Skip to content
Inovatif, Profesional dan Berkepribadian
facebook
youtube
instagram
EnglishIndonesian
Ilmu Komunikasi-Program studi terbaik di Sumatera Utara
Help Desk 081269419190
Email Support isipol@uma.ac.id
Location Jl. Kolam No. 1 Medan Estate
  • BERANDA
  • PROFIL
    • AKREDITASI
    • Fungsionaris
    • Struktur Organisasi
    • Visi & Misi
    • KERJASAMA
  • AKADEMIK
    • INFORMASI AKADEMIK
      • AKADEMIK ONLINE
      • E-LEARNING
      • Jurnal
      • Lapor AOC
      • Dosen Penasehat Akademik
    • JADWAL AKADEMIK
      • Jadwal Kuliah
      • JADWAL PRAKTIKUM
      • Jadwal Seminar Dan Sidang
      • Jadwal UTS
      • Jadwal UAS
      • Jadwal Semester Antara
      • Jadwal Wisuda
    • KALENDER AKADEMIK
    • Kurikulum
      • SEMESTER I
      • SEMESTER II
      • SEMESTER III
      • SEMESTER IV
      • SEMESTER V
      • SEMESTER VI
      • SEMESTER VII
      • SEMESTER VIII
  • AKTIVITAS PRODI
    • KEGIATAN PRODI
    • PRESTASI PRODI
  • MAHASISWA
    • BEASISWA
      • Beasiswa KIP – Kuliah
      • Beasiswa Bank Indonesia (BI)
      • Beasiswa UKT/SPP Mahasiwa
      • Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)
      • Beasiswa YPHAS (Rangking SLTA/Sederajat)
      • Beasiswa YPHAS (Bersaudara Kandung & Anak Dosen / Karyawan)
    • SISTEM INFORMASI
      • Data Mahasiswa
      • Blog Mahasiswa
      • Jurnal Mahasiswa
      • AOC
      • E-Learning
      • APIK
      • Kuota
      • OPAC
      • WEBMAIL
      • SiProdi
    • Prestasi Mahasiswa
  • DOSEN
    • Dosen Prodi
    • Blog Dosen
    • Aktivitas Dosen
    • Prestasi Dosen
    • Jurnal Dosen
    • AOC
    • RKTS
    • RPS
    • TKTD
    • E-Learning
    • OPAC UMA
    • WEBMAIL
  • ARSIP
    • Dokumen Prodi
    • Pengumuman
  • ALUMNI
    • TRACER STUDY
    • DATA ALUMNI
    • LAYANAN ALUMNI
  • LABORATORIUM
    • infomasi Laboratorium
    • Aplikasi Laboratorium
  • HUBUNGI KAMI

Cara Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

Home > Artikel > Cara Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

Cara Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

Posted on October 17, 2022 by fisipol
0
Pelayanan publik merupakan aktivitas atau rangkaian aktivitas pada rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap rakyat negara dan penduduk atas barang, jasa, serta/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik (UU No.25 Tahun 2009). intinya pelayanan publik ialah serangkaian kegiatan yang dilakukan pemerintah bersama aparaturnya kepada stakeholder dalam mewujudkan peningkatan kualitas kehidupan stakeholder sekaligus memberikan kepuasan pada stakeholder yang dilayani.

sebagai keliru satu bentuk tanggung jawab pemerintah kepada stakeholder, telah tentu suatu pelayanan publik yang diselenggarakan pemerintah harus meliputi seluruh stakeholder yang membutuhkannya. artinya jangan ada “tebang pilih” pada pelaksanaannya dan yang paling krusial lagi merupakan bagaimana stakeholder bisa mencicipi kepuasan dari layanan yg diberikan pada mereka.

sang karena itulah perlu dilakukan banyak sekali taktik ataupun cara buat mempertinggi kualitas pelayanan publik sebagai akibatnya pada akhirnya tujuan dari pelaksanaan pelayanan publik itu bisa tercapai serta menyampaikan tingkat kepuasan kepada stakeholder yg menerimanya.

info terbaru
Sebagaimana yg sudah disebutkan sebelumnya, pelayanan publik artinya suatu tanggung jawab pemerintah beserta aparaturnya kepada stakeholder dalam rangka membentuk dan mewujudkan kondisi masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera. dan mirip yg kita ketahui bahwa keliru satu esensi asal pemerintahan yang baik artinya terciptanya suatu produk layanan yg efektif, efisien serta akuntabel dari pemerintah yg diarahkan buat warga .

