Skip to content
Inovatif, Profesional dan Berkepribadian
facebook
youtube
instagram
EnglishIndonesian
Ilmu Komunikasi-Program studi terbaik di Sumatera Utara
Help Desk 081269419190
Email Support isipol@uma.ac.id
Location Jl. Kolam No. 1 Medan Estate
  • BERANDA
  • PROFIL
    • AKREDITASI
    • Fungsionaris
    • Struktur Organisasi
    • Visi & Misi
    • KERJASAMA
  • AKADEMIK
    • INFORMASI AKADEMIK
      • AKADEMIK ONLINE
      • E-LEARNING
      • Jurnal
      • Lapor AOC
      • Dosen Penasehat Akademik
    • JADWAL AKADEMIK
      • Jadwal Kuliah
      • JADWAL PRAKTIKUM
      • Jadwal Seminar Dan Sidang
      • Jadwal UTS
      • Jadwal UAS
      • Jadwal Semester Antara
      • Jadwal Wisuda
    • KALENDER AKADEMIK
    • Kurikulum
      • SEMESTER I
      • SEMESTER II
      • SEMESTER III
      • SEMESTER IV
      • SEMESTER V
      • SEMESTER VI
      • SEMESTER VII
      • SEMESTER VIII
  • AKTIVITAS PRODI
    • KEGIATAN PRODI
    • PRESTASI PRODI
  • MAHASISWA
    • BEASISWA
      • Beasiswa KIP – Kuliah
      • Beasiswa Bank Indonesia (BI)
      • Beasiswa UKT/SPP Mahasiwa
      • Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)
      • Beasiswa YPHAS (Rangking SLTA/Sederajat)
      • Beasiswa YPHAS (Bersaudara Kandung & Anak Dosen / Karyawan)
    • SISTEM INFORMASI
      • Data Mahasiswa
      • Blog Mahasiswa
      • Jurnal Mahasiswa
      • AOC
      • E-Learning
      • APIK
      • Kuota
      • OPAC
      • WEBMAIL
      • SiProdi
    • Prestasi Mahasiswa
  • DOSEN
    • Dosen Prodi
    • Blog Dosen
    • Aktivitas Dosen
    • Prestasi Dosen
    • Jurnal Dosen
    • AOC
    • RKTS
    • RPS
    • TKTD
    • E-Learning
    • OPAC UMA
    • WEBMAIL
  • ARSIP
    • Dokumen Prodi
    • Pengumuman
  • ALUMNI
    • TRACER STUDY
    • DATA ALUMNI
    • LAYANAN ALUMNI
  • LABORATORIUM
    • infomasi Laboratorium
    • Aplikasi Laboratorium
  • HUBUNGI KAMI

Proses Pengambilan Keputusan Konsumen

Home > Artikel > Proses Pengambilan Keputusan Konsumen

Proses Pengambilan Keputusan Konsumen

Posted on August 27, 2021 by fisipol
0
Apa itu Proses Pengambilan Keputusan Konsumen

Proses pengambilan keputusan konsumen melibatkan konsumen untuk mengidentifikasi kebutuhan mereka, mengumpulkan informasi, mengevaluasi alternatif dan kemudian membuat keputusan pembelian mereka. Perilaku konsumen dapat ditentukan oleh faktor ekonomi dan psikologis dan dipengaruhi oleh faktor lingkungan seperti nilai-nilai sosial dan budaya.

Perilaku pengambilan keputusan konsumen merupakan prosedur yang kompleks dan melibatkan segala sesuatu mulai dari pengenalan masalah hingga aktivitas pasca pembelian. Setiap konsumen memiliki kebutuhan yang berbeda dalam kehidupan sehari-hari mereka dan ini adalah kebutuhan yang membuat daripada membuat keputusan yang berbeda.

Keputusan bisa menjadi kompleks, membandingkan, mengevaluasi, memilih serta membeli dari berbagai produk tergantung pada pendapat konsumen atas produk tertentu. Hal ini memberikan pemahaman dan menyadari masalah dasar dari proses pengambilan keputusan konsumen bagi pemasar untuk membuat produk dan layanan mereka berbeda dari yang lain di pasar.

5 Tahapan Proses Pengambilan Keputusan Konsumen

Model perilaku pembelian adalah salah satu metode yang digunakan oleh pemasar untuk mengidentifikasi dan menelusuri proses pengambilan keputusan seorang pelanggan dari awal hingga akhir. Proses ini dikategorikan menjadi 5 tahap yang berbeda yang dijelaskan sebagai berikut:

Butuh pengakuan

Pengenalan kebutuhan terjadi ketika konsumen secara tepat menentukan kebutuhan mereka. Konsumen mungkin merasa kehilangan sesuatu dan perlu mengatasi masalah ini untuk mengisi kekosongan tersebut. Ketika bisnis dapat menentukan kapan target pasar mereka mulai mengembangkan kebutuhan atau keinginan ini, mereka dapat memanfaatkan peluang ideal untuk mengiklankan merek mereka.

