunikasi pemasaran: Menjangkau pengguna awal produk teknologi — berfokus pada bagaimana (dan mengapa) Anda harus menyesuaikan pesan Anda untuk penggemar teknologi dan visioner
- Komunikasi pasar yang berhasil melintasi Jurang dan di Arena Bowling —menjelaskan taktik yang akan membantu Anda melewati Jurang
Secara umum, teknik komunikasi yang digunakan untuk memperpendek siklus penjualan pada dasarnya lebih taktis daripada yang digunakan dalam membangun merek. Namun demikian, strategi Anda untuk mencapai dua tujuan MarCom harus seimbang, atau legitimasi rencana Anda akan dipertanyakan jika satu tujuan diprioritaskan di atas yang lain. Anda harus memiliki kolaborasi yang erat dengan penjualan dan mitra saluran yang berhubungan dengan pelanggan untuk mendapatkan keseimbangan ini dengan benar