Skip to content
Inovatif, Profesional dan Berkepribadian
facebook
youtube
instagram
EnglishIndonesian
Ilmu Komunikasi-Program studi terbaik di Sumatera Utara
Help Desk 081269419190
Email Support isipol@uma.ac.id
Location Jl. Kolam No. 1 Medan Estate
  • BERANDA
  • PROFIL
    • AKREDITASI
    • Fungsionaris
    • Struktur Organisasi
    • Visi & Misi
    • KERJASAMA
  • AKADEMIK
    • INFORMASI AKADEMIK
      • AKADEMIK ONLINE
      • E-LEARNING
      • Jurnal
      • Lapor AOC
      • Dosen Penasehat Akademik
    • JADWAL AKADEMIK
      • Jadwal Kuliah
      • JADWAL PRAKTIKUM
      • Jadwal Seminar Dan Sidang
      • Jadwal UTS
      • Jadwal UAS
      • Jadwal Semester Antara
      • Jadwal Wisuda
    • KALENDER AKADEMIK
    • Kurikulum
      • SEMESTER I
      • SEMESTER II
      • SEMESTER III
      • SEMESTER IV
      • SEMESTER V
      • SEMESTER VI
      • SEMESTER VII
      • SEMESTER VIII
  • AKTIVITAS PRODI
    • KEGIATAN PRODI
    • PRESTASI PRODI
  • MAHASISWA
    • BEASISWA
      • Beasiswa KIP – Kuliah
      • Beasiswa Bank Indonesia (BI)
      • Beasiswa UKT/SPP Mahasiwa
      • Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)
      • Beasiswa YPHAS (Rangking SLTA/Sederajat)
      • Beasiswa YPHAS (Bersaudara Kandung & Anak Dosen / Karyawan)
    • SISTEM INFORMASI
      • Data Mahasiswa
      • Blog Mahasiswa
      • Jurnal Mahasiswa
      • AOC
      • E-Learning
      • APIK
      • Kuota
      • OPAC
      • WEBMAIL
      • SiProdi
    • Prestasi Mahasiswa
  • DOSEN
    • Dosen Prodi
    • Blog Dosen
    • Aktivitas Dosen
    • Prestasi Dosen
    • Jurnal Dosen
    • AOC
    • RKTS
    • RPS
    • TKTD
    • E-Learning
    • OPAC UMA
    • WEBMAIL
  • ARSIP
    • Dokumen Prodi
    • Pengumuman
  • ALUMNI
    • TRACER STUDY
    • DATA ALUMNI
    • LAYANAN ALUMNI
  • LABORATORIUM
    • infomasi Laboratorium
    • Aplikasi Laboratorium
  • HUBUNGI KAMI