Contoh yang membeli air atau minuman dingin mengidentifikasi kebutuhan mereka sebagai rasa haus. Di Sini; namun, pencarian informasi dan evaluasi alternatif tidak ada. Langkah-langkah pengambilan keputusan konsumen ini dianggap penting ketika merek mahal sedang dalam pertimbangan pembelian seperti mobil, laptop, ponsel, dll.

Pencarian informasi

Tahap pencarian informasi dalam proses keputusan pembeli cenderung berubah secara terus-menerus karena konsumen membutuhkan semakin banyak informasi tentang produk yang dapat memuaskan kebutuhan mereka. Informasi juga dapat diperoleh melalui rekomendasi dari orang-orang yang memiliki pengalaman sebelumnya dengan produk.

Pada tingkat ini, konsumen cenderung mempertimbangkan manajemen risiko dan menyiapkan daftar fitur dari merek tertentu. Hal ini dilakukan karena kebanyakan orang tidak ingin menyesali keputusan pembelian mereka. Informasi produk dan jasa dapat diperoleh melalui beberapa sumber seperti:

  • Sumber komersial: iklan, kampanye promosi, tenaga penjualan atau kemasan produk tertentu.
  • Sumber pribadi: Kebutuhan didiskusikan dengan keluarga dan teman yang memberikan rekomendasi produk.
  • Sumber publik: Radio, surat kabar dan majalah.
  • Sumber pengalaman: Pengalaman pelanggan sendiri dalam menggunakan merek tertentu.

Evaluasi Alternatif

Langkah ini melibatkan evaluasi berbagai alternatif yang tersedia di pasar bersama dengan siklus hidup produk . Setelah ditentukan oleh pelanggan apa yang dapat memuaskan kebutuhan mereka, mereka akan mulai mencari pilihan terbaik yang tersedia. Evaluasi ini dapat didasarkan pada berbagai faktor seperti kualitas, harga atau faktor lain yang penting bagi pelanggan. Mereka mungkin membandingkan harga atau membaca ulasan dan kemudian memilih produk yang paling memenuhi parameter mereka.

Keputusan Pembelian

Ketika semua tahapan di atas telah dilalui, kini pelanggan akhirnya memutuskan untuk melakukan keputusan pembelian. Pada tahap ini, konsumen telah mengevaluasi semua fakta dan telah sampai pada kesimpulan logis yang didasarkan pada pengaruh dari kampanye pemasaran atau pada hubungan emosional atau pengalaman pribadi atau kombinasi keduanya.

Perilaku Pasca Pembelian

Pembelian produk dilanjutkan dengan evaluasi pasca pembelian yang mengacu pada analisis apakah produk tersebut bermanfaat bagi konsumen atau tidak. Jika produk telah sesuai dengan harapan pelanggan, mereka akan berfungsi sebagai duta merek yang dapat mempengaruhi konsumen potensial lainnya yang akan meningkatkan basis pelanggan merek tertentu. Hal yang sama berlaku untuk pengalaman negatif; namun, hal itu dapat menghentikan perjalanan calon pelanggan menuju produk.

 

Baca Juga : 5 langkah untuk memahami proses pembelian pelanggan Anda

Post Views: 23,050

PIMPINAN PROGRAM STUDI


Dekan Fakultas ISIPOL
Dr. Effiati Juliana Hasibuan, M.Si



Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Dr. Nadra Ideyani Vita, M.Si



Wakil Dekan Bidang Inovasi, Kemahasiswaan dan Alumni
Dr. Dedi Sahputra, MA



Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi
Agnita Yolanda, B.Comm, M.Sc



Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi
Angga Tinova Yudha, M.I.Kom


ARTIKEL TERBARU

  • Pengertian Cyber Crime Secara Umum Dalam Dunia Teknologi
  • Kelebihan Oracle Beserta Fungsinya dalam mengolah Database
  • Pengertian Oracle Beserta Sejarah Terbentuknya Hingga Mendunia
  • Alibaba Cloud Sebut Adanya Kemungkinan Data Center Baru di Indonesia
  • Microsoft Ciptakan Chip Buatan Sendiri yang Mendukung Layanan Cloud Computing Azure

INFO AKADEMIK

KAITAN UMA

Peta Lokasi

KAMPUS I
Jalan Kolam Nomor 1 Medan Estate / Jalan Gedung PBSI, Medan 20223
(061) 7360168, 7366878, 7364348. Call Canter : 0811-6013-888
(061) 7368012
univ_medanarea@uma.ac.id
KAMPUS II
Jalan Sei Serayu Nomor 70 A / Jalan Setia Budi Nomor 79 B, Medan 20112
(061) 8225602, 8201994 HP : 0811 607 259
(061) 8226331
isipol@uma.ac.id

STATISTIK PENGUNJUNG WEB

  • 9
  • 7,645
  • 1,565
  • 88,983
  • 3,236,082
  • 1,478,579
Copyright 2023 © by PDAI Universitas Medan Area
↑
↓