Skip to content
Inovatif, Profesional dan Berkepribadian
facebook
youtube
instagram
EnglishIndonesian
Ilmu Komunikasi-Program studi terbaik di Sumatera Utara
Help Desk 081269419190
Email Support isipol@uma.ac.id
Location Jl. Kolam No. 1 Medan Estate
  • BERANDA
  • PROFIL
    • AKREDITASI
    • Fungsionaris
    • Struktur Organisasi
    • Visi & Misi
    • KERJASAMA
  • AKADEMIK
    • INFORMASI AKADEMIK
      • AKADEMIK ONLINE
      • E-LEARNING
      • Jurnal
      • Lapor AOC
      • Dosen Penasehat Akademik
    • JADWAL AKADEMIK
      • Jadwal Kuliah
      • JADWAL PRAKTIKUM
      • Jadwal Seminar Dan Sidang
      • Jadwal UTS
      • Jadwal UAS
      • Jadwal Semester Antara
      • Jadwal Wisuda
    • KALENDER AKADEMIK
    • Kurikulum
      • SEMESTER I
      • SEMESTER II
      • SEMESTER III
      • SEMESTER IV
      • SEMESTER V
      • SEMESTER VI
      • SEMESTER VII
      • SEMESTER VIII
  • AKTIVITAS PRODI
    • KEGIATAN PRODI
    • PRESTASI PRODI
  • MAHASISWA
    • BEASISWA
      • Beasiswa KIP – Kuliah
      • Beasiswa Bank Indonesia (BI)
      • Beasiswa UKT/SPP Mahasiwa
      • Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)
      • Beasiswa YPHAS (Rangking SLTA/Sederajat)
      • Beasiswa YPHAS (Bersaudara Kandung & Anak Dosen / Karyawan)
    • SISTEM INFORMASI
      • Data Mahasiswa
      • Blog Mahasiswa
      • Jurnal Mahasiswa
      • AOC
      • E-Learning
      • APIK
      • Kuota
      • OPAC
      • WEBMAIL
      • SiProdi
    • Prestasi Mahasiswa
  • DOSEN
    • Dosen Prodi
    • Blog Dosen
    • Aktivitas Dosen
    • Prestasi Dosen
    • Jurnal Dosen
    • AOC
    • RKTS
    • RPS
    • TKTD
    • E-Learning
    • OPAC UMA
    • WEBMAIL
  • ARSIP
    • Dokumen Prodi
    • Pengumuman
  • ALUMNI
    • TRACER STUDY
    • DATA ALUMNI
    • LAYANAN ALUMNI
  • LABORATORIUM
    • infomasi Laboratorium
    • Aplikasi Laboratorium
  • HUBUNGI KAMI

Mengenal Lebih Dekat Corporate Social Responsibility

Home > Artikel > Mengenal Lebih Dekat Corporate Social Responsibility

Mengenal Lebih Dekat Corporate Social Responsibility

Posted on January 6, 2022January 6, 2022 by fisipol
0

Secara awam Public Relations dapat diartikan sebagai penyambung lidah perusahaannya dalam hal mengadakan korelasi timbal kembali menggunakan pihak luar dan pada perusahaan.

Corporate Social Responsibility bukanlah hal yang asing. umumnya perusahaan melakukan CSR menjadi bentuk tanggung jawab sosial mereka kepada stakeholder. namun, apakah pembaca sudah mengetahui apa itu CSR? Artikel ini akan mencoba membantu pembaca buat mengenali CSR.

Konsep keberlanjutan pada CSR

John Elkington (1994) pada bukunya berjudul Cannibals with Forks: the Triple Bottom Line of 21st Century Business mencetuskan konsep profit, planet, dan people pada CSR. Konsep ini menekankan di keberlanjutan. Ketiga konsep itu diturunkan sebagai berikut:

1. Profit: tanggung jawab perusahaan kepada shareholder
2. Planet: tanggung jawab perusahaan di keberlanjutan daya dukung alam
3. People: tanggung jawab perusahaan pada stakeholder

ad interim irisan dari ketiganya menjadi berikut:

1. Profit, people, and planet: berkomitmen pada pembangunan berkelanjutan dengan integrasi pengembangan sosial dan lingkungan
2. Profit and people: tanggung jawab perusahaan pada peningkatan nilai perusahaan baik secara sdm maupun produk yg dihasilkan
3. Planet and people: tanggung jawab perusahaan di daya stakeholder untuk memelihara lingkungan
4. Profit and planet: efisiensi pemanfaatan SDA

pedoman pelaksanaan CSR

International Organization for Standardization (ISO) mengeluarkan panduan serta standarisasi CSR melalui ISO 26000:2010 Guidance Standard on Social Responsibility. Perusahaan pada semua global dapat mengacu pada pedoman ini ketika melakukan CSR. ISO menjelaskan 2 praktik dasar berasal CSR yaitu identifikasi stakeholder serta keterlibatannya serta pengakuan tanggung jawab sosial sang perusahaan. ISO 26000:2010 jua meliputi tujuh gosip utama CSR yaitu:

1. Hak asasi insan
2. berita konsumen
3. info lingkungan
4. Ketenagakerjaan
5. Pengembangan rakyat
6. Praktik kegiatan perusahaan yg sehat

keuntungan

terdapat beberapa laba yang didapatkan perusahaan waktu menerapkan ISO 26000:2010 saat melakukan CSR, yaitu:

menaikkan reputasi perusahaan karena menerapkan standar dan pedoman internasional
Kemampuan untuk menarik serta mempertahankan pekerja, pelanggan, klien, dan pengguna dengan penerapan tujuh informasi pokok
Pemeliharaan moral, komitmen, dan produktivitas karyawan
Persepsi baik berasal investor, pemilik perusahaan, donor, serta sponsor
hubungan baik dengan perusahaan, pemerintah, media, pemasok, mitra, pelanggan, serta komunitas dimana perusahaan beroperasi

sudah seharusnya perusahaan menerapkan prinsip CSR yg berkelanjutan dan sesuai menggunakan pedoman internasional buat menciptakan ekosistem yang kondusif serta saling menguntungkan. di akhirnya, penerapan CSR akan saling mensugesti satu sama lain seperti cycle sebagai akibatnya perusahaan wajib memastikan setiap aspek CSR terlaksana dengan baik,

Post Views: 146

PIMPINAN PROGRAM STUDI


Dekan Fakultas ISIPOL
Dr. Effiati Juliana Hasibuan, M.Si



Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Dr. Nadra Ideyani Vita, M.Si



Wakil Dekan Bidang Inovasi, Kemahasiswaan dan Alumni
Dr. Dedi Sahputra, MA



Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi
Agnita Yolanda, B.Comm, M.Sc



Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi
Angga Tinova Yudha, M.I.Kom


INFO AKADEMIK

KAITAN UMA

Peta Lokasi

KAMPUS I
Jalan Kolam Nomor 1 Medan Estate / Jalan Gedung PBSI, Medan 20223
(061) 7360168, 7366878, 7364348. Call Canter : 0811-6013-888
(061) 7368012
univ_medanarea@uma.ac.id
KAMPUS II
Jalan Sei Serayu Nomor 70 A / Jalan Setia Budi Nomor 79 B, Medan 20112
(061) 8225602, 8201994 HP : 0811 607 259
(061) 8226331
isipol@uma.ac.id

STATISTIK PENGUNJUNG WEB

  • 8
  • 8,776
  • 1,844
  • 84,105
  • 3,299,126
  • 1,491,717
Copyright 2023 © by PDAI Universitas Medan Area
↑
↓