Skip to content
Inovatif, Profesional dan Berkepribadian
facebook
youtube
instagram
EnglishIndonesian
Ilmu Komunikasi-Program studi terbaik di Sumatera Utara
Help Desk 081269419190
Email Support isipol@uma.ac.id
Location Jl. Kolam No. 1 Medan Estate
  • BERANDA
  • PROFIL
    • AKREDITASI
    • Fungsionaris
    • Struktur Organisasi
    • Visi & Misi
    • KERJASAMA
  • AKADEMIK
    • INFORMASI AKADEMIK
      • AKADEMIK ONLINE
      • E-LEARNING
      • Jurnal
      • Lapor AOC
      • Dosen Penasehat Akademik
    • JADWAL AKADEMIK
      • Jadwal Kuliah
      • JADWAL PRAKTIKUM
      • Jadwal Seminar Dan Sidang
      • Jadwal UTS
      • Jadwal UAS
      • Jadwal Semester Antara
      • Jadwal Wisuda
    • KALENDER AKADEMIK
    • Kurikulum
      • SEMESTER I
      • SEMESTER II
      • SEMESTER III
      • SEMESTER IV
      • SEMESTER V
      • SEMESTER VI
      • SEMESTER VII
      • SEMESTER VIII
  • AKTIVITAS PRODI
    • KEGIATAN PRODI
    • PRESTASI PRODI
  • MAHASISWA
    • BEASISWA
      • Beasiswa KIP – Kuliah
      • Beasiswa Bank Indonesia (BI)
      • Beasiswa UKT/SPP Mahasiwa
      • Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)
      • Beasiswa YPHAS (Rangking SLTA/Sederajat)
      • Beasiswa YPHAS (Bersaudara Kandung & Anak Dosen / Karyawan)
    • SISTEM INFORMASI
      • Data Mahasiswa
      • Blog Mahasiswa
      • Jurnal Mahasiswa
      • AOC
      • E-Learning
      • APIK
      • Kuota
      • OPAC
      • WEBMAIL
      • SiProdi
    • Prestasi Mahasiswa
  • DOSEN
    • Dosen Prodi
    • Blog Dosen
    • Aktivitas Dosen
    • Prestasi Dosen
    • Jurnal Dosen
    • AOC
    • RKTS
    • RPS
    • TKTD
    • E-Learning
    • OPAC UMA
    • WEBMAIL
  • ARSIP
    • Dokumen Prodi
    • Pengumuman
  • ALUMNI
    • TRACER STUDY
    • DATA ALUMNI
    • LAYANAN ALUMNI
  • LABORATORIUM
    • infomasi Laboratorium
    • Aplikasi Laboratorium
  • HUBUNGI KAMI

penggunaan media iklan

Home > Artikel > penggunaan media iklan

penggunaan media iklan

Posted on March 2, 2022March 14, 2022 by fisipol
0

Iklan adalah salah satu alat komunikasi pemasaran yang berbentuk presentasi bersifat non-pribadi berupa promosi gagasan, barang, atau jasa. Salah satu cara efektif untuk menyebarluaskan pesan, dengan tujuan membangun preferensi merek atau untuk membidik target pasar (Kotler & Keller, 2016). Fungsi iklan salah satunya untuk menunjukkan perbedaan antara satu produk dengan produk lainnya kepada komunikan. Dengan adanya iklan dapat berfungsi sebagai media pembujuk sehingga konsumen tergugah untuk melakukan pembelian walaupun pada awalnya produk tersebut tidak mereka perlukan.

Iklan merupakan komunikasi komersil dan non personal ihwal sebuah organisasi serta produk-produknya yg ditransmisikan ke suatu khalayak target melalui media bersifat masal seperti televise, radio, koran, majalah, direct mail (pengeposan langsung), reklame luar ruang atau tunggangan awam. (Lee, 2004).

Menurut Basuki (2000), iklan terbagi menjadi 2 jenis yaitu:
Iklan komersial
Iklan komersial atau tak jarang kali diklaim iklan usaha, bertujuan agar mendapatkan peningkatan laba perusahaan dan juga peningkatan nomor penjualan.


Iklan non-komersial

Iklan nonkomersial merupakan iklan berisi gosip yg mendidik bagi masyarakat bukan untuk keuntungan ekonomi tetapi supaya mendapatkan keuntungan sosial.
1. Menampilkan Iklan
Jenis-jenis iklan yang pertama yaitu iklan bergambar atau visual. Ini termasuk iklan digital dan surat warta. Iklan digital ialah versi terbaru dari iklan surat kabar, keduanya memiliki konsep yang sama tetapi pada bentuk abad ke-21. Sistemnya yaitu membeli ruang iklan di situs yg menarik bagi demografis target.

Anda dapat membentuk iklan teks, yang intinya terlihat seperti iklan media cetak tradisional, spanduk mengambang di atas hubungan situs dan bahkan wallpaper dengan produk atau layanan Anda di latar belakang situs.

