Skip to content
Inovatif, Profesional dan Berkepribadian
facebook
youtube
instagram
EnglishIndonesian
Ilmu Komunikasi-Program studi terbaik di Sumatera Utara
Help Desk 081269419190
Email Support isipol@uma.ac.id
Location Jl. Kolam No. 1 Medan Estate
  • BERANDA
  • PROFIL
    • AKREDITASI
    • Fungsionaris
    • Struktur Organisasi
    • Visi & Misi
    • KERJASAMA
  • AKADEMIK
    • INFORMASI AKADEMIK
      • AKADEMIK ONLINE
      • E-LEARNING
      • Jurnal
      • Lapor AOC
      • Dosen Penasehat Akademik
    • JADWAL AKADEMIK
      • Jadwal Kuliah
      • JADWAL PRAKTIKUM
      • Jadwal Seminar Dan Sidang
      • Jadwal UTS
      • Jadwal UAS
      • Jadwal Semester Antara
      • Jadwal Wisuda
    • KALENDER AKADEMIK
    • Kurikulum
      • SEMESTER I
      • SEMESTER II
      • SEMESTER III
      • SEMESTER IV
      • SEMESTER V
      • SEMESTER VI
      • SEMESTER VII
      • SEMESTER VIII
  • AKTIVITAS PRODI
    • KEGIATAN PRODI
    • PRESTASI PRODI
  • MAHASISWA
    • BEASISWA
      • Beasiswa KIP – Kuliah
      • Beasiswa Bank Indonesia (BI)
      • Beasiswa UKT/SPP Mahasiwa
      • Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)
      • Beasiswa YPHAS (Rangking SLTA/Sederajat)
      • Beasiswa YPHAS (Bersaudara Kandung & Anak Dosen / Karyawan)
    • SISTEM INFORMASI
      • Data Mahasiswa
      • Blog Mahasiswa
      • Jurnal Mahasiswa
      • AOC
      • E-Learning
      • APIK
      • Kuota
      • OPAC
      • WEBMAIL
      • SiProdi
    • Prestasi Mahasiswa
  • DOSEN
    • Dosen Prodi
    • Blog Dosen
    • Aktivitas Dosen
    • Prestasi Dosen
    • Jurnal Dosen
    • AOC
    • RKTS
    • RPS
    • TKTD
    • E-Learning
    • OPAC UMA
    • WEBMAIL
  • ARSIP
    • Dokumen Prodi
    • Pengumuman
  • ALUMNI
    • TRACER STUDY
    • DATA ALUMNI
    • LAYANAN ALUMNI
  • LABORATORIUM
    • infomasi Laboratorium
    • Aplikasi Laboratorium
  • HUBUNGI KAMI

Strategi Komunikasi dalam Pembentukan Opini Publik

Home > Artikel > Strategi Komunikasi dalam Pembentukan Opini Publik

Strategi Komunikasi dalam Pembentukan Opini Publik

Posted on March 12, 2022March 14, 2022 by fisipol
0

Mempersiapkan strategi komunikasi dalam pembentukan opini publik adalah hal krusial yg perlu dilakukan manakala kita akan menciptakan suatu sudut pandang eksklusif di rakyat. Komunikasi massa sangat erat kaitannya dengan pembentukan opini publik ini. Penggunaan strategi yg tepat akan meningkatkan kecepatan proses pembentukan opini tadi. taktik komunikasi jua akan mempermudah adanya penyampaian info dan pesan pada warga . dengan menggunakan taktik komunikasi yg tepat, maka tujuan dari komunikasi tersebut akan terlaksana menggunakan baik juga.

Berikut beberapa macam taktik komunikasi yg bisa diterapkan buat membentuk opini public :

1.Memanfaatkan Media Massa

Media massa mampu digunakan menjadi keliru satu strategi komunikasi buat membentuk opini publik. Ragam dari media massa tadi mirip contohnya iklan layanan warga yg disiarkan melalui televisi, radio sampai internet sekalipun. masyarakat yg tak jarang terpapar dengan gosip tersebut lama kelamaan akan mulai menghasilkan suatu opini. kiprah media massa sangat penting buat pembentukan opini publik.

dua. menggunakan media sosial

media sosial pula bisa dipergunakan buat semakin meningkatkan kecepatan penyebaran opini. Sebagaimana kita ketahui, media umum sekarang ini mampu sangat efektif pada menggiring warga buat memiliki suatu evaluasi eksklusif. media umum jua mungkin akan menyampaikan dampak media massa. Penggunaannya dinilai bisa jauh lebih efektif sebab rakyat mampu merasa terlibat langsung dan “tersentuh” melalui media umum.

