Skip to content
Inovatif, Profesional dan Berkepribadian
facebook
youtube
instagram
EnglishIndonesian
Ilmu Komunikasi-Program studi terbaik di Sumatera Utara
Help Desk 081269419190
Email Support isipol@uma.ac.id
Location Jl. Kolam No. 1 Medan Estate
  • BERANDA
  • PROFIL
    • AKREDITASI
    • Fungsionaris
    • Struktur Organisasi
    • Visi & Misi
    • KERJASAMA
  • AKADEMIK
    • INFORMASI AKADEMIK
      • AKADEMIK ONLINE
      • E-LEARNING
      • Jurnal
      • Lapor AOC
      • Dosen Penasehat Akademik
    • JADWAL AKADEMIK
      • Jadwal Kuliah
      • JADWAL PRAKTIKUM
      • Jadwal Seminar Dan Sidang
      • Jadwal UTS
      • Jadwal UAS
      • Jadwal Semester Antara
      • Jadwal Wisuda
    • KALENDER AKADEMIK
    • Kurikulum
      • SEMESTER I
      • SEMESTER II
      • SEMESTER III
      • SEMESTER IV
      • SEMESTER V
      • SEMESTER VI
      • SEMESTER VII
      • SEMESTER VIII
  • AKTIVITAS PRODI
    • KEGIATAN PRODI
    • PRESTASI PRODI
  • MAHASISWA
    • BEASISWA
      • Beasiswa KIP – Kuliah
      • Beasiswa Bank Indonesia (BI)
      • Beasiswa UKT/SPP Mahasiwa
      • Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)
      • Beasiswa YPHAS (Rangking SLTA/Sederajat)
      • Beasiswa YPHAS (Bersaudara Kandung & Anak Dosen / Karyawan)
    • SISTEM INFORMASI
      • Data Mahasiswa
      • Blog Mahasiswa
      • Jurnal Mahasiswa
      • AOC
      • E-Learning
      • APIK
      • Kuota
      • OPAC
      • WEBMAIL
      • SiProdi
    • Prestasi Mahasiswa
  • DOSEN
    • Dosen Prodi
    • Blog Dosen
    • Aktivitas Dosen
    • Prestasi Dosen
    • Jurnal Dosen
    • AOC
    • RKTS
    • RPS
    • TKTD
    • E-Learning
    • OPAC UMA
    • WEBMAIL
  • ARSIP
    • Dokumen Prodi
    • Pengumuman
  • ALUMNI
    • TRACER STUDY
    • DATA ALUMNI
    • LAYANAN ALUMNI
  • LABORATORIUM
    • infomasi Laboratorium
    • Aplikasi Laboratorium
  • HUBUNGI KAMI

Knowledge Management Social Media

Home > Artikel > Knowledge Management Social Media

Knowledge Management Social Media

Posted on December 15, 2022January 4, 2023 by fisipol
0

Berbagai macam platform Social Media, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan banyak lainnya sudah merupakan bagian integral dari kehidupan sehari-hari bagi banyak orang dan dunia bisnis. Platform tersebut membiarkan kesempatan bagi setiap orang untuk berkomunikasi satu sama lainnya. Hal ini merupakan prinsip yang mengarah pada Knowledge Management yang sukses dalam sebuah Perusahaan karena memotivasi karyawan untuk melestarikan dan berbagi pengetahuan. Hal ini juga dapat dimanfaatkan untuk memanfaatkan pengetahuan yang terdapat di seluruh perusahaan.

Social Media memberikan kesempatan bagi semua orang untuk mencari dan menemukan pengetahuan saat mereka bertukar informasi, menjadikan hal tersebut menjadi sebuah pelengkap yang ideal untuk Knowledge Management. Saat ini sudah bukan hal yang aneh lagi untuk memposting ide dan pengetahuan seseorang, berpartisipasi dalam diskusi, mengajukan pertanyaan, dan memberikan komentar. Jika sedang ingin mengetahui sesuatu, pasti bisa dengan mudah menemukan jawabannya melalui platform Social Media. Sangat praktis karena tidak ada batasan untuk apa yang bisa ditemukan. Fokus utamanya adalah berbagi pengalaman dan keahlian di dalam perusahaan.

