Bagi sebagian orang, mendapatkan kritik dari orang lain justru membentuk kesal sebab dianggap mereka tidak mampu mengerjakan sesuatu. Padahal, Bila tahu strateginya, kritik justru mampu berguna buat memperbaiki diri. Nah, ini dia beberapa cara cerdas menghadapi kritikan agar Anda bisa memetik hikmahnya dengan baik.
Manfaat mendapatkan kritikan asal orang lain
menurut sebuah jurnal dari laman American Psychological Association, kritik berasal seorang sebenarnya bermanfaat bagi Anda. Asalkan Anda tahu bagaimana cara menghadapi kritikan tersebut menggunakan benar.
Sebuah kritik umumnya ditujukan kepada seorang untuk menghasilkan ilham yang solutif, terutama di industri kreatif. misalnya, Anda membentuk sebuah desain iklan untuk klien Anda serta menerima kritik asal atasan Anda.
Mungkin di awalnya Anda tak terima karena merasa pekerjaan yg Anda lakukan itu telah mengerahkan segala kemampuan Anda. tetapi, Jika Anda berhasil melihat sisi positifnya, kritikan asal atasan Anda tadi justru bisa memperbaiki kualitas desain Anda.
sang sebab itu, tidak selamanya kritikan bersifat menjatuhkan. terdapat kalanya, komentar dari orang lain justru menambah wawasan Anda.
Cara cerdas menghadapi kritikan
tidak selamanya kritik disampaikan dengan cara yang bijak. Beberapa orang, tanpa memperhitungkan perasaan orang lain, menyampaikannya menggunakan tajam tanpa tedeng aling-aling.
Nah, saat menghadapi sebuah kritikan, ada cara eksklusif supaya emosi tidak menguasai Anda dan merusak korelasi antara Anda serta pemberi kritik. menggunakan seni manajemen jitu yang akan dijelaskan di bawah ini, kemungkinan besar Anda dapat mengendalikan situasi menggunakan tenang.
1. permanen hening
di waktu orang memberikan kritik kepada Anda, bahkan yang tajam dan pedas sekalipun, sebaiknya buat tetap hening. Anda mungkin merasa bahwa si pemberi kritik tidak menghargai pekerjaan Anda, akan tetapi jangan terus membalasnya menggunakan meluapkan emosi Anda.
Cobalah untuk tetap damai. Tariklah napas Anda dalam–pada buat menenangkan diri. menggunakan begitu, Anda bisa mengendalikan emosi sebagai akibatnya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
2. Dengarkan terlebih dahulu
sehabis berhasil menguasai situasi dan emosi Anda, cobalah buat mendengarkan kritik yg ingin disampaikan terlebih dulu. dengan cara menghadapi kritikan yg satu ini, Anda tidak akan terlihat defensif serta si pemberi kritik merasa Anda orang yg fleksibel.
Dengarkan bagian yg menurut Anda memang harus diperbaiki dan jangan menyela ataupun membantah. Bila kritik yang diberikan memang benar-benar membangun, Anda serta teman bicara Anda akan penekanan pada apa yang wajib diperbaiki. Bukannya saling melontarkan ucapan yg bertujuan buat melindungi diri.
3. Mencerna kritikan dengan baik
Jika teman atau atasan Anda telah selesai berbicara, sebaiknya untuk mencerna seluruh kritikan dengan baik. Menghadapi kritikan tanpa memahami wajib mengatakan apa pun akan membentuk Anda terlihat lebih jelek pada mata mereka.
Katakan di mereka bahwa Anda memerlukan saat buat berpikir sebab urusan ini menyangkut pekerjaan Anda berdua. Hal ini membantu Anda melihat berbagai perspektif kritikan tersebut.
4. Menanyakan model dilema dan solusi
galat satu cara cerdas menghadapi kritikan artinya menggunakan menanyakan contoh duduk perkara serta solusi dari kritikan mereka. Hal ini mungkin lebih membantu saat Anda tidak begitu yakin bahwa kritikan tadi sahih–benar menciptakan.
Bila rekan kerja memberi tahu bahwa Anda terlalu malas dan tidak inisiatif ketika bekerja meskipun Anda tidak merasa mirip itu, tanyakan contohnya. contoh kasus apa yg menghasilkan mereka menyampaikan kritik semacam itu. dengan begitu, Anda pula mampu mengintrospeksi diri.
5. Berempati kepada orang yang memberi kritikan
Cara menghadapi kritikan orang lain yg terakhir artinya menggunakan berempati pada pemberi kritik. misalnya, Anda merasa sahabat Anda bersikap tidak sopan ketika mengkritik Anda. Padahal, mampu jadi, mereka tidak bermaksud menyakiti Anda.
Beberapa orang mungkin kehilangan kemampuan berkomunikasinya waktu harus berhadapan menggunakan orang lain. Tanpa sadar, beliau menghasilkan versus bicaranya sebagai tersinggung. Padahal, mereka hanya ingin membantu agar semuanya berjalan menggunakan baik.
Itu sebabnya, penting bagi Anda untuk berempati terhadap lawan bicara Anda. Lihatlah siapa yang berbicara serta bagaimana sikapnya.
pada dasarnya, cara cerdas menghadapi sebuah kritikan adalah dengan tetap tenang waktu mencerna masukan. dengan begitu, Anda bisa melihat lebih jernih apa yg terdapat pada pulang komentar yang mungkin terasa panas pada pendengaran Anda.