Komunikasi publik menunjukkan proses komunikasi kepada khalayak luas. keliru satu ciri komunikasi publik merupakan isi pesan yg disampaikan dalam proses komunikasi ini sudah direncanakan terlebih dahulu.
terdapat beberapa pihak yang berkata bahwa komunikasi publik termasuk komunikasi massa, Bila ditinjau berasal sifat pesannya yang terbuka.
tetapi pada beberapa hal, komunikasi publik acapkali digolongkan pada komunikasi kelompok, sebab pesannya hanya ditujukan ke beberapa pihak tertentu. misalnya program pengarahan, diskusi panel, seminar, dan kedap anggota.
Pengertian komunikasi publik
Dikutip asal buku Etika Komunikasi Organisasi: Filosofi, Konsep, dan software (2018) karya Rusdiana, komunikasi publik ialah proses komunikasi pada mana pesan disampaikan oleh komunikator kepada khalayak yg lebih akbar atau warga pada situasi tatap muka.
Komunikasi publik juga mampu diartikan menjadi proses pertukaran pesan secara tatap muka atau lewat media, mirip radio, televisi, media daring, media luar ruang, dan sebagainya.
karakteristik komunikasi publik
karakteristik komunikasi publik dari Hafied Cangara pada buku Pengantar Ilmu Komunikasi (2016), keliru satu karakteristik komunikasi publik merupakan penyampaian pesan dilakukan secara konstan atau berkelanjutan.
karakteristik lain berasal komunikasi publik artinya pesan yg disampaikan tidak berlangsung spontan, melainkan terpola serta dipersiapkan lebih awal.
Melansir berasal buku Ilmu Komunikasi: Sebuah Pengantar (2020) karya Bonaraja Purba, dkk, berikut beberapa karakteristik komunikasi publik:
- biasanya ditemui pada banyak sekali aktivitas, seperti kuliah awam, kedap akbar, khotbah, ceramah, serta lainnya.
- Komunikator atau pembicara serta komunikan atau pendengarnya bisa diidentifikasi.
- interaksi antara komunikator serta komunikan sangat terbatas, sehingga umpan baliknya pun juga bersifat terbatas. tidak jarang pula, komunikator tidak bisa mengidentifikasi satu per satu komunikannya.
- Pesan yg disampaikan sifatnya impersonal (tidak bersifat eksklusif).
- Komunikan atau pendengarnya adalah sejumlah besar orang yang anonim dan heterogen.
- sumber komunikasi (komunikator) mengendalikan pesan yg dibuat serta disebarkannya.
- Akses asal sumber terhadap penerima (komunikan) bisa pribadi serta simpel. kebalikannya, akses penerima terhadap sumber sulit terwujud.