Fungsi atau peran periklanan dapat dilihat sebagai nilai komunikasi penting yang dilakukan atau disampaikan oleh iklan kepada khalayak sasaran bila diterapkan dengan baik oleh suatu organisasi.
Dengan kata lain…
Ketika sebuah perusahaan, pemilik bisnis atau pengiklan menjalankan kampanye promosi tentang produk atau layanan, pesan yang dikomunikasikan kepada audiens target dari iklan dapat dilihat sebagai fungsi iklan.
Sebagai contoh:
Katakanlah Anda melihat iklan televisi tentang penyedot debu yang baru dan lebih baik untuk pertama kalinya… Sekarang, melalui iklan itu, pengiklan atau perusahaan telah berhasil MENGINFORMASI Anda tentang produk tersebut.
Maka dengan menyadarkan anda akan adanya penyedot debu yang baru, maka iklan tersebut telah menjalankan fungsi atau peran periklanan yang disebut dengan INFORMASI atau PENCIPTAAN KESADARAN …
9 Fungsi Atau Peran Periklanan
1. Menginformasikan audiens target
Periklanan membantu perusahaan benar-benar menciptakan kesadaran untuk produk mereka… Dengan memberi mereka kesempatan untuk memberi mereka INFORMASI audiens target mereka ada solusi yang lebih baik untuk masalah mereka.
Saya memberikan contoh sebelumnya tentang penyedot debu yang saya ingin Anda percayai dengan cukup baik.
Selain itu, Ini (periklanan) lebih jauh memberi mereka (pengiklan, perusahaan, dll) kesempatan untuk mendidik prospek mereka tentang cara menggunakan produk mereka…
…dan juga memberi mereka informasi lain yang diperlukan untuk meningkatkan keputusan pembelian.
2. Mempengaruhi prospek untuk membeli
Iklan yang ditampilkan dengan benar justru mendorong calon pembeli untuk mau mencoba produk suatu perusahaan.
Perubahan itu konstan – kata mereka. Dan itulah mengapa orang suka meng-upgrade.
Intinya, iklan yang ditampilkan secara efektif membuat audiens target menjadi seperti:
Saya pasti akan meningkatkannya besok.
Inilah sebabnya mengapa raksasa teknologi seperti Apple bisa membuat saya dan Anda membeli gadget terbaru mereka ketika kita belum selesai dengan yang terakhir. Iphone khususnya.
Intinya?
Fungsi utama lain dari periklanan adalah membuat pelanggan atau konsumen mempertanyakan pilihan mereka saat ini. Dan munculkan argumen yang masuk akal dan daya tarik emosional untuk mencoba merek versus merek lain.
3. Untuk mengingatkan dan meningkatkan arti-penting
Ketika muncul kebutuhan yang berkaitan dengan produk yang diiklankan, dampak iklan masa lalu memungkinkan merek pengiklan muncul di benak konsumen sebagai calon pembelian.
Anda akan setuju dengan saya bahwa orang tidak dapat menggurui apa yang tidak mereka sadari… Apa yang tidak Anda ketahui tidak Anda beli.
Jadi pada dasarnya, apa yang dilakukan periklanan adalah menempatkan produk pengiklan di mata dan pikiran audiens target.
Dan:
Inti dari ini adalah untuk memastikan audiens target perusahaan berpikir ke arah produk mereka sebagai solusi untuk masalah atau kebutuhan mereka — ketika itu muncul.
Sehubungan dengan contoh penyedot debu yang saya berikan sebelumnya:
katakanlah produk itu dari perusahaan X. Dan mereka bersaing satu sama lain dari perusahaan Y dan Z masing-masing.
Sekarang, karena sponsor iklan (mengenai penyedot debu) yang Anda lihat adalah perusahaan X, Anda cenderung berpikir untuk membeli mereka ketika Anda membutuhkan penyedot debu… dengan demikian mengabaikan perusahaan Y dan Z.
Intinya, iklan yang Anda lihat dari perusahaan X telah membuat produk mereka terlihat atau lebih penting bagi Anda.
Jurus di sini adalah:
Fungsi kunci lain dari periklanan adalah menjaga merek perusahaan tetap segar dalam ingatan konsumen.
Inilah sebabnya mengapa beberapa perusahaan besar sering membiarkan iklan tertentu berjalan berulang kali untuk sementara waktu sebelum berubah.
4. Menciptakan diferensiasi merek dan produk
Produk A adalah dari merek Apple.
Produk B dari merek Samsung.
Dan Meskipun mereka ponsel, mereka tidak sama, Ya? Bagus.
Alasan Anda setuju adalah karena kedua perusahaan teknologi tersebut telah mampu membedakan merek mereka dengan menggunakan berbagai jenis iklan .
Dan itu di sana…
Salah satu peran iklan yang berbeda adalah, membuat audiens target pengiklan mengenali dan membedakan produk mereka dari produk pesaing/serupa.
5. Nilai tambah
Salah satu dari 3 cara dasar organisasi atau pengiklan menambah nilai produk mereka adalah dengan mengubah persepsi konsumen melalui iklan.
