Skip to content
Inovatif, Profesional dan Berkepribadian
facebook
youtube
instagram
EnglishIndonesian
Ilmu Komunikasi-Program studi terbaik di Sumatera Utara
Help Desk 081269419190
Email Support isipol@uma.ac.id
Location Jl. Kolam No. 1 Medan Estate
  • BERANDA
  • PROFIL
    • AKREDITASI
    • Fungsionaris
    • Struktur Organisasi
    • Visi & Misi
    • KERJASAMA
  • AKADEMIK
    • INFORMASI AKADEMIK
      • AKADEMIK ONLINE
      • E-LEARNING
      • Jurnal
      • Lapor AOC
      • Dosen Penasehat Akademik
    • JADWAL AKADEMIK
      • Jadwal Kuliah
      • JADWAL PRAKTIKUM
      • Jadwal Seminar Dan Sidang
      • Jadwal UTS
      • Jadwal UAS
      • Jadwal Semester Antara
      • Jadwal Wisuda
    • KALENDER AKADEMIK
    • Kurikulum
      • SEMESTER I
      • SEMESTER II
      • SEMESTER III
      • SEMESTER IV
      • SEMESTER V
      • SEMESTER VI
      • SEMESTER VII
      • SEMESTER VIII
  • AKTIVITAS PRODI
    • KEGIATAN PRODI
    • PRESTASI PRODI
  • MAHASISWA
    • BEASISWA
      • Beasiswa KIP – Kuliah
      • Beasiswa Bank Indonesia (BI)
      • Beasiswa UKT/SPP Mahasiwa
      • Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)
      • Beasiswa YPHAS (Rangking SLTA/Sederajat)
      • Beasiswa YPHAS (Bersaudara Kandung & Anak Dosen / Karyawan)
    • SISTEM INFORMASI
      • Data Mahasiswa
      • Blog Mahasiswa
      • Jurnal Mahasiswa
      • AOC
      • E-Learning
      • APIK
      • Kuota
      • OPAC
      • WEBMAIL
      • SiProdi
    • Prestasi Mahasiswa
  • DOSEN
    • Dosen Prodi
    • Blog Dosen
    • Aktivitas Dosen
    • Prestasi Dosen
    • Jurnal Dosen
    • AOC
    • RKTS
    • RPS
    • TKTD
    • E-Learning
    • OPAC UMA
    • WEBMAIL
  • ARSIP
    • Dokumen Prodi
    • Pengumuman
  • ALUMNI
    • TRACER STUDY
    • DATA ALUMNI
    • LAYANAN ALUMNI
  • LABORATORIUM
    • infomasi Laboratorium
    • Aplikasi Laboratorium
  • HUBUNGI KAMI

Prinsip-Prinsip Dasar Menjadi Seorang Komunikator

Home > Artikel > Prinsip-Prinsip Dasar Menjadi Seorang Komunikator

Prinsip-Prinsip Dasar Menjadi Seorang Komunikator

Posted on February 3, 2022 by fisipol
0

Berkomunikasi ialah aktivitas yang esensial pada kehidupan manusia. Bahkan, komunikasi adalah hal paling pertama yang kita pelajari serta lakukan begitu kita terlahir pada dunia. Bayi menggunakan tangisan sebagai cara berkomunikasi, seiring berjalannya ketika setiap berasal kita akhirnya belajar buat memakai bahasa tubuh, bahasa lisan, tulisan dan kini gambar (ex: emoji, sticker LINE, emoticon) menjadi cara kita buat saling berkomunikasi.
Walau komunikasi merupakan hal yg sudah kita pelajari sejak kita lahir, tidak semua orang menjadi komunikator yang baik. pada artikel yang aku tulis sebelumnya, saya telah menunjukkan bagaimana kemampuan berkomunikasi yang baik menjadi galat satu kemampuan yang paling langka dan paling dipertimbangkan oleh perusahaan-perusahaan pada proses penerimaan karyawan. Selain itu, berkomunikasi pada depan sebuah grup, pada sebuah survei yg dilakukan oleh The People’s Almanac Book, ialah hal yang paling ditakuti sang lebih banyak didominasi insan.

Kebanyakan ketakutan pada berkomunikasi dikarenakan ketidak percayaan diri yg dimiliki seseorang akan kemampuannya berkomunikasi, dan galat satu solusi buat menghilangkan rasa takut artinya menggunakan belajar buat menaikkan kemampuan komunikasi kita masing masing. Larry King dalam bukunya “How to Talk to Anyone, Anytime, Anywhere” berusaha membagikan kepada kita beberapa prinsip dasar yg bisa kita terapkan buat membantu kita sebagai komunikator yg baik, beberapa antara lain ialah;

1. Kejujuran

menurut Larry King, kejujuran menjadi sangat penting buat menjadi komunikator yang baik. karena komunikasi ialah perihal memberikan pesan, dan komunikator yang baik artinya komunikator yang menyampaikan pesan menggunakan kentara bisa diterima dan dimengerti oleh orang-orang yang menonton atau mendengarkan. sehingga berkata jujur wacana apa yg kita alami serta apa yg ketika itu kita rasakan akan membantu para pendengar dan penonton anda buat bersimpati dan mencicipi ketulusan anda –dan itu artinya hal yg tidak bisa anda dapatkan dengan berbohong.

