Skip to content
Inovatif, Profesional dan Berkepribadian
facebook
youtube
instagram
EnglishIndonesian
Ilmu Komunikasi-Program studi terbaik di Sumatera Utara
Help Desk 081269419190
Email Support isipol@uma.ac.id
Location Jl. Kolam No. 1 Medan Estate
  • BERANDA
  • PROFIL
    • AKREDITASI
    • Fungsionaris
    • Struktur Organisasi
    • Visi & Misi
    • KERJASAMA
  • AKADEMIK
    • INFORMASI AKADEMIK
      • AKADEMIK ONLINE
      • E-LEARNING
      • Jurnal
      • Lapor AOC
      • Dosen Penasehat Akademik
    • JADWAL AKADEMIK
      • Jadwal Kuliah
      • JADWAL PRAKTIKUM
      • Jadwal Seminar Dan Sidang
      • Jadwal UTS
      • Jadwal UAS
      • Jadwal Semester Antara
      • Jadwal Wisuda
    • KALENDER AKADEMIK
    • Kurikulum
      • SEMESTER I
      • SEMESTER II
      • SEMESTER III
      • SEMESTER IV
      • SEMESTER V
      • SEMESTER VI
      • SEMESTER VII
      • SEMESTER VIII
  • AKTIVITAS PRODI
    • KEGIATAN PRODI
    • PRESTASI PRODI
  • MAHASISWA
    • BEASISWA
      • Beasiswa KIP – Kuliah
      • Beasiswa Bank Indonesia (BI)
      • Beasiswa UKT/SPP Mahasiwa
      • Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)
      • Beasiswa YPHAS (Rangking SLTA/Sederajat)
      • Beasiswa YPHAS (Bersaudara Kandung & Anak Dosen / Karyawan)
    • SISTEM INFORMASI
      • Data Mahasiswa
      • Blog Mahasiswa
      • Jurnal Mahasiswa
      • AOC
      • E-Learning
      • APIK
      • Kuota
      • OPAC
      • WEBMAIL
      • SiProdi
    • Prestasi Mahasiswa
  • DOSEN
    • Dosen Prodi
    • Blog Dosen
    • Aktivitas Dosen
    • Prestasi Dosen
    • Jurnal Dosen
    • AOC
    • RKTS
    • RPS
    • TKTD
    • E-Learning
    • OPAC UMA
    • WEBMAIL
  • ARSIP
    • Dokumen Prodi
    • Pengumuman
  • ALUMNI
    • TRACER STUDY
    • DATA ALUMNI
    • LAYANAN ALUMNI
  • LABORATORIUM
    • infomasi Laboratorium
    • Aplikasi Laboratorium
  • HUBUNGI KAMI

Public Relations di Era Digital

Home > Artikel > Public Relations di Era Digital

Public Relations di Era Digital

Posted on March 21, 2022March 21, 2022 by fisipol
0

Dahulu sebelum internet berkembang pesat, praktisi public relations (PR) sangat bergantung di media koran, radio, serta televisi pada kampanyenya. namun semenjak kehadiran teknologi internet, arena pekerjaan PR pun bertransformasi menjadi PR digital. Artikel ini akan membahas seluk beluk kegiatan PR di era digital.

Konsep PR digital
PR digital tidak jauh tidak sama menggunakan PR konvensional, yakni proses komunikasi strategis yang bertujuan buat membangun hubungan yang saling menguntungkan antara organisasi serta publiknya. tetapi yg membuat keduanya tidak sama artinya media komunikasinya. Bila PR konvensional mengerjakan event dan publikasi pada media konvesional, PR digital lebih banyak memakai media berbasis internet. Tujuannya adalah buat menciptakan kesan yang positif, hubungan yang baik, serta menaikkan visibilitas merk (dan pula organisasi).

