Skip to content
Inovatif, Profesional dan Berkepribadian
facebook
youtube
instagram
EnglishIndonesian
Ilmu Komunikasi-Program studi terbaik di Sumatera Utara
Help Desk 081269419190
Email Support isipol@uma.ac.id
Location Jl. Kolam No. 1 Medan Estate
  • BERANDA
  • PROFIL
    • AKREDITASI
    • Fungsionaris
    • Struktur Organisasi
    • Visi & Misi
    • KERJASAMA
  • AKADEMIK
    • INFORMASI AKADEMIK
      • AKADEMIK ONLINE
      • E-LEARNING
      • Jurnal
      • Lapor AOC
      • Dosen Penasehat Akademik
    • JADWAL AKADEMIK
      • Jadwal Kuliah
      • JADWAL PRAKTIKUM
      • Jadwal Seminar Dan Sidang
      • Jadwal UTS
      • Jadwal UAS
      • Jadwal Semester Antara
      • Jadwal Wisuda
    • KALENDER AKADEMIK
    • Kurikulum
      • SEMESTER I
      • SEMESTER II
      • SEMESTER III
      • SEMESTER IV
      • SEMESTER V
      • SEMESTER VI
      • SEMESTER VII
      • SEMESTER VIII
  • AKTIVITAS PRODI
    • KEGIATAN PRODI
    • PRESTASI PRODI
  • MAHASISWA
    • BEASISWA
      • Beasiswa KIP – Kuliah
      • Beasiswa Bank Indonesia (BI)
      • Beasiswa UKT/SPP Mahasiwa
      • Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)
      • Beasiswa YPHAS (Rangking SLTA/Sederajat)
      • Beasiswa YPHAS (Bersaudara Kandung & Anak Dosen / Karyawan)
    • SISTEM INFORMASI
      • Data Mahasiswa
      • Blog Mahasiswa
      • Jurnal Mahasiswa
      • AOC
      • E-Learning
      • APIK
      • Kuota
      • OPAC
      • WEBMAIL
      • SiProdi
    • Prestasi Mahasiswa
  • DOSEN
    • Dosen Prodi
    • Blog Dosen
    • Aktivitas Dosen
    • Prestasi Dosen
    • Jurnal Dosen
    • AOC
    • RKTS
    • RPS
    • TKTD
    • E-Learning
    • OPAC UMA
    • WEBMAIL
  • ARSIP
    • Dokumen Prodi
    • Pengumuman
  • ALUMNI
    • TRACER STUDY
    • DATA ALUMNI
    • LAYANAN ALUMNI
  • LABORATORIUM
    • infomasi Laboratorium
    • Aplikasi Laboratorium
  • HUBUNGI KAMI

Facebook Ads dan Keunggulannya

Home > Artikel > Facebook Ads dan Keunggulannya

Facebook Ads dan Keunggulannya

Posted on December 14, 2022January 4, 2023 by fisipol
0

Facebook Ads dan  – Facebook merupakan sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004 yang didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes. Mulanya, Facebook terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun. Pada September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif dengan lebih dari separuhnya melalui mobile.

Facebook Ads dan  – Pada November 2007, Facebook memperkenalkan layanan iklan berbayar yang dimiliki platform Facebook. Facebook Ads dipercaya memiliki potensi yang besar karena banyaknya pengguna Facebook sehingga iklan dapat ditampilkan kepada audiens berdasarkan demografinya. Demografi mencakup pendidikan, umur, pekerjaan, jenis kelamin, dan berbagai hal penting lainnya yang terkait dengan target pasar yang ingin dijangkau. Dengan menggunakan Facebook Ads, pengiklan akan lebih mudah menentukan dan mencapai target konsumen.

Keunggulan dari Facebook Ads adalah :

  1. Meningkatkan Branding

Facebook awalnya dibuat dengan tujuan untuk membangun jaringan pertemanan. Jaringan ini tidak mengenal batasan wilayah, karena pengguna yang ada di ujung Timur bisa terhubung dengan pengguna yang ada di ujung Barat hanya dengan hitungan detik. Sehingga dengan menggunakan Facebook Ads, produk atau bisnis dapat dipromosikan dengan cakupan yang lebih luas, mengingat Facebook yang tidak memiliki batasan wilayah. Dengan menggunakan Facebook Ads, produk atau bisnis dapat menjadi semakin dikenal dan membuka peluang demografik pelanggan yang lebih luas. Dengan memasang iklan berbayar, ada banyak keuntungan yang bisa diraih karena branding yang dibangun menjadi lebih kuat dan brand awareness bisnis semakin besar.