2. sikap yang Baik

menjadi komunikator yang baik membutuhkan sikap dan cara pandang yg sinkron dan baik. Setiap dari kita wajib melihat bahwa komunikasi yang baik adalah sesuatu yg bisa dipelajari, serta memerlukan latihan yang terus menerus buat sebagai komunikator yg lebih baik dari hari ke hari. cita-cita buat memaksa diri berbicara pada hadapan orang poly walau masih merasa takut atau ragu sangat diharapkan buat memupuk agama diri dan menaikkan kemampuan berkomunikasi. ada aneka macam macam cara yang mampu dilakukan buat menaikkan kemampuan berkomunikasi, mampu dengan membaca kitab atau melhat video ihwal ilmu ilmu komunikasi, ataupun bicara menggunakan diri sendiri dikaca, atau berbicara menggunakan peliharaan kita menjadi latihan awal buat memupuk rasa percaya diri kita.

3. sebagai Pendengar yg Baik

salah satu kesamaan yang dimiliki oleh banyak pembicara hebat merupakan mereka juga memiliki kemampuan mendengarkan yang hebat. Komunikator yang baik merupakan komunikator yang juga menunjukkan ketertarikan menggunakan apa yang dibicarakan sang versus bicaranya. dialog ialah hal yang dilakukan 2 arah, sebagai akibatnya untuk menjadi komunikator yg handal buat membangun dialog yg baik maka dibutuhkan bagi anda bukan hanya terus menerus bicara, tapi jua mendegarkan dengan seksama apa yang dibicarakan oleh lawan bicara anda. saat anda membagikan bahwa anda tertarik baik dengan mencondongkan anggota tubuh anda ke lawan bicara anda, atau dengan melakukan hubungan mata yang baik, maka versus bicara anda akan merasa sangat dihargai, serta mencicipi bahwa anda memang pendengar yg baik, sebagai akibatnya lawan bicara anda akan lebih condong buat melihat anda menjadi teman bicara yg baik, serta akan lebih condong mendengarkan apa yang anda katakan.

4. Terbuka menggunakan lawan bicara

dialog seperti yg penulis sebutkan sebelumnya, adalah komunikasi dua arah, dimana didalamnya ada proses mendengar serta bicara, proses memberi dan menerima isu. sehingga prinsip dasar yg keempat asal menjadi komunikator yang baik merupakan menggunakan memperlakukan lawan bicara kita sebagaimana kita ingin lawan bicara kita memperlakukan kita, dan pada poly kasus, komunikator yg baik artinya komunikator yang mampu menghasilkan orang lain terbuka akan dirinya, sehingga hal yang harus dimiliki oleh komunikator yg baik artinya keberanian buat terbuka dengan versus bicara. menjadi contoh, jika kita ingin mengenal latar belakang dari versus bicara kita, maka kita harus berani buat terlebih dahulu terbuka ihwal latar belakang kita. contoh lain ialah, apabila kita ingin mengetahui opini lawan bicara kita wacana suatu hal, maka kita wajib berani buat mengemukakan opini kita terlebih dahulu. serta ini juga berlaku dengan hal hal yg kita tidak ingin bicarakan, apabila anda tidak ingin mengungkapkan topik eksklusif, maka jangan gunakan topik tersebut menjadi bahan pembicaraan anda menggunakan lawan bicara anda.

Empat hal pada atas merupakan prinsip prinsip dasar buat menjadi komunikator yang baik berdasarkan Larry King. Bagi para pembaca yang ingin tahu lebih poly ihwal tips-tips praktis lain, penulis sangat menyarankan Anda untuk membaca buku asal Larry King. ingat, bahwa komunikasi itu merupakan adonan dari seni dan sains, jadi sangat krusial bagi anda buat tidak hanya membaca teorinya, tetapi juga berlatih untuk terus mempraktikkan nya. Semoga artikel ini bermanfaat buat membantu kita menjad komunikator yang lebih baik lagi.

Post Views: 500

PIMPINAN PROGRAM STUDI


Dekan Fakultas ISIPOL
Dr. Effiati Juliana Hasibuan, M.Si



Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Dr. Nadra Ideyani Vita, M.Si



Wakil Dekan Bidang Inovasi, Kemahasiswaan dan Alumni
Dr. Dedi Sahputra, MA



Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi
Agnita Yolanda, B.Comm, M.Sc



Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi
Angga Tinova Yudha, M.I.Kom


ARTIKEL TERBARU

  • Pengertian Cyber Crime Secara Umum Dalam Dunia Teknologi
  • Kelebihan Oracle Beserta Fungsinya dalam mengolah Database
  • Pengertian Oracle Beserta Sejarah Terbentuknya Hingga Mendunia
  • Alibaba Cloud Sebut Adanya Kemungkinan Data Center Baru di Indonesia
  • Microsoft Ciptakan Chip Buatan Sendiri yang Mendukung Layanan Cloud Computing Azure

INFO AKADEMIK

KAITAN UMA

Peta Lokasi

KAMPUS I
Jalan Kolam Nomor 1 Medan Estate / Jalan Gedung PBSI, Medan 20223
(061) 7360168, 7366878, 7364348. Call Canter : 0811-6013-888
(061) 7368012
univ_medanarea@uma.ac.id
KAMPUS II
Jalan Sei Serayu Nomor 70 A / Jalan Setia Budi Nomor 79 B, Medan 20112
(061) 8225602, 8201994 HP : 0811 607 259
(061) 8226331
isipol@uma.ac.id

STATISTIK PENGUNJUNG WEB

  • 7
  • 6,670
  • 1,374
  • 88,008
  • 3,235,107
  • 1,478,388
Copyright 2023 © by PDAI Universitas Medan Area
↑
↓