aktivitas PR pada era digital
Praktisi PR digital membangun serta menjaga gambaran positif dengan menampilkan pesan-pesan merk organisasi di media internet, seperti website, blog, media konvergensi, serta media umum lainnya. Selain itu, kegiatan dalam PR digital jua meliputi hal-hal seperti:

mendengarkan dialog publik perihal brand kita pada media umum,
mendeteksi gosip–informasi pada media sosial yang dapat mensugesti merk, dan
membangun konten brand yang menarik bagi publik.
‘Senjata’ PR di era digital
buat menjaga citra dan membentuk audiens online, PR digital menggunakan media berbasis internet yang telah tersedia menggunakan aneka macam jenis, manfaat, dan audiens yang beragam.

Untungnya, tidak seluruh jaringan media tersebut akan dipergunakan pada kampanye PR digital kita. Efektifnya, media yang dipergunakan hanyalah media yang memang terkenal serta relevan dengan sasaran audiens yang akan kita sasar. di Indonesia, berikut media yang awam dipergunakan pada kampanye PR:

media umum: Twitter, Facebook, Instagram, Google Maps
Publikasi: website, blog (WordPress, Blogspot, Kompasiana, Indonesiana, dll.)
Video: Youtube
Penggalangan dana: kitabisa.com
Keberhasilan kampanye PR digital
Kesuksesan sebuah kampanye PR digital sangat terukur dan mempunyai poly variabel. Beberapa hal yang perlu sebagai perhatian pada mengukur keberhasilan kampanye PR digital antara lain:

Engagement, yakni jumlah interaksi audiens dengan konten media sosial merk, seperti jumlah klik, kunjungan, likes, share (retweet), pengikut (followers), komentar, balasan, dll.
Sales, yakni jumlah transaksi penjualan yang dibukukan lewat perantara media sosial dan media online.
Return on investment (ROI), yakni yang akan terjadi yang didapatkan asal investasi kampanye digital.
Manfaat PR digital
kegiatan PR sudah diakui lebih efektif serta efisien pada menyampaikan pesan-pesan brand kepada publik Jika dibandingkan menggunakan iklan. Apalagi PR digital memungkinkan brand–merk buat ‘berbicara’ melalui media sosial yang mereka punya. Selain manfaat irit, PR digital jua bermanfaat untuk:

mendeteksi potensi informasi yang berkaitan menggunakan merk pada internet
merespon gosip lebih dini sehingga bisa mencegah krisis
menyebarluaskan konten secara publik sebagai akibatnya pencerahan publik meningkat.
dengan PR digital, korelasi komunikasi antara merk (dan organisasi) dan publiknya terus terjaga dan saling menguntungkan.

Post Views: 154

PIMPINAN PROGRAM STUDI


Dekan Fakultas ISIPOL
Dr. Effiati Juliana Hasibuan, M.Si



Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Dr. Nadra Ideyani Vita, M.Si



Wakil Dekan Bidang Inovasi, Kemahasiswaan dan Alumni
Dr. Dedi Sahputra, MA



Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi
Agnita Yolanda, B.Comm, M.Sc



Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi
Angga Tinova Yudha, M.I.Kom


INFO AKADEMIK

KAITAN UMA

Peta Lokasi

KAMPUS I
Jalan Kolam Nomor 1 Medan Estate / Jalan Gedung PBSI, Medan 20223
(061) 7360168, 7366878, 7364348. Call Canter : 0811-6013-888
(061) 7368012
univ_medanarea@uma.ac.id
KAMPUS II
Jalan Sei Serayu Nomor 70 A / Jalan Setia Budi Nomor 79 B, Medan 20112
(061) 8225602, 8201994 HP : 0811 607 259
(061) 8226331
isipol@uma.ac.id

STATISTIK PENGUNJUNG WEB

  • 6
  • 6,428
  • 1,298
  • 84,892
  • 3,286,446
  • 1,488,998
Copyright 2023 © by PDAI Universitas Medan Area
↑
↓