Kepuasan konsumen ditentukan oleh beberapa faktor, antara lain artinya menjadi berikut:
1. Produk yang didapatkan
Faktor yang mempengaruhi pertama kali merupakan produk yg dihasilkan oleh perusahaan atau yg ditawarkan oleh perusahaan, baik barang juga jasa. Konsumen akan merasa puas Jika produk tadi berguna bagi konsumen serta mempunyai kualitas yg baik.
Bila konsumen puas, mereka akan meminta perusahaan buat menyediakan produk tadi. Ini menjadi nilai plus sekaligus tantangan bagi perusahaan buat bisa memenuhi cita-cita konsumen tadi.
2. Pelayanan
Faktor kedua yg menghipnotis kepuasan konsumen adalah pelayanan. tidak hanya perjuangan pada bidang jasa, tetapi pula dalam penjualan produk. Dimana, pelayanan yg baik ialah kunci mendapatkan konsumen yg loyal. menggunakan pelayanan yang baik, tak hanya mempertahankan pelanggan, tapi pula mencerminkan gambaran baik perusahaan.
3. Faktor Emosional
ketika konsumen mendapatkan pelayanan yg baik, maka akan ada faktor emosional. Dimana, kepuasan secara emosional akan membentuk konsumen semakin loyal terhadap produk yg disediakan oleh perusahaan.
4. Iklan
tidak dapat ditepis bahwa iklan dapat menjadi imbas yang bertenaga pada mensugesti kepuasan konsumen. oleh karena itu, perusahaan perlu menghasilkan iklan semenarik mungkin. serta menjelaskan menggunakan detail keunggulan asal produk yang ditawarkan.
lima. menyampaikan Kemudahan
Faktor memberikan kemudahan ini maksudnya adalah, seberapa praktis konsumen menerima produk sampai proses transaksi pembayarannya. Tentunya, konsumen tidak ingin menunggu terlalu usang dan membuang ketika mereka. Hal ini juga tidak terlepas berasal pelayanan, dimana Bila pelayanan konsumen baik serta simpel menerima produk, maka loyalitas konsumen akan terwujud.
Itulah faktor – faktor yg mempengaruhi kepuasan konsumen. Dimana kelima faktor tersebut wajib dipenuhi Jika ingin konsumen puas menggunakan produk yang ditawarkan oleh perusahaan baik produk berupa barang juga jasa.