Saat ini, Perusahaan juga sudah mulai banyak yang menggunakan Social Media untuk memasarkan produk mereka. Fenomena yang relatif sudah tidak baru lagi untuk berbagi pengetahuan dengan tujuan meningkatkan operasi bisnis. Dalam konteks ini, Social Media memiliki potensi dalam mendukung berbagai praktik knowledge management (KM).

Di era serba digital, hubungan antara perusahaan dengan konsumen banyak dilakukan melalui platform Social Media. Peran konsumen saat ini berubah dari peran pasif menjadi aktif dalam hal penciptaan produk. Konsumen memainkan peran pelaku utama dalam Worth-of-Mouth marketing dalam memasarkan produk kepada calon konsumen.  Peran aktif dari konsumen ini dapat dikatakan menjadi sebuah proses mentransformasikan produk secara langsung (marketing) dan disebut sebagai knowledge worker eksternal. Contohnya yaitu Strabucks, Starbucks menggunakan Social Media untuk melakukan Knowledge Management pelanggan.

Dampak Social Media terhadap Knowledge Management

Terdapat beberapa dampak dengan adanya Social Media terhadap Knowledge Management, yaitu:

  • Social Media mendukung praktik Knowledge Management
  • Niat karyawan dalam menggunakan Social Media untuk meningkatkan internal knowledge exchange sangat dipengaruhi oleh interaksi antara kepentingan dan defisit terkait knowledge exchange, kegunaan Social Media yang dirasakan untuk knowledge exchange, dan pengalaman penggunaan Social Media untuk keberhasilan kegiatan semacam itu.
  • Platform Social Media tertentu dapat mendukung pengelolaan berbagai jenis knowledge (knowledge individu dan kolektif), dan ada kemungkinan untuk mengintegrasikan dimensi kolaboratif sosial dalam kegiatan ini.
  • Social Media berpotensi memfasilitasi dalam tacit knowledge sharing, yang dapat dianggap penting dalam sebuah model bisnis baru.
  • Social Media mendukung sumber “Knowledge”
  • Social Media berkontribusi pada berbagai jenis knowledge serta kualitas dasar pengetahuan secara keseluruhan.
  • Social Media dapat (secara langsung dan tidak langsung) mempengaruhi berbagai jenis pengetahuan seperti structural knowledge, relational capital dan social capital.
  • Social Media dapat membuat komunikasi menjadi lebih terlihat dan terbuka, yang pada akhirnya dapat membantu organisasi dalam melakukan meta-knowledge.
  • Social Media membantu mengatasi hambatan pada Knowledge Management
  • Social Media dapat memfasilitasi dalam pengurangan masalah knowledge melalui penyediaan informasi yang diperlukan, menemukan orang-orang yang berpengetahuan, menyediakan konteks virtual, memanfaatkan kearifan kolektif, dan membangun kepercayaan.
  • Fitur interaktif dari platform Social Media dapat digunakan untuk mengatasi budaya nasional sebagai penghalang Knowledge Management dalam organisasi.

Baca Artikel Berikutnya :
Mengenal Activity on the Node (AON)

Post Views: 72

PIMPINAN PROGRAM STUDI


Dekan Fakultas ISIPOL
Dr. Effiati Juliana Hasibuan, M.Si



Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Dr. Nadra Ideyani Vita, M.Si



Wakil Dekan Bidang Inovasi, Kemahasiswaan dan Alumni
Dr. Dedi Sahputra, MA



Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi
Agnita Yolanda, B.Comm, M.Sc



Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi
Angga Tinova Yudha, M.I.Kom


INFO AKADEMIK

KAITAN UMA

Peta Lokasi

KAMPUS I
Jalan Kolam Nomor 1 Medan Estate / Jalan Gedung PBSI, Medan 20223
(061) 7360168, 7366878, 7364348. Call Canter : 0811-6013-888
(061) 7368012
univ_medanarea@uma.ac.id
KAMPUS II
Jalan Sei Serayu Nomor 70 A / Jalan Setia Budi Nomor 79 B, Medan 20112
(061) 8225602, 8201994 HP : 0811 607 259
(061) 8226331
isipol@uma.ac.id

STATISTIK PENGUNJUNG WEB

  • 8
  • 8,566
  • 1,799
  • 83,895
  • 3,298,916
  • 1,491,672
Copyright 2023 © by PDAI Universitas Medan Area
↑
↓