kiprah penting Komunikator pada Masa Krisis

Home > Artikel > kiprah penting Komunikator pada Masa Krisis

kiprah penting Komunikator pada Masa Krisis

Posted on November 30, 2021 by fisipol
0

komunikasi ketika masa krisis ialah bagian penting bagi seorang komunikator secara holistik untuk mengatasi kesenjangan informasi, khususnya tentang Covid 19.
Komunikasi ialah perjuangan yang sulit bahkan ketika tidak pada kondisi krisis. menjadi seorang komunikator yang baik perlu fokus, memiliki persiapan serta keterampilan mendengar, dan pula bisa melihat berasal sudut pandang audiens. kepercayaan dan kredibilitas komunikator adalah kunci berasal komunikasi yg efektif.
buat menciptakan agama tersebut, komunikator wajib perduli(simpatik), dapat tahu(empati), serta amanah dan terbuka. Kala menampilkan komitmen serta dedikasi dan membagikan kompetensi serta keahilan, maka akan diklaim menjadi asal yang andal. Komunikator yang baik dapat sebagai juru bicara yang besar , terutama selama masa krisis.
tahu kebutuhan informasi asal audiens akan membantu menjalankan respon komunikasi yang efektif. Komunikator profesional akan mengidentifikasi atau menargetkan audirns sebelum mulai memberikan gosip. sasaran audiens artinya grup yang diinginkan atau diharapkan buat dicapai. sehabis mengidentifikasikan audiens menjadi sasaran, komunikator perlu memilih bagaimana cara menjangkau mereka.
memakai media massa ialah hal yg wajib dioptimalkan guna menyebarluaskan berita yang krusial. Institusi media intinya memperhatikan produksi serta distribusi ‘pengetahuan’ dalam pengertian paling luas. Pengetahuan itu memungkikan kita bisa memahami ‘pengalaman kita’ akan global sosial. Selain itu, media pada skala yg luas akan bekerja buat menghasilkan persepsi dan definisi yg kita ingin kan wacana empiris sosial, serta ialah sumber utama baku, nilai, serta moral
tetapi, wajib menjadi perhatian pula terkait bagaimana menjangkau orang yg tak mempunyai akses ke media massa, ponsel, serta internet. Jika mengunjungi tempat tinggal mereka, dapat membentuk risalah ataupun spanduk serta baliho. Bertemu dengan beberapa pemimpin atau tokoh warga yang nantinya akan membantu menyebarkan pesan.
memahami apa yg audiens perdulikan akan membantu menghasilkan pesan yg jelas serta strategis. menjadi pejabat negara, tentunya memiliki pemahaman tentang syarat masyarakatnya. Jika mereka merasa tidak didengar, mereka tak akan mendengarkan kita. oleh sebab itu, krusial buat kita tidak menghasilkan asumsi wacana apa yg orang memahami, atau pikirkan, atau ingin lakukan karena berisiko mengancam kesehatan serta keselamatan.
Hal yang dibutuhkan oleh para komunikator ketika terjadi krisis bukanlah penanganan yang terlah bersiklus sebelumnya, melainkan sikap serta pola pikir yg dapat mencegah reaksi yg berlebihan terhadap krisis serta bagaimana menghadapi tantangan kededepan.
Luangkan saat buat mendengar serta mencari tahu apa yg dipikirkan masyarakat mampu melalui wawancara, diskusi, gerombolan penasehat, nomor telepon bebas pulsa, atau survei. Berkolaborasi dengan sukarelawan, komunitas grup kepercayaan bahkan remaja artinya audiens yang krusial, jadi pastikan untuk mendengarkan para pemimpin mereka. mempunyai kontak akan sangat membantu apabila diperlukan jaringan komunikasi mereka.
Adapun target audiens dapat mencakup tenaga kerja formal serta informal, kelompok eksekutif atau pemimpin bisnis, energi kesehatan, ibu tempat tinggal tangga, serta lainnya. memahami sasaran audiens serta keprihatinannya tentang apa yang pertama kali ingin diketahui sang warga , media, atau pemangku kepentingan lainnya, seperti usaha, LSM, organisasi keagamaan, Bila terjadi krisis?
buat gerombolan rakyat umumnya pertanyaan yang seringkali ada antara lain apakah aku aman? Apakah famili aku safety? Apa yg sudah ditemukan yg bisa memengaruhi saya? Apa yg dapat saya lakukan buat melindungi diri dan keluarga saya? Siapa/apa yang mengakibatkan ini? Dapatkah diperbaiki?
buat gerombolan media, apa yg terjadi? Apakah sudah diatasi? Siapa yang bertanggung jawab? Apakah orang membutuhkan dibantu? Apa yg bisa diperlukan? Apa yg harus kita lakukan? buat gerombolan pemangku kepentingan lainnya, bagaimana grup aku akan terpengaruh?
asal daya apa yang akan kita miliki buat memobilisasi serta menjamin keselamatan anggota kita? Apa peran yg bisa diberikan serta bagaimana pengaruhnya terhadap gerombolan kami? Ini artinya beberapa studi kasus buat mencari masukan berasal yg mewakili khalayak yg tidak selaras.
Pastikan selalu agar mereka dapat tetap up to date pada perubahan, kebutuhan isu, serta prioritas grup mereka. Berkoordinasi serta berkolaborasi dengan sumber kredibel lainnya akan membantu mendapatkan pesan kunci dengan efektivitas lebih besar . misalnya, pertimbangkan buat melibatkan perwakilan dari gerombolan mirip pemuda, agama, tenaga kerja, usaha, dan rakyat norma.
Selalu waspada terhadap pertimbangan sosial, budaya, ekonomi, atau politik yang lebih luas yg bisa menghipnotis komunikasi dengan audiens. Identifikasi audiens dan cobalah menempatkan diri pada daerah mereka.Selama krisis serta keadaan darurat, keprihatinan utama audiens artinya wacana kesehatan serta keselamatan fisik, akses terhadap kuliner dan layanan krusial, kemampuan buat pergi bekerja dan mempunyai relatif uang.
Kekhawatiran publik harus selalu diatasi ketika menyebarkan tujuan komunikasi dan pesan primer. contohnya, memastikan bahwa masyarakat mempunyai cukup kuliner, air, serta perawatan medis, mencegah kepanikan publik ketika ada kematian yang tinggi, menghasilkan beberapa pesan penting berulang-ulang contohnya jaga jarak, seringkali mencuci tangan, orang yg sakit wajib tinggal pada tempat tinggal dan tidak pulang bekerja ataupun bersekolah.

Post Views: 269

PIMPINAN PROGRAM STUDI


Dekan Fakultas ISIPOL
Dr. Effiati Juliana Hasibuan, M.Si



Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Dr. Nadra Ideyani Vita, M.Si



Wakil Dekan Bidang Inovasi, Kemahasiswaan dan Alumni
Dr. Dedi Sahputra, MA



Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi
Agnita Yolanda, B.Comm, M.Sc



Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi
Angga Tinova Yudha, M.I.Kom


INFO AKADEMIK

KAITAN UMA

Peta Lokasi

KAMPUS I
Jalan Kolam Nomor 1 Medan Estate / Jalan Gedung PBSI, Medan 20223
(061) 7360168, 7366878, 7364348. Call Canter : 0811-6013-888
(061) 7368012
univ_medanarea@uma.ac.id
KAMPUS II
Jalan Sei Serayu Nomor 70 A / Jalan Setia Budi Nomor 79 B, Medan 20112
(061) 8225602, 8201994 HP : 0811 607 259
(061) 8226331
isipol@uma.ac.id

STATISTIK PENGUNJUNG WEB

  • 2
  • 6,216
  • 1,241
  • 84,680
  • 3,286,234
  • 1,488,941
Copyright 2023 © by PDAI Universitas Medan Area
↑
↓