Iklan primer adalah iklan apa pun yang mempromosikan produk daripada merek. Ini berbeda dengan iklan merek, yang hanya berfokus pada merek. Saat Anda melihat iklan yang menyuruh Anda minum Coke, iklan tersebut menguntungkan The Coca-Cola Company. Saat Anda melihat iklan yang menyuruh Anda minum susu, semua produsen susu diuntungkan.
Kecuali Anda telah membuat kategori produk baru tanpa persaingan apa pun, sepertinya kampanye iklan permintaan utama tidak cocok untuk bisnis kecil Anda. Namun, ini adalah sesuatu yang dapat dimanfaatkan oleh bisnis kecil ketika orang lain menggunakan model periklanan ini.
Memahami Periklanan Permintaan Utama
Iklan primer juga dikenal sebagai iklan generik karena menciptakan permintaan generik untuk produk atau kategori produk. Iklan yang mendorong orang untuk membaca lebih banyak buku adalah contoh iklan utama karena tidak menguntungkan penulis atau penerbit tunggal. Jika kampanye iklan berhasil, itu bisa menguntungkan semua orang di industri penerbitan. Untuk alasan ini, akan menguntungkan bagi penerbit untuk mengumpulkan sumber daya mereka dalam kampanye semacam itu.
Iklan primer dapat dilakukan oleh produsen, tetapi juga berhasil dilakukan oleh lembaga pemerintah, organisasi perdagangan, dan kelompok pertanian. Iklan semacam itu mungkin memberi tahu konsumen untuk membeli berlian, menyewa akuntan publik sewaan, makan lebih banyak telur, membeli lebih banyak susu, atau mempertimbangkan untuk menjadi petugas polisi. Iklan ini biasanya pendek dan berjalan untuk waktu yang terbatas.
Subset dari iklan permintaan utama adalah iklan perbatasan, yang dilakukan secara eksklusif oleh perusahaan yang telah mengembangkan produk baru yang tidak ada persaingannya. Seperti yang dijelaskan oleh Chegg, iklan perintis biasanya digunakan dalam fase pengenalan siklus hidup produk untuk mendidik konsumen tentang produk.
Contoh Iklan Umum di Pertanian
Industri pertanian telah menjadi sumber dari beberapa kampanye iklan generik paling sukses dalam 50 tahun terakhir. Ini mungkin karena undang-undang federal dan negara bagian memberi petani kemampuan untuk mengenakan pajak pada diri mereka sendiri untuk mendanai iklan generik – sesuatu yang dimulai pada tahun 1935 untuk mempromosikan jus jeruk, menurut Perpustakaan Pertanian Nasional USDA.
Salah satu kampanye yang paling berkesan diluncurkan pada pertengahan tahun 80-an ketika National Dairy Board, American Dairy Association, dan lebih dari 24 pemerintah negara bagian berpartisipasi dalam kampanye susu senilai $71,7 juta dengan slogan-slogan yang mencakup “Milk, It Do a Tubuh Bagus.” Kampanye serupa diluncurkan selama beberapa tahun berikutnya oleh kelompok pertanian lain, seperti produsen daging sapi dengan “Daging Sapi, Makanan Asli untuk Rakyat Asli” dan produsen daging babi dengan “Daging Babi. Daging Putih Lainnya”.
Memanfaatkan Iklan Permintaan Utama
Ada kalanya usaha kecil dapat menjalankan iklan generik mereka sendiri, tetapi ini terbatas. Jika Anda memiliki toko peralatan olahraga di kota kecil, misalnya, Anda dapat bergabung dengan pusat kebugaran lokal untuk mempromosikan kebugaran fisik di kota Anda. Namun, Anda akan sama baiknya – jika tidak lebih baik – menempatkan nama bisnis Anda di iklan, menjadikannya iklan bermerek, bukan iklan permintaan utama.
Jika seseorang menjalankan kampanye iklan permintaan utama di industri Anda, Anda mungkin dapat memanfaatkannya untuk bisnis kecil Anda. Pertimbangkan perusahaan perintis seperti Apple. Ketika Apple merilis iPhone, industri baru dalam aksesori smartphone meledak untuk produk seperti headphone, dudukan telepon, dan tongkat selfie.
Hal serupa terjadi ketika Apple merilis Apple Watch pertamanya. Konsumen tidak hanya mulai membeli produk Apple, tetapi juga pelacak kebugaran yang dapat dikenakan di pergelangan tangan. Bahkan jam tangan tradisional, dari model trendi yang murah hingga jam tangan mewah, mengalami peningkatan permintaan karena iklan perintis untuk Apple Watch memunculkan minat baru pada semua jenis jam tangan, baik digital maupun analog. Tidak diragukan lagi, banyak bisnis sekarang menyaksikan apa yang terjadi dalam satu atau dua tahun ke depan ketika kacamata augmented reality Apple dikabarkan akan dirilis, saran sumber seperti TechRadar.