Bagaimana Perubahan Persepsi Konsumen dilakukan?
Pengiklan mencapai ini dengan menjalankan kampanye promosi tentang produk dan layanan mereka yang membuat audiens target mereka melihat produk mereka dengan cara yang berbeda. Atau lebih tepatnya, dari malaikat yang berbeda.
Misalnya: Nike Air Jordan
Terlepas dari kenyataan bahwa mereka hanyalah merek pembuat sepatu seperti Adidas dan sejenisnya… mereka telah mampu menambah nilai pada produk mereka dengan membuat Anda merasa memiliki Air Jordan — akan membuat Anda melompat seperti Michael Jordan yang terkenal
Jadi jika Anda memiliki sepasang sepatu Jordan, Nike telah berhasil mengubah persepsi Anda sebagai konsumen…
…dan jutaan audiens target mereka secara global — dengan menggunakan citra Michael Jordan dan beberapa pahlawan bola basket untuk mengiklankan produk mereka.
Tidak mengherankan jika sneaker “Air Jordan” pertama menghasilkan lebih dari $100 juta dalam penjualan dalam 12 bulan pertama – setelah dirilis pada tahun 1984.
Plus:
Michael Jordan sendiri telah memperoleh $1,3 miliar dari kesepakatan Nike- nya sejak 1984, termasuk $130 juta tahun lalu saja, menurut Forbes
Intinya?
Salah satu fungsi utama periklanan adalah mempengaruhi persepsi konsumen/pelanggan…
Akibatnya — membuat merek dipandang lebih elegan, lebih bergaya, lebih bergengsi, dan juga berkualitas lebih tinggi.
6. Membantu usaha perusahaan lain.
Terkadang, kampanye promosi (iklan) dijalankan di tempat lain untuk mendukung alat komunikasi pemasaran lain yang digunakan pengiklan untuk merangsang penjualan.
Jika Anda bertanya-tanya:
Apa itu komunikasi pemasaran?
Ini hanya merujuk pada sarana di mana informasi atau pesan tentang barang dan jasa disampaikan kepada audiens target.
Sekarang selain iklan, alat pemasaran atau promosi lainnya adalah penjualan pribadi, publisitas, promosi penjualan, dan hubungan masyarakat…
…semua alat itu adalah upaya lain yang dimanfaatkan organisasi besar dalam membangun merek yang sukses, menciptakan kesadaran akan produk mereka, dan menghasilkan penjualan besar-besaran.
Bagaimana Periklanan Kemudian Membantu Upaya Organisasi Lain?
Katakanlah saya kebetulan menjadi perwakilan penjualan untuk Apple Inc.
(Pada dasarnya, selain media dan jenis iklan lainnya , itu berarti merek juga melakukan penjualan pribadi sebagai cara untuk mengkomunikasikan produk mereka kepada audiens target mereka … Logikanya, perusahaan yang TIDAK melakukan penjualan pribadi tidak akan memiliki tenaga penjualan)
Sekarang:
Berkat iklan, pekerjaan saya sebagai salesman perusahaan (Apple Inc) menjadi mudah…
Bagaimana?
Jika saya mendekati Anda dan saya menjadi seperti:
Hai, saya Godwin dari Apple Inc…
Tanpa ragu, Anda pasti sudah tahu yang saya bicarakan adalah perusahaan pembuat gadget yang diakui secara global.
Intinya, media dan jenis iklan yang digunakan oleh perusahaan sebelum saya berhubungan dengan Anda — telah memudahkan saya sebagai tenaga penjualan untuk memperkenalkan Anda sebagai calon pelanggan yang dapat dengan mudah berhubungan dengan Anda.
Dan tidak melihat dengan mata itu…
7. Membantu meningkatkan minat produk.
Iklan yang baik memiliki daya tarik tingkat tinggi yang membangkitkan rasa ingin tahu khalayak sasaran…
…dan membuat mereka ingin mencoba produk yang ditampilkan.
8. Melakukan peran peningkatan permintaan produk
Ketika keingintahuan pelanggan telah dibangkitkan, mereka lebih mungkin untuk memuaskannya dengan memesan produk yang dimaksud.
Dan begitulah pengaruh iklan terhadap meningkatnya permintaan suatu produk.
9. Meningkatkan taraf hidup
Periklanan memfasilitasi komunikasi produk yang ditingkatkan kepada pengguna akhir potensial dan juga mendidik tentang cara menggunakannya.
Misalnya, produk pemutih… Toilet membiarkan pemutih menjadi spesifik.
Itu Datang sebagai solusi yang lebih baik untuk menggunakan deterjen biasa untuk membersihkan toilet.
Saat mempromosikan jenis produk ini, pengiklan cenderung melakukan demonstrasi dramatis yang menunjukkan kepada Anda keefektifan produk…
…dan juga mendidik Anda tentang cara menggunakannya sendiri untuk hasil terbaik.
Baca Juga : 4 Jenis Komunikasi Interpersonal dan Keterampilan Interpersonal?