mengacu pada saluran yang berbeda yang kita gunakan untuk mengkomunikasikan informasi di dunia sehari-hari. ‘Media’ adalah bentuk jamak dari medium (komunikasi), dan media utamanya adalah:
- Internet
- Televisi/Radio
- Majalah/Koran
- Film
- Musik
- Video game
Periklanan juga dianggap sebagai media, karena merupakan saluran komunikasi pesan yang terpisah dalam media penyiaran, cetak, dan online lainnya.
Apa itu Studi Media?
Studi Media adalah analisis gambar, suara, dan teks yang kita alami melalui media, dan efek gambar, suara, dan teks ini terhadap kita, penonton. Ini melibatkan melihat secara dekat teks media individu (seperti film, saluran YouTube, acara TV, game ponsel, lagu pop, dll) dan menerapkan beberapa ide berikut:
- Siapa yang membuatnya (“lembaga”)?
- Bagaimana mereka dibuat (“proses”)?
- Mengapa mereka dibuat (“tujuan”)?
- Untuk siapa mereka dibuat (“penonton”)?
- Aturan apa yang diikuti saat membuatnya (“konvensi” dan “genre”)?
Selain esai, penelitian, dan laporan, Studi Media juga melibatkan kerja praktek, di mana Anda mempelajari teknik yang terlibat untuk produksi teks media Anda sendiri. Siswa menghasilkan video musik, aplikasi telepon, iklan TV, iklan majalah, animasi komputer, esai foto, dan video dokumenter. Media adalah subjek ‘belajar sambil melakukan’, dan Anda membandingkan pengalaman Anda sendiri dengan apa yang dialami oleh para ‘profesional’.
Studi Media dapat diambil sebagai kursus GCSE, AS atau A-level dan banyak siswa melanjutkan untuk mempelajarinya di universitas. Keberhasilan dalam mata pelajaran ini berasal dari kombinasi kreativitas dan pemahaman. Ini adalah perpaduan unik dari pembelajaran praktis dan teoretis, yang, meskipun bisa menjadi kerja keras dan sangat memakan waktu, selalu bermanfaat. Ini juga sangat menyenangkan – topik apa lagi yang berhubungan dengan film, bintang pop, dan acara TV favorit Anda?
Mengapa Penting?
Saat kita maju ke abad ke-21, komunikasi menjadi lebih cepat dan lebih cepat dan lebih cepat. Pikirkan jutaan gambar media berbeda yang Anda dibombardir setiap hari. Sekarang sama pentingnya untuk dapat membaca dan memahami gambar-gambar itu, seperti halnya untuk dapat membaca teks biasa. Jika Anda tidak tahu cara membaca pesan yang datang kepada Anda dari TV, Internet, ponsel pintar Anda, iklan dll, maka Anda mungkin menjadi sangat tersesat dan disesatkan di abad ke-21. Anda juga perlu memiliki gagasan yang baik tentang bagaimana pesan tersebut dibuat, dan siapa yang membuatnya, sehingga Anda dapat dengan cepat menyadari jika seseorang (atau beberapa perusahaan!) mencoba memanipulasi pikiran dan perasaan Anda.
Studi Media juga tentang menghargai keterampilan dan kreativitas yang masuk ke dalam produksi teks media. Sama seperti menganalisis berbagai teknik yang digunakan dalam penciptaan puisi atau novel membantu Anda menghargai bakat penulis, demikian juga belajar tentang teknik media membantu Anda menghargai keterampilan dengan kata-kata dan gambar yang harus dimiliki oleh pencipta teks media.
Studi Media juga membahas ide-ide terbaru – itulah sebabnya Anda memerlukan situs web untuk membantu Anda mempelajarinya, daripada mengandalkan buku teks yang ketinggalan zaman dengan sangat cepat. Meskipun Anda perlu memiliki pemahaman tentang sejarah media (terutama bagaimana perkembangan teknologi baru telah mengubah banyak hal), fokus studi Anda adalah apa yang sedang terjadi saat ini, yang menggemparkan gelombang udara di dunia.
Gunakan menu di kanan atas halaman ini untuk memilih area media yang ingin Anda pelajari lebih lanjut. Anda akan menemukan banyak informasi di setiap formulir media, dan berbagai macam tautan ke situs lain. Seberapa mudah bisa penelitian?
