Tujuan komunikasi publik yang paling primer merupakan memberi informasi kepada khalayak luas, untuk hiburan, dan menjalin korelasi. Komunikasi publik berperan menjadi upaya buat berinteraksi antara satu orang menggunakan lainnya.
Komunikasi publik artinya proses komunikasi yang mencakup pengiriman serta penerimaan pesan secara tatap muka ataupun lewat media, berasal pengirim (asal) kepada khalayak luas (penerima).
Tujuan komunikasi publik
Menurut Aras Solong dan Asri Yadi dalam kitab Kajian Teori Organisasi serta Birokrasi dalam Pelayanan Publik (2021), komunikasi publik memiliki sejumlah tujuan, baik tujuan awam juga tujuan khusus.
Secara awam, tujuan komunikasi publik merupakan memberi isu kepada sejumlah besar orang atau khalayak luas, menjalin korelasi, dan hiburan. ad interim, tujuan khusus berasal komunikasi publik bergantung di isi pesan, tujuan komunikator, dan konteks acaranya.
Sebagai Contoh, komunikasi publik berupa rapat organisasi tentu punya tujuan yg tidak sama dengan pidato atau ceramah.
Tujuan rapat organisasi menjadi komunikasi publik tentunya membahas konflik dalam organisasi. Sedangkan tujuan pidato atau ceramah ialah memberi info atau mempersuasi pendengarnya.
Peran komunikasi publik’
Melansir berasal kitab Layanan dan Komunikasi Publik Menuju Good Governance (2021) karya Zulfiah Larisu, kiprah komunikasi publik bisa dibagi menjadi 5 jenis, yaitu:
alat buat mencapai tujuan
adalah komunikasi publik berperan menjadi indera buat mencapai tujuan komunikator. misalnya pada orasi atau pidato perusasif, komunikasi publik bertujuan memengaruhi, bahkan mengubah pandangan, pendapat, serta perilaku pendengarnya.
Menginformasikan, mengabarkan, atau memotivasi perubahan perilaku
Komunikasi publik berperan buat menginformasikan, mengabarkan, atau memotivasi perubahan sikap pendengarnya agar sinkron dengan yg dibutuhkan komunikan atau pembicara.
Walau begitu, tidak semua komunikasi publik ditujukan buat memotivasi perubahan sikap. sebab ada yang berperan untuk menginformasikan atau mengabarkan suatu hal penting pada pendengarnya.
Media buat menjangkau khalayak yg lebih luas
kiprah komunikasi publik adalah menjadi media untuk menjangkau khalayak yang lebih luas. karena jenis komunikasi ini bisa dilakukan lewat media, mirip televisi, radio, media online, bahkan secara tatap muka. sebagai akibatnya jangkauannya lebih luas dibanding jenis komunikasi lainnya.
Umumnya dipergunakan buat manfaat nonkomersial
peran komunikasi publik, yakni dimanfaatkan serta digunakan untuk manfaat nonkomersial. misalnya ceramah kepercayaan , ceramah pendidikan, rapat organisasi, serta sebagainya. buat mendapat dukungan interpersonal peran komunikasi publik, yakni menerima dukungan interpersonal. adalah komunikator (asal) akan melakukan komunikasi publik guna mencari dan menerima dukungan interpersonal asal pendengar atau komunikannya.