tetapi pada menciptakan suatu pelayanan yg berkualitas serta melahirkan kepuasan stakeholder yg menerimanya bukanlah suatu hal yg praktis. tidak sedikit hambatan serta faktor-faktor lain yg menyebabkan pelayanan publik yg diselenggarakan pemerintah dirasakan masih kurang serta cenderung tak dilaksanakan menggunakan sepenuh hati. Masih banyak kita temui keluhan-keluhan berasal stakeholder dan media massa yg menilai bahwa kualitas pelayanan publik yg diselenggarakan pemerintah belumlah maksimal .

Tentunya keadaan mirip diatas haruslah dibenahi serta diperbaiki buat membentuk dan mewujudkan kondisi negara yang semakin baik. Apalagi kenyataan yg sudah berlangsung pada negara kita saat ini, menggunakan bergulirnya era otonomi wilayah, seharusnya menggunakan terciptanya desentralisasi kekuasaan berasal pemerintah sentra ke pemda semakin meningkatkan kecepatan proses pelayanan publik pada stakeholder.

banyak sekali upaya pun terus dilakukan sang pemerintah serta aparaturnya dalam peningkatan pelayanan publik itu. Hal ini sebagai strategi atau upaya untuk mempertinggi kualitas insan Indonesia sepenuhnya serta masyarakat Indonesia seutuhnya.

Adapun beberapa strategi dalam peningkatan pelayanan publik tersebut meliputi:

Budaya Pelayanan Prima
Peningkatan kualitas dan keprofesionalan aparatur pemerintah adalah galat satu cara dalam membentuk pelayanan publik yg baik kepada stakeholder. sebab dewasa ini, keluhan-keluhan berasal para stakeholder yang menilai pelayanan publik yg diberikan pada mereka terkendala dampak masih belum tingginya sikap atau perilaku sumber daya aparatur yang pribadi berhadapan dengan stakeholder. sang karena itu diperlukan adanya aparatur yg profesional dengan sikap atau budaya melayani menggunakan setulus hati sehingga dibutuhkan tidak terdapat lagi keluhan-keluhan berasal stakeholder atas pelayanan yang diberikan.

Satu hal lagi yang perlu ditinjau dalam upaya peningkatan pelayanan publik melalui peningkatan kualitas sumber daya aparatur serta keprofesionalan pegawai terkait masalah attitude atau perilaku. Yaitu, diharapkan perilaku mental yg baik berasal setiap aparatur pemerintah yang pribadi berhadapan menggunakan stakeholder pada pemberian layanan. perilaku baik ini tentunya bukanlah mirip yang terjadi selama ini, dimana stakeholder dirancang susah dengan adanya pungutan-pungutan liar yg dilakukan oleh pegawai yang melayani. Hal ini perlu diperhatikan, sebab seprofesional apapun aparatur penyelenggara pelayanan publik Bila mempunyai perilaku yang bobrok dan integritas yang rendah hanya akan menyebabkan ketidakpuasan lain dari stakeholder.

menggunakan demikian peningkatan sumber daya insan serta profesionalitas pegawai menjadi suatu aspek yang patut diperhatikan dalam upaya peningkatan pelayanan publik. syarat birokrat yg mempunyai kompetensi, kecakapan, ketrampilan, sikap yg patuh di aturan dan peraturan yang berlaku, serta penempatan posisi yg sinkron dengan bidangnya, tentunya akan memberikan dampak yg positif pada terciptanya pelayanan publik yang tangguh.

baku Pelayanan Publik
Langkah selanjutnya menjadi keliru satu cara peningkatan pelayanan publik yaitu menggunakan membangun kebijakan-kebijakan yg mendukung terselenggaranya peningkatan kualitas pelayanan pada publik. dibutuhkan dengan penerbitan kebijakan tentang peningkatan pelayanan publik itu akan semakin mendorong terciptanya kualitas pelayanan yang efektif, efisien serta akuntabel.