3. Mengutamakan Komunikasi Persuasif

Komunikasi persuasif ialah bentuk komunikasi yg cenderung mempunyai ajakan-ajakan tertentu. Ini ialah taktik komunikasi pada pembentukan opini publik yg bisa dipergunakan terutama buat membuat rakyat membenarkan sesuatu. ada beberapa macam teknik lagi dalam komunikasi persuasif yg bisa dipelajari lebih lanjut agar proses pembentukan opini ini berlangsung menggunakan efektif.

4. Menyematkan Data

Pemaparan data akan membuahkan suatu pendapat lebih matang serta terorganisir. Data yang valid diharapkan buat membentuk bukti atau gambaran yg berkualitas. rakyat sekarang cenderung mudah terpancing bahkan hanya menggunakan info yang terdengar bombastis. Pemaparan data akan berakibat pendapat tadi sebagai lebih diyakini serta dianggap.

5. memakai Perencanaan Matang

Perencanaan yang matang ini selain melibatkan data pula memprediksikan kemungkinan-kemungkinan apa saja selesainya opini publik mampu terbentuk. strategi yang sempurna perlu merancang berasal sebelum dilakukannya pembuatan opini publik sampai efek yang diharapkan. Ini akan sangat membantu supaya proses tadi bisa berjalan menggunakan sistematis.

6. menggunakan Simpati

Komunikasi yang dipergunakan dalam pembentukan opini publik hendaknya juga memakai simpati. Simpati merupakan perasaan yang mampu merasakan apa yang diinginkan sang orang lain. dengan menggunakan simpati ini, maka orang lain akan merasa dipahami sebagai akibatnya opini mampu lebih cepat terbentuk.

7. menunjukkan perilaku Penerimaan

Selain menggunakan memakai simpati, perilaku penerimaan juga diperlukan supaya proses komunikasi tersebut mampu berjalan menggunakan baik. disparitas pendapat akan ditampung walaupun tidak disetujui. tetapi setidaknya menggunakan menampung perbedaan pendapat tadi, orang akan merasa dihargai menggunakan pendapatnya sendiri.

8. menyampaikan Kesan (Impression)

setelah simpati serta perilaku penerimaan dilakukan, maka komunikasi yg dihasilkan akan menyampaikan suatu kesan. Manakala seseorang sudah terkesan dengan hal ini, maka ia tak akan segan-segan buat kemudian ikut terlibat pada pembentukan pendapat atau opini.

Post Views: 1,424

PIMPINAN PROGRAM STUDI


Dekan Fakultas ISIPOL
Dr. Effiati Juliana Hasibuan, M.Si



Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Dr. Nadra Ideyani Vita, M.Si



Wakil Dekan Bidang Inovasi, Kemahasiswaan dan Alumni
Dr. Dedi Sahputra, MA



Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi
Agnita Yolanda, B.Comm, M.Sc



Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi
Angga Tinova Yudha, M.I.Kom


ARTIKEL TERBARU

  • Pengertian Cyber Crime Secara Umum Dalam Dunia Teknologi
  • Kelebihan Oracle Beserta Fungsinya dalam mengolah Database
  • Pengertian Oracle Beserta Sejarah Terbentuknya Hingga Mendunia
  • Alibaba Cloud Sebut Adanya Kemungkinan Data Center Baru di Indonesia
  • Microsoft Ciptakan Chip Buatan Sendiri yang Mendukung Layanan Cloud Computing Azure

INFO AKADEMIK

KAITAN UMA

Peta Lokasi

KAMPUS I
Jalan Kolam Nomor 1 Medan Estate / Jalan Gedung PBSI, Medan 20223
(061) 7360168, 7366878, 7364348. Call Canter : 0811-6013-888
(061) 7368012
univ_medanarea@uma.ac.id
KAMPUS II
Jalan Sei Serayu Nomor 70 A / Jalan Setia Budi Nomor 79 B, Medan 20112
(061) 8225602, 8201994 HP : 0811 607 259
(061) 8226331
isipol@uma.ac.id

STATISTIK PENGUNJUNG WEB

  • 8
  • 7,641
  • 1,564
  • 88,979
  • 3,236,078
  • 1,478,578
Copyright 2023 © by PDAI Universitas Medan Area
↑
↓