Humas (hubungan masyarakat) adalah perjuangan buat menciptakan dan mempertahankan reputasi, citra dan komunikasi yg baik serta berguna antara organisasi dan warga . Kesuksesan atau kegagalan dari sebuah organisasi bisa dipengaruhi oleh aktivitas humas atau Public Relations (PR).
pada era keterbukaan berita seperti waktu ini, dimana warga atau publik sudah semakin kritis terhadap pemberitaan, maka kiprah humas sangat penting menjadi layanan publik buat memberikan informasi yg kentara dan sesuai warta yg ada di perusahaan, pemerintahan juga organisasi lainnya, menggunakan cara yg baik serta benar agar dapat diterima publik.
dunia kehumasan atau public relations akan selalu bergerak bergerak maju seiring perubahan di tengah warga . Perubahan yang terjadi baik pada skala kecil juga skala besar harus sebagai perhatian seluruh praktisi kehumasan supaya kiprah humas kian kontekstual namun permanen profesional.

peran krusial HUMAS
keberadaan humas sangat diharapkan serta krusial buat membangun serta menjaga adanya saling pengertian antar organisasi menggunakan stakeholder serta warga umum , menggunakan tujuan menyangkut 3 hal yaitu reputasi, citra serta komunikasi mutual benefit relationship.
buat berkomunikasi dengan publik, Humas juga mendekatkan diri melalui media, baik melalui iklan, media sosial ataupun menggunakan menyediakan informasi tentang perkembangan organisasi modern.
tidak hanya itu, Humas perlu pula menyediakan layanan berita berupa Contact Center yang diperuntukkan bagi stakeholder ataupun rakyat umum yg ingin memberikan keluhan serta pertanyaannya pada bidang layanan organisasi.
Humas berfungsi buat mengetahui serta mengevaluasi opini-opini publik yg berkaitan dengan organisasi, dan memanfaatkan komunikasi menjadi media buat memberikan gosip yg sinkron menggunakan berita, disampaikan dengan cara-cara yang baik serta benar buat mengarahkan opini publik ke arah yang diperlukan.
tak itu saja, HUMAS mampu berfungsi menjadi marketing yg harus “jualan” apa yang dipunyai organisasi. Fungsi marketing sangat kental di humas menjadi komunikasi massa.
Produk-produk yang dimiliki disampaikan ke warga , melalui strategi komunikasi tujuannya agar warga tahu ada produk yg dikerjakan sehingga rakyat tahu kinerja organisasi tersebut. Jadi upaya-upaya yang dilakukan humas terdapat 2, yaitu menjaring opini publik serta marketing.
sumber Daya HUMAS
Seiring menggunakan kesadaran bahwa humas memegang peranan yg sangat krusial dalam menciptakan citra organisasi, eksistensi humas merupakan suatu kebutuhan yang harus diprioritaskan. buat itu perlu jua didukung sdm (asal Daya manusia) menggunakan kapasitas yg kompeten di bidang kehumasan dan dilengkapi menggunakan sarana serta prasarana yg memadai.
Profesionalitas dalam kehumasan menjadi kunci utama pada menjalankan tugas, untuk itu diperlukan baku kompetensi bagi siapapun yang ditugaskan pada posisi tadi sebagai budaya kerja yg baik. Upaya penyampaian pesan yg dilakukan, sudah pertanda bahwa humas sudah menjalankan tugas serta kegunaannya secara profesional.
tapi sdm yang berkualitas dan anggaran yg memadai tidak akan berarti banyak bila tidak didukung sang taktik yang tepat.
supaya Humas dapat menjalankan fungsinya menggunakan lebih efektif, efisien, serta tepat sasaran, perlu seni manajemen komunikasi serta publikasi yang tepat berorientasi pada pembentukan opini publik. pada pelaksanaannya perlu didukung sang kemudahan akses kepada unsur pimpinan dan dukungan satuan kerja lain yang terlibat.
Organisasi yang ideal merupakan setiap anggota dan unsur internal menyadari bahwa sesungguhnya merupakan humas bagi organisasinya.
dengan adanya pencerahan tersebut, maka setiap anggota organisasi akan konsisten menjalankan kiprah kehumasan, baik menggunakan menghindari perbuatan yg akan berdampak negatif bagi citra organisasi juga menggunakan aktif mengkomunikasikan hal-hal yg sifatnya positif sebagai akibatnya bisa menciptakan citra organisasi di mata pihak eksternal.