  1. Target Iklan Lebih Spesifik

Facebook Ads dan  – Dengan menggunakan Facebook Ads, iklan yang dipasang akan lebih tertarget karena pengiklan dapat melakukan pengaturan sesuai dengan konsumen yang hendak dijangkau berdasarkan data usia, jenis kelamin, pekerjaan, minat, bahkan hobi. Pengaturan target pasar yang jelas akan meningkatkan potensi untuk mendapatkan konsumen yang tepat. Sebagai contoh penerapan target pasar, misalnya produk fashion wanita remaja. Pengiklan dapat menyesuaikan target pasar mulai dari wanita remaja berusia 15 hingga orang muda berusia 25 tahun yang masih memiliki ketertarikan dengan gaya berpakaian sesuai dengan produk yang diiklankan. Apabila harga produk cukup mahal, pengiklan dapat mempertimbangkan untuk menargetkan kota – kota besar. Sebaliknya, jika harga produk cukup terjangkau dan ekonomis, pengiklan dapat memasukkan kota kecil dan kabupaten sebagai wilayah yang ingin dibidik.

  1. Budget Dapat Disesuaikan

Facebook Ads merupakan iklan berbayar yang cukup terjangkau. Pengiklan dapat melakukan pengaturan sesuai dengan dana yang ada dan dengan target pasar yang sudah ditentukan. Dengan perngaturan yang tepat, walaupun dana yang tersedia terbatas, pengiklan tetap dapat mencapai target yang diharapkan. Facebook Ads merupakan iklan yang dianggap efektif, namun pengiklan tetap perlu memastikan dan menganalisis dana yang tersedia terlebih dahulu.

  1. Membangun Komunitas Pelanggan

Pengiklan dapat memanfaatkan berbagai macam fitur yang tersedia di Facebook untuk membangun komunitas. Dengan bantuan pemasangan iklan, komunitas tersebut berpotensi untuk terus berkembang dan anggota baru dapat terus bertambah. Sehingga komunitas tersebut dapat menjadi sarana untuk penjualan serta pemilik bisnis dapat mempererat interaksi dengan pelanggan. Pengiklan juga bisa bergabung dengan komunitas – komunitas yang sudah ada di Facebook. Dengan bergabung bersama komunitas yang sesuai dengan brand, maka target pasar yang dibidik juga akan lebih tepat dan meningkatkan kemungkinan terjadinya penjualan. Lakukan interaksi dengan komunitas dengan membuat konten yang menarik sehingga brand dapat lebih dikenal oleh para anggota komunitas.

Baca Artikel Berikutnya :
Mengenal NFT

Post Views: 60

PIMPINAN PROGRAM STUDI


Dekan Fakultas ISIPOL
Dr. Effiati Juliana Hasibuan, M.Si



Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Dr. Nadra Ideyani Vita, M.Si



Wakil Dekan Bidang Inovasi, Kemahasiswaan dan Alumni
Dr. Dedi Sahputra, MA



Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi
Agnita Yolanda, B.Comm, M.Sc



Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi
Angga Tinova Yudha, M.I.Kom


INFO AKADEMIK

KAITAN UMA

Peta Lokasi

KAMPUS I
Jalan Kolam Nomor 1 Medan Estate / Jalan Gedung PBSI, Medan 20223
(061) 7360168, 7366878, 7364348. Call Canter : 0811-6013-888
(061) 7368012
univ_medanarea@uma.ac.id
KAMPUS II
Jalan Sei Serayu Nomor 70 A / Jalan Setia Budi Nomor 79 B, Medan 20112
(061) 8225602, 8201994 HP : 0811 607 259
(061) 8226331
isipol@uma.ac.id

STATISTIK PENGUNJUNG WEB

  • 3
  • 6,678
  • 1,353
  • 85,142
  • 3,286,696
  • 1,489,053
Copyright 2023 © by PDAI Universitas Medan Area
↑
↓