Skip to content
Inovatif, Profesional dan Berkepribadian
facebook
youtube
instagram
EnglishIndonesian
Ilmu Komunikasi-Program studi terbaik di Sumatera Utara
Help Desk 081269419190
Email Support isipol@uma.ac.id
Location Jl. Kolam No. 1 Medan Estate
  • BERANDA
  • PROFIL
    • AKREDITASI
    • Fungsionaris
    • Struktur Organisasi
    • Visi & Misi
    • KERJASAMA
  • AKADEMIK
    • INFORMASI AKADEMIK
      • AKADEMIK ONLINE
      • E-LEARNING
      • Jurnal
      • Lapor AOC
      • Dosen Penasehat Akademik
    • JADWAL AKADEMIK
      • Jadwal Kuliah
      • JADWAL PRAKTIKUM
      • Jadwal Seminar Dan Sidang
      • Jadwal UTS
      • Jadwal UAS
      • Jadwal Semester Antara
      • Jadwal Wisuda
    • KALENDER AKADEMIK
    • Kurikulum
      • SEMESTER I
      • SEMESTER II
      • SEMESTER III
      • SEMESTER IV
      • SEMESTER V
      • SEMESTER VI
      • SEMESTER VII
      • SEMESTER VIII
  • AKTIVITAS PRODI
    • KEGIATAN PRODI
    • PRESTASI PRODI
  • MAHASISWA
    • BEASISWA
      • Beasiswa KIP – Kuliah
      • Beasiswa Bank Indonesia (BI)
      • Beasiswa UKT/SPP Mahasiwa
      • Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)
      • Beasiswa YPHAS (Rangking SLTA/Sederajat)
      • Beasiswa YPHAS (Bersaudara Kandung & Anak Dosen / Karyawan)
    • SISTEM INFORMASI
      • Data Mahasiswa
      • Blog Mahasiswa
      • Jurnal Mahasiswa
      • AOC
      • E-Learning
      • APIK
      • Kuota
      • OPAC
      • WEBMAIL
      • SiProdi
    • Prestasi Mahasiswa
  • DOSEN
    • Dosen Prodi
    • Blog Dosen
    • Aktivitas Dosen
    • Prestasi Dosen
    • Jurnal Dosen
    • AOC
    • RKTS
    • RPS
    • TKTD
    • E-Learning
    • OPAC UMA
    • WEBMAIL
  • ARSIP
    • Dokumen Prodi
    • Pengumuman
  • ALUMNI
    • TRACER STUDY
    • DATA ALUMNI
    • LAYANAN ALUMNI
  • LABORATORIUM
    • infomasi Laboratorium
    • Aplikasi Laboratorium
  • HUBUNGI KAMI

Efektivitas Sosial Media

Home > Artikel > Efektivitas Sosial Media

Efektivitas Sosial Media

Posted on April 25, 2022April 25, 2022 by fisipol
0

di era yang serba digital mirip saat ini, sosial media sebagai galat satu hal yg awam serta digunakan oleh poly orang. Bila dulu sosial media terdapat buat memudahkan komunikasi jarak jauh menggunakan sahabat atau sanak famili. kini keberadaan sosial media perlahan telah mengalami perubahan fungsi.
tak hanya digunakan buat memudahkan komunikasi, sosial media yg banyak tersebar kini jua digunakan buat media kenaikan pangkat atau branding sebuah bisnis. Hal ini terbukti efektif mengingat hampir semua orang mempunyai akun sosial medianya masing-masing. Efektivitas sosial media menjadi media kenaikan pangkat atau pemasaran digital ini juga didukung oleh fitur ads/iklan yang disediakan oleh perusahaan sosial media.
menggunakan ads atau iklan tersebut, seseorang bisa mempromosikan bisnis atau brand-nya menggunakan menyediakan modal uang dan dapat menargetkan pangsa pasar yang sesuai. sehingga iklan tersebut nantinya akan membuat penjualan yg jauh lebih maksimal karena lebih tertarget.
Pengguna Sosial Media Terus meningkat dari Tahun ke Tahun
Pengguna Sosial Media

