1. Kampanye PR adalah tentang surat kabar dan siaran pers
Kampanye PR tradisional melibatkan pengiriman siaran pers ketika sebuah bisnis memiliki berita. Sekarang, ada lebih banyak dari itu.
Meskipun siaran pers yang dibuat dengan baik itu penting, itu bukan satu-satunya hal yang penting. Itu karena pengertian ‘liputan media’ juga telah berubah. Di tahun 2016, liputan media digital bisa dibilang lebih penting daripada cetak.
Berlawanan dengan kepercayaan populer, menjadi ‘orang-orang’ bukanlah satu-satunya keterampilan yang dibutuhkan PR. Siaran pers adalah berita yang sudah jadi, jadi PR membutuhkan keterampilan menulis yang sempurna dan pemahaman yang kuat tentang jurnalisme untuk memastikan bahwa Anda memiliki kesempatan terbaik untuk dianggap serius oleh media. Mereka juga harus berpengalaman dalam hal-hal penting digital seperti SEO, media sosial, dan analisis web. Pengetahuan yang baik tentang urusan publik dan budaya populer sangat penting, serta perhatian terhadap detail. Yang membawa kita dengan baik ke poin berikutnya …
2. PR itu mudah – siapa saja bisa melakukan kampanye
Kami melihat banyak organisasi berusaha mengelola kampanye PR mereka sendiri. Mereka percaya bahwa ketika mereka memiliki beberapa berita, mereka akan mengirimkan siaran pers dan menerima perhatian media global.
Sayangnya, kecuali Anda Apple, mayoritas tidak demikian.
PR adalah proses berkelanjutan dari aktivitas yang dibuat dengan hati-hati. PR yang baik akan selalu mencari cara untuk mengelola persepsi merek di mata publik secara positif – ini tidak selalu berarti harus memiliki ‘berita’. Mereka akan memeriksa media sosial dan berita terkini untuk peluang bagi klien mereka untuk berkomentar. Mereka juga akan mempertahankan percakapan dengan jurnalis, sehingga mereka tahu cerita apa yang akan datang, dan bagaimana klien mereka dapat menyesuaikan diri.
Mempertimbangkan hal itu, Anda dapat melihat mengapa pendekatan DIY tidak selalu merupakan solusi terbaik kecuali Anda dapat yakin bahwa Anda memiliki tim PR ‘in-house’ yang menginvestasikan banyak waktu untuk mempertahankan hubungan yang mapan, memiliki pengetahuan tentang bagaimana untuk bergegas melawan persaingan untuk ruang editorial, dan terus-menerus memperhatikan apa yang akan muncul dalam agenda publikasi. Percayalah pada kami ketika kami mengatakan bahwa melakukan kampanye PR Anda salah bisa menjadi bisnis yang sangat serius.
3. PR pada dasarnya sama dengan iklan
Kami akui ada tumpang tindih. Baik PR dan periklanan memaksimalkan eksposur, dengan tujuan akhir menempatkan merek Anda di bawah hidung bisnis baru yang potensial. Namun, baik proses maupun hasil berbeda di antara keduanya.
Sebagai aturan umum, siapa pun dapat membayar ruang iklan baik online atau cetak jika Anda memiliki anggaran. Siapa pun yang pernah menerima panggilan penjualan yang mencoba mencambuk ruang iklan akan tahu bahwa ini benar. Itu tidak berarti itu tidak efektif, tetapi dampak dari penempatan merek semacam itu memiliki serangkaian metrik terpisah yang memenuhi syarat laba atas investasi.
Sebaliknya, seorang jurnalis tidak akan memasukkan merek dalam sebuah artikel kecuali jika itu menambah nilai cerita – tidak peduli berapa banyak Anda bersedia membayar. Meskipun konten bersponsor memang ada, itu adalah persyaratan hukum untuk diberi label seperti itu. Jadi, jika Anda dapat disebutkan oleh publikasi yang berpengaruh dan dihormati dalam artikel profil tinggi, tidak diragukan lagi hal itu akan berdampak positif pada bagaimana Anda dan merek Anda dipersepsikan di pasar.
Iklan seringkali jauh lebih mahal daripada PR juga. Iklan satu halaman berwarna di surat kabar nasional dapat membuat Anda kembali, di mana saja hingga £100k+. Anda bisa mendapatkan tim khusus yang bekerja selama berbulan-bulan untuk aktivitas PR yang intensif dan terstruktur untuk itu. Dan jika Anda memiliki beberapa berita yang layak, Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang sama sekali.
