Skip to content
Inovatif, Profesional dan Berkepribadian
facebook
youtube
instagram
EnglishIndonesian
Ilmu Komunikasi-Program studi terbaik di Sumatera Utara
Help Desk 081269419190
Email Support isipol@uma.ac.id
Location Jl. Kolam No. 1 Medan Estate
  • BERANDA
  • PROFIL
    • AKREDITASI
    • Fungsionaris
    • Struktur Organisasi
    • Visi & Misi
    • KERJASAMA
  • AKADEMIK
    • INFORMASI AKADEMIK
      • AKADEMIK ONLINE
      • E-LEARNING
      • Jurnal
      • Lapor AOC
      • Dosen Penasehat Akademik
    • JADWAL AKADEMIK
      • Jadwal Kuliah
      • JADWAL PRAKTIKUM
      • Jadwal Seminar Dan Sidang
      • Jadwal UTS
      • Jadwal UAS
      • Jadwal Semester Antara
      • Jadwal Wisuda
    • KALENDER AKADEMIK
    • Kurikulum
      • SEMESTER I
      • SEMESTER II
      • SEMESTER III
      • SEMESTER IV
      • SEMESTER V
      • SEMESTER VI
      • SEMESTER VII
      • SEMESTER VIII
  • AKTIVITAS PRODI
    • KEGIATAN PRODI
    • PRESTASI PRODI
  • MAHASISWA
    • BEASISWA
      • Beasiswa KIP – Kuliah
      • Beasiswa Bank Indonesia (BI)
      • Beasiswa UKT/SPP Mahasiwa
      • Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)
      • Beasiswa YPHAS (Rangking SLTA/Sederajat)
      • Beasiswa YPHAS (Bersaudara Kandung & Anak Dosen / Karyawan)
    • SISTEM INFORMASI
      • Data Mahasiswa
      • Blog Mahasiswa
      • Jurnal Mahasiswa
      • AOC
      • E-Learning
      • APIK
      • Kuota
      • OPAC
      • WEBMAIL
      • SiProdi
    • Prestasi Mahasiswa
  • DOSEN
    • Dosen Prodi
    • Blog Dosen
    • Aktivitas Dosen
    • Prestasi Dosen
    • Jurnal Dosen
    • AOC
    • RKTS
    • RPS
    • TKTD
    • E-Learning
    • OPAC UMA
    • WEBMAIL
  • ARSIP
    • Dokumen Prodi
    • Pengumuman
  • ALUMNI
    • TRACER STUDY
    • DATA ALUMNI
    • LAYANAN ALUMNI
  • LABORATORIUM
    • infomasi Laboratorium
    • Aplikasi Laboratorium
  • HUBUNGI KAMI

Pengantar Studi Media

Home > Artikel > Pengantar Studi Media

Pengantar Studi Media

Posted on July 27, 2021 by fisipol
0

mengacu pada saluran yang berbeda yang kita gunakan untuk mengkomunikasikan informasi di dunia sehari-hari. ‘Media’ adalah bentuk jamak dari medium (komunikasi), dan media utamanya adalah:

  • Internet
  • Televisi/Radio 
  • Majalah/Koran
  • Film
  • Musik
  • Video game

Periklanan juga dianggap sebagai media, karena merupakan saluran komunikasi pesan yang terpisah dalam media penyiaran, cetak, dan online lainnya.

Apa itu Studi Media?

Studi Media adalah analisis gambar, suara, dan teks yang kita alami melalui media, dan efek gambar, suara, dan teks ini terhadap kita, penonton. Ini melibatkan melihat secara dekat teks media individu (seperti film, saluran YouTube, acara TV, game ponsel, lagu pop, dll) dan menerapkan beberapa ide berikut:

  • Siapa yang membuatnya (“lembaga”)?
  • Bagaimana mereka dibuat (“proses”)?
  • Mengapa mereka dibuat (“tujuan”)?
  • Untuk siapa mereka dibuat (“penonton”)?
  • Aturan apa yang diikuti saat membuatnya (“konvensi” dan “genre”)?

Selain esai, penelitian, dan laporan, Studi Media juga melibatkan kerja praktek, di mana Anda mempelajari teknik yang terlibat untuk produksi teks media Anda sendiri. Siswa menghasilkan video musik, aplikasi telepon, iklan TV, iklan majalah, animasi komputer, esai foto, dan video dokumenter. Media adalah subjek ‘belajar sambil melakukan’, dan Anda membandingkan pengalaman Anda sendiri dengan apa yang dialami oleh para ‘profesional’.