Pengguna Sosial Media
mirip yg telah disinggung sebelumnya, penggunaan sosial media menjadi media pemasaran dianggap cukup efektif. Selain sebab dapat menggunakan iklan berbayar yg tertarget, jumlah pengguna sosial media yang terdapat di banyak sekali penjuru dunia jua menjadi keliru satu alasannya.
Sebut saja pada Indonesia, pengguna aktif sosial media pada tahun 2020 dilaporkan mencapai lebih berasal 175 juta. Padahal, Indonesia mempunyai populasi lebih kurang 272 juta penduduk. Hal ini berarti lebih dari 60% populasi pada Indonesia mempunyai akun sosmed serta aktif dalam menggunakan internet.
sampai pada sini Anda sudah mampu membayangkan betapa potensialnya penggunaan sosial media Bila digunakan menggunakan tepat pada memasarkan sebuah produk ataupun mengenalkan merk sebuah usaha. namun demikian, permanen ada taktik eksklusif yang harus Anda terapkan dalam memanfaatkan efektivitas sosial media menjadi daerah pemasaran digital.
contohnya, buat menjangkau pangsa pasar yang sinkron, maka Anda wajib memperhatikan berbagai aspek buat mencapainya. Nah, pada artikel berikut ini, kami akan menyampaikan Anda isu mengenai apa saja yang perlu diperhatikan buat menaikkan efektivitas sosial media menjadi media pemasaran digital.
Hal yang Perlu Diperhatikan pada menaikkan Efektivitas Sosial Media menjadi Media Pemasaran Digital
Hal yg perlu diperhatikan pada efektivitas sosial media
1. sasaran market
Hal pertama yang wajib Anda perhatikan adalah sasaran market berasal pemasaran digital Anda. Kira-kira kriteria orang mirip apa yg Anda jadikan sasaran market? Apakah seseorang menggunakan usia remaja, dewasa atau yang sudah berkeluarga? Tentunya hal ini dikembalikan di brand atau produk yg Anda tawarkan.
misalnya, Bila Anda menjual produk-produk kuliner. Maka target market-nya mampu mencakup keseluruhan kalangan. Nah, Bila Anda menjual produk fashion atau pakaian khusus wanita. Maka Anda hanya perlu penekanan di sasaran market wanita menggunakan segala minat atau interest-nya.
2. Konten
Selanjutnya, Anda juga harus memperhatikan konten yang Anda buat buat audiens. Konten ini mencakup seluruh postingan yg Anda unggah di akun sosial media bisnis Anda tersebut. Mulai asal foto, caption, video, story serta lain-lain. sebab bagaimana pun konten memiliki peran yg cukup krusial pada hal ini.
Fungsi konten pada sosial media merupakan buat menarik minat pelanggan buat mengenal lebih dekat mengenai brand atau produk yang Anda tawarkan. Maka berasal itu dalam pembuatannya, Anda wajib memastikan bahwa seluruh konten relevan dengan merk atau bidang bisnis Anda. Konten-konten yg informatif serta edukatif umumnya poly diminati audiens pada sosial media.
tiga. algoritma sosial media
Setiap platform sosial media mempunyai algoritma atau rumus cara kerjanya tersendiri. model saja Facebook dan Instagram tentu akan mempunyai algoritma yg berbeda cara kerjanya.
Nah, Anda wajib memahami algoritma dari masing-masing platform tadi buat menerima engagement yang maksimal dan menjangkau pangsa pasar yang sinkron dengan sasaran market.
4. Hashtag
Penggunaan hashtag pada postingan di sosial media tentu sudah tidak asing lagi. Anda hanya perlu mengetik sebuah kata memakai tagar (#) serta secara otomatis istilah tadi akan sebagai hashtag.
Hashtag memiliki fungsi sebagai pengelompokan konten dengan topik eksklusif. contohnya, hashtag #makanan, maka seluruh konten yang ada pada pencarian tagar tersebut homogen–rata berisi makanan ringan. Nah, lewat pengelompokan konten ini orang-orang pun akan jauh lebih praktis waktu mencari sesuatu dalam sosial media.
Itulah tadi beberapa komponen dalam pengelolaan sosial media bisnis yg perlu Anda perhatikan. Selanjutnya, Anda juga harus mengetahui tahapan apa saja yang harus dilakukan dalam mengelola akun sosial media untuk brand sebuah bisnis. Berikut beberapa di antaranya

Post Views: 94

PIMPINAN PROGRAM STUDI


Dekan Fakultas ISIPOL
Dr. Effiati Juliana Hasibuan, M.Si



Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Dr. Nadra Ideyani Vita, M.Si



Wakil Dekan Bidang Inovasi, Kemahasiswaan dan Alumni
Dr. Dedi Sahputra, MA



Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi
Agnita Yolanda, B.Comm, M.Sc



Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi
Angga Tinova Yudha, M.I.Kom


INFO AKADEMIK

KAITAN UMA

Peta Lokasi

KAMPUS I
Jalan Kolam Nomor 1 Medan Estate / Jalan Gedung PBSI, Medan 20223
(061) 7360168, 7366878, 7364348. Call Canter : 0811-6013-888
(061) 7368012
univ_medanarea@uma.ac.id
KAMPUS II
Jalan Sei Serayu Nomor 70 A / Jalan Setia Budi Nomor 79 B, Medan 20112
(061) 8225602, 8201994 HP : 0811 607 259
(061) 8226331
isipol@uma.ac.id

STATISTIK PENGUNJUNG WEB

  • 1
  • 6,379
  • 1,288
  • 84,843
  • 3,286,397
  • 1,488,988
Copyright 2023 © by PDAI Universitas Medan Area
↑
↓