Komunikasi lisan atau verbal menggambarkan semua jenis interaksi antara individu yang menggunakan kata-kata dan melibatkan berbicara dan mendengarkan. Dalam komunikasi lisan, pengirim dan penerima bertukar pikiran atau ide secara lisan baik dalam diskusi tatap muka atau melalui perangkat mekanik atau listrik seperti telepon atau sistem VOIP seperti Skype. Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif melalui berbicara sangat dihargai dalam bisnis.
Contoh komunikasi lisan dalam suatu organisasi meliputi:
- pertemuan staf, pertemuan bisnis, dan pertemuan tatap muka lainnya
- diskusi pribadi
- presentasi
- panggilan telepon
- percakapan informal
- presentasi publik seperti pidato, kuliah dan konferensi
- telekonferensi atau konferensi video
- wawancara
Komunikasi lisan efektif bila jelas, tepat, relevan, bijaksana, penuh perhatian, ringkas, informatif dan disesuaikan dengan kebutuhan pendengar. Penyampaian komunikasi yang efektif membutuhkan pembicara untuk mempertimbangkan nada suara, kecepatan, dan volume suaranya. Penting untuk memasukkan perubahan dalam nada vokal untuk menambah penekanan dan/atau menghindari monoton.
Unsur non verbal seperti postur, gerak tubuh, dan ekspresi wajah juga merupakan faktor penting dalam mengembangkan keterampilan komunikasi lisan yang baik. Komunikator verbal yang baik sering melakukan kontak mata untuk memastikan pemahaman dan mengembangkan hubungan baik dengan pendengar.
Jenis komunikasi ini memiliki keunggulan tertentu dibandingkan komunikasi tertulis:
- cepat dan tepat dengan kesempatan bagi pengirim dan penerima pesan untuk merespons secara langsung
- mengizinkan bahasa sederhana
- pertanyaan dapat diajukan segera untuk meningkatkan pemahaman
- umumnya murah
- Komunikasi lisan dapat didukung oleh komunikasi non-verbal seperti gerak tubuh yang memperkuat pesan
- memfasilitasi kontak dekat dan kolegialitas yang berpotensi meningkatkan motivasi
Namun, komunikasi lisan memang memiliki beberapa kelemahan:
- kecuali percakapan direkam, tidak ada catatan formal tentang apa yang dikatakan
- mungkin tidak cocok untuk informasi rahasia atau pribadi personal
- seringkali lebih memakan waktu daripada mengucapkan email
- itu bergantung pada keterampilan verbal presenter
- presentasi formal memakan waktu lama untuk dipersiapkan
Baca Juga : Komunikasi dan Hubungan Masyarakat