Skip to content
Inovatif, Profesional dan Berkepribadian
facebook
youtube
instagram
EnglishIndonesian
Ilmu Komunikasi-Program studi terbaik di Sumatera Utara
Help Desk 081269419190
Email Support isipol@uma.ac.id
Location Jl. Kolam No. 1 Medan Estate
  • BERANDA
  • PROFIL
    • AKREDITASI
    • Fungsionaris
    • Struktur Organisasi
    • Visi & Misi
    • KERJASAMA
  • AKADEMIK
    • INFORMASI AKADEMIK
      • AKADEMIK ONLINE
      • E-LEARNING
      • Jurnal
      • Lapor AOC
      • Dosen Penasehat Akademik
    • JADWAL AKADEMIK
      • Jadwal Kuliah
      • JADWAL PRAKTIKUM
      • Jadwal Seminar Dan Sidang
      • Jadwal UTS
      • Jadwal UAS
      • Jadwal Semester Antara
      • Jadwal Wisuda
    • KALENDER AKADEMIK
    • Kurikulum
      • SEMESTER I
      • SEMESTER II
      • SEMESTER III
      • SEMESTER IV
      • SEMESTER V
      • SEMESTER VI
      • SEMESTER VII
      • SEMESTER VIII
  • AKTIVITAS PRODI
    • KEGIATAN PRODI
    • PRESTASI PRODI
  • MAHASISWA
    • BEASISWA
      • Beasiswa KIP – Kuliah
      • Beasiswa Bank Indonesia (BI)
      • Beasiswa UKT/SPP Mahasiwa
      • Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)
      • Beasiswa YPHAS (Rangking SLTA/Sederajat)
      • Beasiswa YPHAS (Bersaudara Kandung & Anak Dosen / Karyawan)
    • SISTEM INFORMASI
      • Data Mahasiswa
      • Blog Mahasiswa
      • Jurnal Mahasiswa
      • AOC
      • E-Learning
      • APIK
      • Kuota
      • OPAC
      • WEBMAIL
      • SiProdi
    • Prestasi Mahasiswa
  • DOSEN
    • Dosen Prodi
    • Blog Dosen
    • Aktivitas Dosen
    • Prestasi Dosen
    • Jurnal Dosen
    • AOC
    • RKTS
    • RPS
    • TKTD
    • E-Learning
    • OPAC UMA
    • WEBMAIL
  • ARSIP
    • Dokumen Prodi
    • Pengumuman
  • ALUMNI
    • TRACER STUDY
    • DATA ALUMNI
    • LAYANAN ALUMNI
  • LABORATORIUM
    • infomasi Laboratorium
    • Aplikasi Laboratorium
  • HUBUNGI KAMI

Pengertian Dan Tujuan Komunikasi Persuasif

Home > Artikel > Pengertian Dan Tujuan Komunikasi Persuasif

Pengertian Dan Tujuan Komunikasi Persuasif

Posted on October 3, 2022 by fisipol
0

Komunikasi persuasif ditujukan buat membujuk komunikan supaya melakukan hal sebagaimana yang dikehendaki komunikator. Persuasif seringkali digunakan pada konteks komunikasi politik, dunia pemasaran, hingga kehidupan sehari-hari insan. misalnya, komunikasi persuasif dalam periklanan. Iklan dipergunakan pemasar atau perusahaan sebagai indera buat mempersuasi atau membujuk khalayak supaya membeli produk atau menggunakan layanan jasa yg ditawarkan. Apa itu komunikasi persuasif?

Pengertian komunikasi persuasif
dari Atep Adya Barata pada kitab Dasar-dasar Pelayanan Prima (2005), komunikasi persuasif artinya bentuk komunikasi yang dilakukan menjadi ajakan atau bujukan supaya komunikan mau bertindak sinkron impian komunikator.

ad interim itu, dikutip asal buku taktik Branding: Teori serta Perspektif Komunikasi pada usaha (2020) sang Bambang D. Prasetyo dan Nufian S. Febriani, Erwin P. Betinghaus mendefinisikan komunikasi persuasif sebagai berikut:
“Komunikasi persuasif merupakan komunikasi yg dilakukan untuk mengganti konsep, ide atau gagasan, sikap seseorang, serta korelasi aktivitas antara komunikator serta komunikan, agar sikap serta penglihatan pendengar (komunikan) dapat tergoda.”

Sederhananya, komunikasi persuasif adalah komunikasi yang dilaksanakan buat membarui pandangan, pemikiran, pendapat, dan perilaku komunikannya.

Tiap komunikator memiliki tujuan yang tidak selaras waktu membujuk komunikannya. supaya tujuan itu tercapai, komunikator wajib menguasai berbagai teknik komunikasi yg mampu menumbuhkan motivasi atau minat khalayaknya.

Tujuan komunikasi persuasif
Dilansir berasal kitab Komunikasi Antarpersonal (2015) karya Alo Liliweri, tujuan utama komunikasi persuasif ialah memengaruhi orang lain. dampak tersebut mampu positif serta negatif. Dikatakan positif, Bila pengaruh tersebut menuntun orang lain untuk berubah menjadi lebih baik. Sedangkan diklaim negatif, apabila pengaruhnya memberi akibat buruk bagi orang orang lain. menurut De Vito, tujuan komunikasi persuasif merupakan memperkuat kegiatan komunikasi yang sedang berlangsung, menggunakan cara memberikan gambaran dan menampilkan informasi pada audiensi.

Pengertian dan Tujuannya Selain memperkuat aktivitas komunikasi serta memengaruhi orang lain, komunikasi persuasif jua bertujuan menegaskan dan mengubah sikap komunikan. Jika disimpulkan, ada tiga tujuan komunikasi persuasif, yaitu: Memengaruhi orang lain Memperkuat kegiatan komunikasi lewat penyampaian gambaran serta menampilkan informasi yg dapat memotivasi komunikan Menegaskan serta mengubah sikap komunikan.

Post Views: 2,353

PIMPINAN PROGRAM STUDI


Dekan Fakultas ISIPOL
Dr. Effiati Juliana Hasibuan, M.Si



Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Dr. Nadra Ideyani Vita, M.Si



Wakil Dekan Bidang Inovasi, Kemahasiswaan dan Alumni
Dr. Dedi Sahputra, MA



Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi
Agnita Yolanda, B.Comm, M.Sc



Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi
Angga Tinova Yudha, M.I.Kom


INFO AKADEMIK

KAITAN UMA

Peta Lokasi

KAMPUS I
Jalan Kolam Nomor 1 Medan Estate / Jalan Gedung PBSI, Medan 20223
(061) 7360168, 7366878, 7364348. Call Canter : 0811-6013-888
(061) 7368012
univ_medanarea@uma.ac.id
KAMPUS II
Jalan Sei Serayu Nomor 70 A / Jalan Setia Budi Nomor 79 B, Medan 20112
(061) 8225602, 8201994 HP : 0811 607 259
(061) 8226331
isipol@uma.ac.id

STATISTIK PENGUNJUNG WEB

  • 5
  • 6,237
  • 1,249
  • 84,701
  • 3,286,255
  • 1,488,949
Copyright 2023 © by PDAI Universitas Medan Area
↑
↓