Skip to content
Inovatif, Profesional dan Berkepribadian
facebook
youtube
instagram
EnglishIndonesian
Ilmu Komunikasi-Program studi terbaik di Sumatera Utara
Help Desk 081269419190
Email Support isipol@uma.ac.id
Location Jl. Kolam No. 1 Medan Estate
  • BERANDA
  • PROFIL
    • AKREDITASI
    • Fungsionaris
    • Struktur Organisasi
    • Visi & Misi
    • KERJASAMA
  • AKADEMIK
    • INFORMASI AKADEMIK
      • AKADEMIK ONLINE
      • E-LEARNING
      • Jurnal
      • Lapor AOC
      • Dosen Penasehat Akademik
    • JADWAL AKADEMIK
      • Jadwal Kuliah
      • JADWAL PRAKTIKUM
      • Jadwal Seminar Dan Sidang
      • Jadwal UTS
      • Jadwal UAS
      • Jadwal Semester Antara
      • Jadwal Wisuda
    • KALENDER AKADEMIK
    • Kurikulum
      • SEMESTER I
      • SEMESTER II
      • SEMESTER III
      • SEMESTER IV
      • SEMESTER V
      • SEMESTER VI
      • SEMESTER VII
      • SEMESTER VIII
  • AKTIVITAS PRODI
    • KEGIATAN PRODI
    • PRESTASI PRODI
  • MAHASISWA
    • BEASISWA
      • Beasiswa KIP – Kuliah
      • Beasiswa Bank Indonesia (BI)
      • Beasiswa UKT/SPP Mahasiwa
      • Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)
      • Beasiswa YPHAS (Rangking SLTA/Sederajat)
      • Beasiswa YPHAS (Bersaudara Kandung & Anak Dosen / Karyawan)
    • SISTEM INFORMASI
      • Data Mahasiswa
      • Blog Mahasiswa
      • Jurnal Mahasiswa
      • AOC
      • E-Learning
      • APIK
      • Kuota
      • OPAC
      • WEBMAIL
      • SiProdi
    • Prestasi Mahasiswa
  • DOSEN
    • Dosen Prodi
    • Blog Dosen
    • Aktivitas Dosen
    • Prestasi Dosen
    • Jurnal Dosen
    • AOC
    • RKTS
    • RPS
    • TKTD
    • E-Learning
    • OPAC UMA
    • WEBMAIL
  • ARSIP
    • Dokumen Prodi
    • Pengumuman
  • ALUMNI
    • TRACER STUDY
    • DATA ALUMNI
    • LAYANAN ALUMNI
  • LABORATORIUM
    • infomasi Laboratorium
    • Aplikasi Laboratorium
  • HUBUNGI KAMI

Peran Komunikasi Publik

Home > Artikel > Peran Komunikasi Publik

Peran Komunikasi Publik

Posted on November 8, 2022 by fisipol
0

Tujuan komunikasi publik yang paling primer merupakan memberi informasi kepada khalayak luas, untuk hiburan, dan menjalin korelasi. Komunikasi publik berperan menjadi upaya buat berinteraksi antara satu orang menggunakan lainnya.

Komunikasi publik artinya proses komunikasi yang mencakup pengiriman serta penerimaan pesan secara tatap muka ataupun lewat media, berasal pengirim (asal) kepada khalayak luas (penerima).

Tujuan komunikasi publik

Menurut Aras Solong dan Asri Yadi dalam kitab Kajian Teori Organisasi serta Birokrasi dalam Pelayanan Publik (2021), komunikasi publik memiliki sejumlah tujuan, baik tujuan awam juga tujuan khusus.

Secara awam, tujuan komunikasi publik merupakan memberi isu kepada sejumlah besar orang atau khalayak luas, menjalin korelasi, dan hiburan. ad interim, tujuan khusus berasal komunikasi publik bergantung di isi pesan, tujuan komunikator, dan konteks acaranya.

Sebagai Contoh, komunikasi publik berupa rapat organisasi tentu punya tujuan yg tidak sama dengan pidato atau ceramah.

Tujuan rapat organisasi menjadi komunikasi publik tentunya membahas konflik dalam organisasi. Sedangkan tujuan pidato atau ceramah ialah memberi info atau mempersuasi pendengarnya.

Peran komunikasi publik’

Melansir berasal kitab Layanan dan Komunikasi Publik Menuju Good Governance (2021) karya Zulfiah Larisu, kiprah komunikasi publik bisa dibagi menjadi 5 jenis, yaitu:

alat buat mencapai tujuan
adalah komunikasi publik berperan menjadi indera buat mencapai tujuan komunikator. misalnya pada orasi atau pidato perusasif, komunikasi publik bertujuan memengaruhi, bahkan mengubah pandangan, pendapat, serta perilaku pendengarnya.

Menginformasikan, mengabarkan, atau memotivasi perubahan perilaku
Komunikasi publik berperan buat menginformasikan, mengabarkan, atau memotivasi perubahan sikap pendengarnya agar sinkron dengan yg dibutuhkan komunikan atau pembicara.

Walau begitu, tidak semua komunikasi publik ditujukan buat memotivasi perubahan sikap. sebab ada yang berperan untuk menginformasikan atau mengabarkan suatu hal penting pada pendengarnya.

Media buat menjangkau khalayak yg lebih luas
 kiprah komunikasi publik adalah menjadi media untuk menjangkau khalayak yang lebih luas. karena jenis komunikasi ini bisa dilakukan lewat media, mirip televisi, radio, media online, bahkan secara tatap muka. sebagai akibatnya jangkauannya lebih luas dibanding jenis komunikasi lainnya.

Umumnya dipergunakan buat manfaat nonkomersial
peran komunikasi publik, yakni dimanfaatkan serta digunakan untuk manfaat nonkomersial. misalnya ceramah kepercayaan , ceramah pendidikan, rapat organisasi, serta sebagainya. buat mendapat dukungan interpersonal peran komunikasi publik, yakni menerima dukungan interpersonal. adalah komunikator (asal) akan melakukan komunikasi publik guna mencari dan menerima dukungan interpersonal asal pendengar atau komunikannya.

Post Views: 130

PIMPINAN PROGRAM STUDI


Dekan Fakultas ISIPOL
Dr. Effiati Juliana Hasibuan, M.Si



Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Dr. Nadra Ideyani Vita, M.Si



Wakil Dekan Bidang Inovasi, Kemahasiswaan dan Alumni
Dr. Dedi Sahputra, MA



Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi
Agnita Yolanda, B.Comm, M.Sc



Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi
Angga Tinova Yudha, M.I.Kom


INFO AKADEMIK

KAITAN UMA

Peta Lokasi

KAMPUS I
Jalan Kolam Nomor 1 Medan Estate / Jalan Gedung PBSI, Medan 20223
(061) 7360168, 7366878, 7364348. Call Canter : 0811-6013-888
(061) 7368012
univ_medanarea@uma.ac.id
KAMPUS II
Jalan Sei Serayu Nomor 70 A / Jalan Setia Budi Nomor 79 B, Medan 20112
(061) 8225602, 8201994 HP : 0811 607 259
(061) 8226331
isipol@uma.ac.id

STATISTIK PENGUNJUNG WEB

  • 2
  • 6,253
  • 1,253
  • 84,717
  • 3,286,271
  • 1,488,953
Copyright 2023 © by PDAI Universitas Medan Area
↑
↓