Studi Media dapat diambil sebagai kursus GCSE, AS atau A-level dan banyak siswa melanjutkan untuk mempelajarinya di universitas. Keberhasilan dalam mata pelajaran ini berasal dari kombinasi kreativitas dan pemahaman. Ini adalah perpaduan unik dari pembelajaran praktis dan teoretis, yang, meskipun bisa menjadi kerja keras dan sangat memakan waktu, selalu bermanfaat. Ini juga sangat menyenangkan – topik apa lagi yang berhubungan dengan film, bintang pop, dan acara TV favorit Anda?

Mengapa Penting?

Saat kita maju ke abad ke-21, komunikasi menjadi lebih cepat dan lebih cepat dan lebih cepat. Pikirkan jutaan gambar media berbeda yang Anda dibombardir setiap hari. Sekarang sama pentingnya untuk dapat membaca dan memahami gambar-gambar itu, seperti halnya untuk dapat membaca teks biasa. Jika Anda tidak tahu cara membaca pesan yang datang kepada Anda dari TV, Internet, ponsel pintar Anda, iklan dll, maka Anda mungkin menjadi sangat tersesat dan disesatkan di abad ke-21. Anda juga perlu memiliki gagasan yang baik tentang bagaimana pesan tersebut dibuat, dan siapa yang membuatnya, sehingga Anda dapat dengan cepat menyadari jika seseorang (atau beberapa perusahaan!) mencoba memanipulasi pikiran dan perasaan Anda.

Studi Media juga tentang menghargai keterampilan dan kreativitas yang masuk ke dalam produksi teks media. Sama seperti menganalisis berbagai teknik yang digunakan dalam penciptaan puisi atau novel membantu Anda menghargai bakat penulis, demikian juga belajar tentang teknik media membantu Anda menghargai keterampilan dengan kata-kata dan gambar yang harus dimiliki oleh pencipta teks media.

Studi Media juga membahas ide-ide terbaru – itulah sebabnya Anda memerlukan situs web untuk membantu Anda mempelajarinya, daripada mengandalkan buku teks yang ketinggalan zaman dengan sangat cepat. Meskipun Anda perlu memiliki pemahaman tentang sejarah media (terutama bagaimana perkembangan teknologi baru telah mengubah banyak hal), fokus studi Anda adalah apa yang sedang terjadi saat ini, yang menggemparkan gelombang udara di dunia.

Gunakan menu di kanan atas halaman ini untuk memilih area media yang ingin Anda pelajari lebih lanjut. Anda akan menemukan banyak informasi di setiap formulir media, dan berbagai macam tautan ke situs lain. Seberapa mudah bisa penelitian?

Glosarium Studi Media

Berikut adalah beberapa istilah kunci yang mungkin Anda temui ketika Anda mulai mempelajari media:

Ketentuan Berarti
Hadirin Para pembaca teks media. Banyak karya studi media berkaitan dengan efek yang mungkin dimiliki teks pada audiens. Semua teks ditujukan (ditargetkan) pada audiens tertentu, yang dikenal sebagai audiens target.
Konvensi Cara yang dikenal luas dalam melakukan sesuatu – konten, gaya, dan bentuk, misalnya konvensi video musik adalah

  • panjangnya sama dengan lagunya (sekitar 3-4 menit)
  • itu menampilkan band, yang terlihat seperti sedang bernyanyi
  • ini memiliki banyak pengeditan cepat

Tidak semua video musik mengikuti konvensi yang mudah dikenali ini, tetapi kebanyakan dari mereka melakukannya