galat satu tujuan asal pembuatan kebijakan itu buat membarui image dan citra pelayanan publik selama ini yg cenderung berbelit-belit, boros dan memakan saat yg usang. sehingga, dengan adanya baku yg standar diperlukan di akhirnya nanti stakeholder akan semakin terpuaskan dengan setiap layanan yg diberikan sang pemerintah.

di samping itu adalah menggunakan membentuk kebijakan baku pelayanan minimal. standar pelayanan minimal adalah sebuah kebijakan publik yang mengatur jenis serta mutu pelayanan dasar yang berhak diperoleh setiap stakeholder secara minimal. buat standar Pelayanan Minimal pada kantor vertikal Ditjen Perbendaharaan sesuai keputusan Direktorat Jenderal Perbendaharaan No.KEP-222/PB/2012 meliputi jenis layanan, lingkup kegiatan, pemangku kepentingan, dan indikator SPM (sebagai tolok ukur).

Selain buat mempercepat proses aplikasi pelayanan publik bagi stakeholder, kebijakan pemerintah menggunakan menerbitkan standar pelayanan minimal jua bertujuan menyampaikan jenis pelayanan bersama transparansi serta akuntabilitasnya kepada stakeholder. sehingga dengan kebijakan itu, akan menghindari sikap–sikap menyimpang yang selama ini dilakukan sang aparatur pemerintah pada memberikan layanan.

Peningkatan Fasilitas Penunjang
Selain memperhatikan ke 2 aspek diatas, salah satu sisi lain yang patut diperhatikan oleh pemerintah pada upaya peningkatan pelayanan publik merupakan menggunakan mempertinggi penyediaan fasilitas yg menunjang kualitas pelayanan publik tadi. sebab, tanpa didukung tersedianya fasilitas yg lengkap maka akan menghambat proses penyelenggaraan pelayanan publik pada stakeholder.

Seiring menggunakan perkembangan teknologi yang semakin sophisticated, maka sudah sepatutnya pemerintah menerapkan kemajuan teknologi itu buat menunjang penyelenggaraan pelayanan publik dengan membentuk inovasi–inovasi yang berguna bagi stakeholder.

Ketersediaan fasilitas berupa wahana dan prasarana disadari atau tidak akan semakin mempercepat sekaligus menaikkan penyelenggaraan pelayanan publik. serta buat mewujudkannya maka tentunya dibutuhkan alokasi dana buat penyediaan sarana dan prasarana tersebut. menggunakan begitu, maka segala hambatan yg menghalangi penyelenggaraan pelayanan publik pada stakeholder akan bisa teratasi.

penilaian Kepuasan Terhadap Layanan
Pelayanan yg sudah diberikan pada stakeholder tidak akan bisa kita ketahui tanpa adanya penilaian. penilaian menggambarkan sejauh mana pelayanan yang telah kita berikan selama ini. penilaian tadi dapat berbentuk berita umum juga informasi lapangan kepuasan. berasal hasil informasi lapangan maupun informasi lapangan inilah nanti yang menentukan apakah pelayanan yg kita berikan telah baik, relatif, ataukah masih perlu diperbaiki lagi.

Post Views: 157

PIMPINAN PROGRAM STUDI


Dekan Fakultas ISIPOL
Dr. Effiati Juliana Hasibuan, M.Si



Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Dr. Nadra Ideyani Vita, M.Si



Wakil Dekan Bidang Inovasi, Kemahasiswaan dan Alumni
Dr. Dedi Sahputra, MA



Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi
Agnita Yolanda, B.Comm, M.Sc



Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi
Angga Tinova Yudha, M.I.Kom


INFO AKADEMIK

KAITAN UMA

Peta Lokasi

KAMPUS I
Jalan Kolam Nomor 1 Medan Estate / Jalan Gedung PBSI, Medan 20223
(061) 7360168, 7366878, 7364348. Call Canter : 0811-6013-888
(061) 7368012
univ_medanarea@uma.ac.id
KAMPUS II
Jalan Sei Serayu Nomor 70 A / Jalan Setia Budi Nomor 79 B, Medan 20112
(061) 8225602, 8201994 HP : 0811 607 259
(061) 8226331
isipol@uma.ac.id

STATISTIK PENGUNJUNG WEB

  • 3
  • 6,368
  • 1,285
  • 84,832
  • 3,286,386
  • 1,488,985
Copyright 2023 © by PDAI Universitas Medan Area
↑
↓