2. Iklan media umum
Jenis-jenis iklan berikutnya yaitu iklan media umum. Pinterest, Instagram, Facebook, serta hampir seluruh situs media sosial menunjukkan iklan yang relatif murah. Iklan media sosial berbayar adalah jenis iklan yang berfokus buat menjangkau audiens sasaran dengan berapa banyak Anda membayar disesuaikan dengan berapa poly yg melihatnya dan terlibat dengannya.

Iklan media sosial organik artinya jenis iklan yang menghasilkan banyak info berasal verbal ke ekspresi. Katakanlah Anda memposting sesuatu ke laman Facebook usaha yg menawarkan produk gratis Bila pengikut mengklik senang dan menandai sahabat, itu adalah jenis iklan yg gratis buat diposting dan membuat orang mengetahui apa yg ditawarkan.

3. Koran dan Majalah
Jenis-jenis iklan yang paling tradisional di media tentu saja artinya koran serta majalah. Iklan semacam ini bersifat tradisional namun tidak kalah efektifnya. Menggabungkan jenis iklan ini antara media cetak lokal, dan nasional ialah taktik kampanye pemasaran yang hebat. banyak orang masih membaca koran pagi mereka atau suka bermalam dengan majalah. Selain itu, sebagian akbar media cetak sekarang hadir secara digital dan bisa menggabungkan jenis iklan ini dengan versi virtualnya.

4. Iklan Luar Ruang
kini baliho sudah menjadi digital, ini artinya cara yang indah buat membentuk tampilan yg efektif. Iklan transit merupakan jenis iklan lain yang berada di bawah payung luar ruangan yg menampilkan produk atau layanan di bus, taksi, layanan kurir sepeda, dan becak. Mempromosikan dengan cara ini memberi Anda sosialisasi merek yg sangat baik sebab jenis iklan ini terlihat di mana-mana setiap hari dan membentuk penawaran sulit buat dilupakan.

5. Radio dan Podcast
kenaikan pangkat mulut adalah jenis iklan yang tak jarang diulang menjadi bagian berasal acara radio atau podcast. Anda bisa memiliki jenis iklan tradisional yg direkam untuk dimainkan atau terdapat pula kemungkinan sponsor. Persempit jenis podcast yg menjadi langganan audiens sasaran atau stasiun yang paling mereka dengarkan buat membentuk jenis iklan yang disukai serta diingat pelanggan.

6. Surat pribadi serta Penjualan langsung
Direct mail, atau seni mengirimkan surat penjualan yang menarik melalui surat siput ke audiens target, bisa memberikan pengembalian investasi yang sehat untuk usaha kecil. Titik awalnya artinya mengidentifikasi sasaran pasar, kemudian mengirimkan penawaran yg menarik ke seluruh prospek tersebut.

Mengukur respons membantu Anda melihat jenis pelanggan yang merespons format ini, sehingga Anda dapat memakai penargetan yang lebih presisi menggunakan pengambilan email berikutnya.

7. Iklan Video
Jenis iklan ini melibatkan pelanggan target di taraf digital. buat video pendek serta posting di media umum Anda atau bayar untuk menjalankannya pada situs seperti YouTube, Hulu serta blog. Iklan video dapat didesain sang para pakar dari suatu agensi atau bahkan dilakukan sang tim internal, meskipun tim tersebut hanya terdiri asal Anda sendiri.

8. Product Placement
Jenis iklan ini semakin terlihat. Bila Anda membayar pembawa podcast buat menjelaskan memakai produk atau membayar program televisi buat menampilkan karakter yg berbicara tentang atau memakai layanan, itu ialah product placement. Anda jua dapat berbicara dengan host saluran YouTube terkenal perihal jenis iklan ini.

Post Views: 323

PIMPINAN PROGRAM STUDI


Dekan Fakultas ISIPOL
Dr. Effiati Juliana Hasibuan, M.Si



Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Dr. Nadra Ideyani Vita, M.Si



Wakil Dekan Bidang Inovasi, Kemahasiswaan dan Alumni
Dr. Dedi Sahputra, MA



Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi
Agnita Yolanda, B.Comm, M.Sc



Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi
Angga Tinova Yudha, M.I.Kom


INFO AKADEMIK

KAITAN UMA

Peta Lokasi

KAMPUS I
Jalan Kolam Nomor 1 Medan Estate / Jalan Gedung PBSI, Medan 20223
(061) 7360168, 7366878, 7364348. Call Canter : 0811-6013-888
(061) 7368012
univ_medanarea@uma.ac.id
KAMPUS II
Jalan Sei Serayu Nomor 70 A / Jalan Setia Budi Nomor 79 B, Medan 20112
(061) 8225602, 8201994 HP : 0811 607 259
(061) 8226331
isipol@uma.ac.id

STATISTIK PENGUNJUNG WEB

  • 5
  • 8,080
  • 1,695
  • 83,409
  • 3,298,430
  • 1,491,568
Copyright 2023 © by PDAI Universitas Medan Area
↑
↓