Glosarium Studi Media
Berikut adalah beberapa istilah kunci yang mungkin Anda temui ketika Anda mulai mempelajari media:
Ketentuan | Berarti |
Hadirin | Para pembaca teks media. Banyak karya studi media berkaitan dengan efek yang mungkin dimiliki teks pada audiens. Semua teks ditujukan (ditargetkan) pada audiens tertentu, yang dikenal sebagai audiens target. |
Konvensi | Cara yang dikenal luas dalam melakukan sesuatu – konten, gaya, dan bentuk, misalnya konvensi video musik adalah
Tidak semua video musik mengikuti konvensi yang mudah dikenali ini, tetapi kebanyakan dari mereka melakukannya |
Mengedit | Proses pemilihan dan manipulasi gambar dan kata-kata untuk membuat teks media. Pekerjaan editor adalah pekerjaan yang sangat penting apakah Anda memproduksi video atau halaman surat kabar – editor membuat keputusan akhir tentang apa yang masuk ke teks akhir, dan dengan demikian memutuskan apa artinya semua itu bagi pembaca atau pemirsa. |
teka-teki | Sebuah pertanyaan yang tidak segera dijawab dan dengan demikian menarik penonton ke dalam teks misalnya tubuh ditemukan di awal drama detektif tv. Identitas si pembunuh adalah sebuah teka-teki. Kami menonton untuk mencari tahu siapa pembunuhnya. |
Penjaga gerbang | Istilah yang cukup kuno untuk menggambarkan cara di mana personel kunci tertentu (editor berita, terutama pemilik surat kabar) memiliki kendali atas informasi yang disajikan kepada khalayak, dan cara penyajiannya (sudut pandang). |
Aliran | Cara mengkategorikan teks menurut bentuk, gaya, dan isinya. Kategorisasi ini berguna bagi produser (yang menggunakan konvensi genre) dan penonton (yang memiliki ekspektasi terhadap genre tersebut). |
Cerita | Cara di mana sebuah cerita, atau urutan peristiwa, disatukan dalam sebuah teks. Semua teks media memiliki semacam narasi, dari gambar fotografi tunggal hingga laporan olahraga hingga film fitur. Narasi dapat direduksi menjadi satu persamaan sederhana yaitu ekuilibrium – disekuilibrium – ekuilibrium baru |
Nilai Berita | Cara mengkategorikan dan menilai berita untuk memutuskan kelayakan beritanya |
Kepemilikan | Isu penting dalam studi media – dan terus berubah. Siapa yang memproduksi dan mendistribusikan teks media yang kita baca? Apa pengaruh kepemilikan mereka terhadap konten? |
Perwakilan | Cara media “menghadirkan kembali” dunia di sekitar kita dalam bentuk tanda dan kode untuk dibaca khalayak. |
Bintang | Seseorang yang telah menjadi begitu terkenal, baik karena melakukan pekerjaannya (aktor, pemain olahraga) dan muncul di berbagai media, sehingga citranya langsung dikenali sebagai tanda, dengan berbagai arti atau makna misalnya – gambar David Beckham mewakili seluruh rakit makna: Inggris, sepak bola, kekayaan, Mewah, sukses, korban mode, keahlian, seksualitas dll… Miley Cyrus juga seorang bintang tetapi citranya menandakan masa muda, kebugaran fisik, putih (+karakteristik stereotip terkait), menyanyi, menari, seksualitas, mode, dll… Gambar seorang bintang menjadi tanda yang mudah dikenali yang digunakan dalam berbagai bentuk pikirkan di mana Anda pernah melihat foto Britney dan Becks. Bintang dapat menggunakan fakta bahwa gambar mereka memiliki makna dengan mengizinkannya digunakan untuk tujuan periklanan. |
Stereotip | Stereotip adalah representasi dari orang-orang yang mengandalkan ide-ide yang terbentuk sebelumnya tentang kelompok yang dianggap sebagai milik orang tersebut. Diasumsikan bahwa individu berbagi karakteristik pribadi dengan anggota lain dari kelompok itu misalnya akuntan semuanya membosankan. Meskipun menggunakan stereotip menyimpan banyak penjelasan dalam teks, itu bisa menjadi metode karakterisasi yang sangat malas. Stereotip dapat dianggap berbahaya, karena mendorong penonton untuk berpikir bahwa sekelompok besar orang adalah sama, dan seringkali memiliki karakteristik negatif yang sama. |
Teks | Semua produksi digambarkan sebagai teks, baik yang ada tulisannya maupun tidak. Film adalah teks, seperti halnya majalah, iklan papan reklame, jingle radio, dan permainan komputer. Mereka disebut teks karena kita ‘membacanya’ untuk memecahkan kode maknanya. |