Komunikasi artinya penyampaian pesan asal komunikator (sender) pada komunikan (receiver) melalui media eksklusif serta mengakibatkan impak.Organisasi adalah sekelompok orang yang berafiliasi buat mencapai tujuan tertentu.jadi Komunikasi dalam organisasi merupakan suatu komunikasi atau proses buat anggota menghimpun isu yg bekerjasama dengan organisasinya serta merubah apa yg terjadi di dalamnya.
Berkomunikasi menggunakan cara apapun, mampu dengan secara langsung ataupun dengan gerakan atau isyarat. Komunikasi sangat berperan pada kehidupan di global ini. terdapat poly komunikasi diantaranya yaitu :
1. Komunikasi Intrapribadi-Komunikasi dengan diri sendiri. Berupa berfikir,dan berkata pada hati.
2. Komunikasi Antarpribadi-Komunikasi antara orang-orang. dan komunikasi ini hanyalah komunikasi antar 2 orang.
3. Komunikasi gerombolan –umumnya hal ini menyangkut di komunikasi yang terjadi diantara kelompok mungil. contohnya famili, serta tetangga.
4. Komunikasi Publik-Komunikasi satu komunikator pada khalayak. model nya tabligh besar , pidato, ceramah dan kuliah umum .
5. Komunikasi Massa-Komunikasi yang menggunakan media massa seperti radio, televisi, majalah serta lainnya
peran Komunikasi di Organisasi
Nah sudah kita ketahui perihal apa itu komunikasi, organisasi, serta komunikasi organisasi. Selanjutnya kita akan membahas ihwal bagaimana kiprah– peran komunikasi pada sebuah organisasi. Kita rangkum sebagai tujuh belas (17) peran komunikasi dalam sebuah organisasi. (Baca jua: Pengertian Media menurut Para ahli)
memberikan Pendapat
Melalui sebuah komunikasi organisasi, kita bisa menyampaikan pendapat, wangsit, atau info dengan mudah. karena itulah salah satu kiprah asal sebuah komunikasi organisasi. (Baca pula: Sejarah Media Massa)
Mengomentari
peran ke 2 yaitu, kita mampu mengomentari sebuah ide, atau pendapat yang kita rasa kurang sinkron. Nah itulah kiprah kedua berasal komunikasi organisasi.
Menyetujui
kiprah ketiga yaitu, waktu kita merasa inspirasi, gagasan atau informasi yg disampaikan sudah sinkron, kita bisa memberikan persetujuan atau penolakan kita.
Mengatur hubungan
mirip yg telah disampaikan diatas bahwa didalam komunikasi organisasi bukan hanya komunikasi organisasi saja, ada komunikasi lisan serta nonverbal didalamnya. Mengatur hubungan memakai pergeseran hubungan mata, mengangkat alis, menggangukkan ketua ketika merasa sepakat. seluruh hal itu menyampaikan apa yg ingin kita katakan melalui gerakan atau non verbal.
Melengkapi informasi
kiprah kelima yaitu, melalui komunikasi non ekspresi dalam komunikasi organisasi. bisa melengkapi sebuah informasi yang telah kita sampaikan. contoh, kita sudah mengatakan iya, lalu kita ikut menganggukkan kepala. Hal ini dilakukan secara impulsif.
Mengekspresikan perasaan atau emosi
kiprah ke enam yaitu, aspek- aspek emosional berasal komunikasi umumnya dilakukan menggunakan cara non verbal. contoh : kita sangat akrab atau senang dengan seseorang maka tanpa disengaja kita mampu tersenyum, duduk dekat dengannya, dan bisa memberi perhatian lebih kepadanya.