4. PR pada dasarnya sama dengan pemasaran
Sementara PR dan pemasaran memperkuat reputasi sebuah merek, di situlah kesamaan berakhir.
Kegiatan pemasaran sebagian besar adalah tentang meningkatkan penjualan. Sementara PR dapat bermanfaat untuk mendorong bisnis baru, hubungannya tidak begitu konkret. Pemasar yang rajin selalu mencari ‘laba atas investasi’. Ini adalah ukuran berapa banyak uang yang dihasilkan bisnis untuk setiap pound yang dihabiskan untuk pemasaran.
Banyak elemen PR dapat diukur, tetapi Anda memerlukan gambaran lengkap tentang bagaimana hal itu berdampak pada saluran pemasaran, keterlibatan sosial, kesadaran merek, peningkatan lalu lintas web, prospek masuk, dan penjualan keluar jika Anda ingin mendapatkan hasil yang baik. gambaran keberhasilan kampanye. Anda dapat menghitung berapa banyak orang yang melihat liputan, dan lalu lintas web karena blogging atau media sosial.
Namun, sifat media yang cair berarti bahwa menghubungkannya dengan peningkatan penjualan sangat sulit diprediksi. Itu sebabnya kami membantu merek untuk bergerak melampaui cara yang terbatas dan tunggal ini untuk mengukur keberhasilan PR. Kami menunjukkan bagaimana satu bagian PR dapat berdampak pada bisnis secara keseluruhan, ketika digunakan dalam kombinasi dengan strategi pemasaran, konten, dan media sosial yang semuanya membantunya mencapai banyak manfaat untuk bisnis… lebih dari sekadar tampilan liputan awal
Tidak seperti pemasaran, artikel PR bisa sedikit tidak terduga dan dapat dibuang oleh publikasi pada menit terakhir, jika ada hal lain yang lebih berharga bagi pembaca. Demikian juga, editor tidak akan membuang waktu untuk menghapus kutipan dari artikel yang terlalu panjang. Jadi kuncinya di sini adalah memastikan Anda memiliki aliran aktivitas PR yang teratur, di berbagai publikasi dan sektor untuk memastikan aliran liputan yang konstan terus meningkatkan jangkauan dan persepsi pesan merek.
Kemampuan PR untuk mendorong bisnis baru harus dibantu dengan membantu tim pemasaran memahami bagaimana mereka dapat menggunakan liputan secara maksimal. Setidaknya harus disertakan di blog perusahaan Anda, dibagikan di media sosial, dan direferensikan saat mengajukan penawaran ke klien potensial.
5. PR tidak begitu berharga tanpa tautan
Tidak ada keraguan bahwa penyebutan dan tautan dalam artikel online profil tinggi sangat berharga. Terutama jika Anda telah berinvestasi dalam strategi SEO yang kuat.
Namun, seperti yang kami sebutkan di atas, PR tidak dapat diprediksi. Banyak publikasi besar membuat aturan untuk tidak pernah memberikan tautan ke situs web merek. Meskipun merek Anda disebutkan ke jutaan audiens, Anda harus menerima bahwa tautan mungkin tidak selalu menjadi harapan yang Anda dapatkan. Banyak blog dan situs yang lebih kecil – tetapi masih bereputasi baik – akan menawarkan tautan saat menjalankan cerita yang menampilkan merek. Dengan mengingat hal itu, kampanye PR Anda tidak boleh mengabaikan publikasi yang lebih kecil karena Anda terlalu sibuk mengejar orang-orang besar!
Tidak semua cakupan dibuat sama. Semua jenis – dari cetak hingga online, tautan dan tanpa tautan – memiliki manfaat yang berbeda. Sebuah situs yang menerima banyak pengunjung dan berbagi akan memiliki otoritas domain yang baik . Dapatkan tautan dari situs yang memiliki otoritas domain yang baik, dan dapat membantu kinerja SEO situs Anda sendiri.
Bahkan jika Anda tidak mendapatkan tautan, PR masih memiliki manfaat besar bagi upaya SEO Anda. Kinerja SEO juga mencerminkan kualitas dan kuantitas tautan keluar dari situs Anda. Sepotong liputan media yang bagus memberi Anda konten berharga untuk ditautkan, serta inspirasi untuk blog perusahaan dan saluran media sosial Anda. Semuanya penting untuk meningkatkan SEO situs Anda.
Kiat kami adalah mengintegrasikan tim PR Anda dengan tim SEO Anda sehingga keduanya dapat bekerja sama untuk membantu meningkatkan
Baca Juga : Cara Membuat & Menerapkan Kampanye Public Relation