Mengedit Proses pemilihan dan manipulasi gambar dan kata-kata untuk membuat teks media. Pekerjaan editor adalah pekerjaan yang sangat penting apakah Anda memproduksi video atau halaman surat kabar – editor membuat keputusan akhir tentang apa yang masuk ke teks akhir, dan dengan demikian memutuskan apa artinya semua itu bagi pembaca atau pemirsa.
teka-teki Sebuah pertanyaan yang tidak segera dijawab dan dengan demikian menarik penonton ke dalam teks misalnya tubuh ditemukan di awal drama detektif tv. Identitas si pembunuh adalah sebuah teka-teki. Kami menonton untuk mencari tahu siapa pembunuhnya.
Penjaga gerbang Istilah yang cukup kuno untuk menggambarkan cara di mana personel kunci tertentu (editor berita, terutama pemilik surat kabar) memiliki kendali atas informasi yang disajikan kepada khalayak, dan cara penyajiannya (sudut pandang).
Aliran Cara mengkategorikan teks menurut bentuk, gaya, dan isinya. Kategorisasi ini berguna bagi produser (yang menggunakan konvensi genre) dan penonton (yang memiliki ekspektasi terhadap genre tersebut).
Cerita Cara di mana sebuah cerita, atau urutan peristiwa, disatukan dalam sebuah teks. Semua teks media memiliki semacam narasi, dari gambar fotografi tunggal hingga laporan olahraga hingga film fitur. Narasi dapat direduksi menjadi satu persamaan sederhana yaitu ekuilibrium – disekuilibrium – ekuilibrium baru
Nilai Berita Cara mengkategorikan dan menilai berita untuk memutuskan kelayakan beritanya
Kepemilikan Isu penting dalam studi media – dan terus berubah. Siapa yang memproduksi dan mendistribusikan teks media yang kita baca? Apa pengaruh kepemilikan mereka terhadap konten?
Perwakilan Cara media “menghadirkan kembali” dunia di sekitar kita dalam bentuk tanda dan kode untuk dibaca khalayak.
Bintang Seseorang yang telah menjadi begitu terkenal, baik karena melakukan pekerjaannya (aktor, pemain olahraga) dan muncul di berbagai media, sehingga citranya langsung dikenali sebagai tanda, dengan berbagai arti atau makna misalnya – gambar David Beckham mewakili seluruh rakit makna: Inggris, sepak bola, kekayaan, Mewah, sukses, korban mode, keahlian, seksualitas dll… Miley Cyrus juga seorang bintang tetapi citranya menandakan masa muda, kebugaran fisik, putih (+karakteristik stereotip terkait), menyanyi, menari, seksualitas, mode, dll… Gambar seorang bintang menjadi tanda yang mudah dikenali yang digunakan dalam berbagai bentuk  pikirkan di mana Anda pernah melihat foto Britney dan Becks. Bintang dapat menggunakan fakta bahwa gambar mereka memiliki makna dengan mengizinkannya digunakan untuk tujuan periklanan.
Stereotip Stereotip adalah representasi dari orang-orang yang mengandalkan ide-ide yang terbentuk sebelumnya tentang kelompok yang dianggap sebagai milik orang tersebut. Diasumsikan bahwa individu berbagi karakteristik pribadi dengan anggota lain dari kelompok itu misalnya akuntan semuanya membosankan. Meskipun menggunakan stereotip menyimpan banyak penjelasan dalam teks, itu bisa menjadi metode karakterisasi yang sangat malas. Stereotip dapat dianggap berbahaya, karena mendorong penonton untuk berpikir bahwa sekelompok besar orang adalah sama, dan seringkali memiliki karakteristik negatif yang sama.
Teks Semua produksi digambarkan sebagai teks, baik yang ada tulisannya maupun tidak. Film adalah teks, seperti halnya majalah, iklan papan reklame, jingle radio, dan permainan komputer. Mereka disebut teks karena kita ‘membacanya’ untuk memecahkan kode maknanya.

Baca Juga : 4 Jenis Komunikasi Interpersonal dan Keterampilan Interpersonal?

Post Views: 376

PIMPINAN PROGRAM STUDI


Dekan Fakultas ISIPOL
Dr. Effiati Juliana Hasibuan, M.Si



Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Dr. Nadra Ideyani Vita, M.Si



Wakil Dekan Bidang Inovasi, Kemahasiswaan dan Alumni
Dr. Dedi Sahputra, MA



Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi
Agnita Yolanda, B.Comm, M.Sc



Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi
Angga Tinova Yudha, M.I.Kom


INFO AKADEMIK

KAITAN UMA

Peta Lokasi

KAMPUS I
Jalan Kolam Nomor 1 Medan Estate / Jalan Gedung PBSI, Medan 20223
(061) 7360168, 7366878, 7364348. Call Canter : 0811-6013-888
(061) 7368012
univ_medanarea@uma.ac.id
KAMPUS II
Jalan Sei Serayu Nomor 70 A / Jalan Setia Budi Nomor 79 B, Medan 20112
(061) 8225602, 8201994 HP : 0811 607 259
(061) 8226331
isipol@uma.ac.id

STATISTIK PENGUNJUNG WEB

  • 7
  • 8,021
  • 1,682
  • 83,350
  • 3,298,371
  • 1,491,555
Copyright 2023 © by PDAI Universitas Medan Area
↑
↓